In-depth

Chelsea dan Atletico Harus Catat! Begini Cara Barcelona Maksimalkan Talenta Joao Felix

Rabu, 20 September 2023 15:15 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© REUTERS/Albert Gea
INDOSPORT.COM - Joao Felix menghiasi headlines setelah ia sukses bawa Barcelona meraih kemenangan besar di matchday 1 fase grup Liga Champions kontra Royal Antwerp pada Rabu (20/09/23) dini hari WIB. Copyright: © REUTERS/Albert Gea
INDOSPORT.COM - Joao Felix menghiasi headlines setelah ia sukses bawa Barcelona meraih kemenangan besar di matchday 1 fase grup Liga Champions kontra Royal Antwerp pada Rabu (20/09/23) dini hari WIB.

INDOSPORT.COM - Joao Felix menghiasi headlines setelah ia sukses bawa Barcelona meraih kemenangan besar di matchday 1 fase grup Liga Champions kontra Royal Antwerp pada Rabu (20/09/23) dini hari WIB.

Sumbangan dua gol dan satu assistnya membuat Los Cules membantai tamunya 5-0 di Camp Nou.

Pertandingan tersebut baru start kedua Felix bersama Barcelona sejak dipinjam dari Atletico Madrid pada bursa transfer musim panas 2023 lalu namun sejauh ini semuanya tampak berjalan mulus untuk sang talenta 23 tahun Portugal.

Sudah tiga gol dan satu assist yang telah ia torehkan sejauh ini dan performa seperti inilah yang diharapkan dari penyerang versatile tersebut setelah meninggalkan Benfica pada 2019 silam.

Felix sempat diprediksi akan jadi salah satu pemain terbaik dunia dan memenangkan penghargaan prestisius seperti Ballon d'Or kala namanya mulai melejit bersama Berfica empat tahun lalu.

Sayang, reputasinya justru sempat ternodai dan dianggap sebagai wonderkid gagal usai kampanye yang dinilai kurang sukses bersama Atletico Madrid juga Chelsea.

Felix selalu dianggap pemain dengan potensi luar biasa namun entah kenapa di Los Rojiblacos dan The Blues kemampuan terbaiknya sulit untuk keluar.

Gaya bermain kedua tim yang dinilai tidak cocok untuk jebolan akademi FC Porto dan Benfica tersebut menjadi kambing hitam kenapa Felix akhirnya tidak berkembang.

Beruntung Barcelona kemudian menyelematkannya dan memberi Felix lembaran baru untuk memulai kariernya lagi.

Xavi Hernandez, pelatih Barcelona, mengklaim jika ia tidak melakukan sesuatu yang spesial untuk memeras talenta Joao Felix.

Menyuruhnya untuk bermain lepas adalah kunci kenapa sejauh ini si rekrutan anyar menunjukkan statistik apik dalam warna Blaugrana.

"Saya bilang pada Joao untuk bersenang-senang dan jangan memperumit permainannya. 'Buat simpel permainanmu dan kamu akan bikin banyak gol', begitu," beber Xavi.

"Joao mempahami perannya dengan baik di sini. Bakatnya sangat besar dan akan sangat membantu kami," tambah eks manajer Al Sadd tersebut.

Memang masih terlalu dini untuk menilai jika Felix memang sudah 100% tepat melanjutkan kariernya di Barcelona.

Hanya saja tidak dipungkiri lagi jika hengkang dari ibu kota Spanyol ke Catalan dan menolak opsi bertahan di London adalah langkah terbaiknya sejauh ini.