Liga 1

Krisis Cedera Persib Bandung, Bagaimana Nasib Mereka Jelang Laga vs Bhayangkara?

Rabu, 20 September 2023 15:56 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Prio Hari Kristanto
© Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol Ezra Walian ke gawang Persikabo pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Selebrasi gol Ezra Walian ke gawang Persikabo pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Sabtu (16/09/23).

INDOSPORT.COM - Menjelang pertandingan pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Bhayangkara FC di Stadion Patriot Chandrabhaga, Bekasi, Sabtu (23/09/23), tim Persib Bandung dibayangi masalah krisis pemain.

Persib Bandung akan melakoni pertandingan pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2023-2024, menghadapi Bhayangkara FC, laga tersebut akan digelar pada Sabtu (23/09/23).

Menjelang pertandingan tersebut, pelatih Persib, Bojan Hodak, sudah mempersiapkan timnya dengan menggelar latihan di antaranya di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung.

Selain itu, pelatih asal Kroasia ini membenahi kekurangan pasukannya, agar pada pertandingan pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2023-2024 skuad Maung Bandung bisa tampil maksimal dan meraih poin penuh.

Kemenangan menjadi target yang ingin diraih oleh Persib pada pertandingan pekan ke-13, sebab Marc Klok dan kawan-kawan bertekad untuk melanjutkan tren positif di Liga 1, setelah dalam lima pertandingan tak terkalahkan.

Sebagai informasi, pada lima pertandingan kompetisi Liga 1 2023-2024 tersebut, skuad Maung Bandung meraih dua kali imbang dan tiga kemenangan.

Selain itu, kemenangan menjadi target skuad Maung Bandung, pasalnya tim Persib ingin memperbaiki posisi di klasemen. Sejauh ini, tim kebanggaan Bobotoh berada di peringkat 7 dengan mengumpulkan 18 poin.

Meski demikian, tidak mudah bagi tim Maung Bandung meraih poin penuh pada pertandingan pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2023-2023. 

Pasalnya, menjelang pertandingan tersebut tim Persib Bandung memiliki masalah terutama krisis pemain, lantaran beberapa pemain absen masih diragukan tampil menghadapi Bhayangkara FC.

Berikut INDOSPORT merangkum pemain Persib yang diragukan tampil dan absen pada pertandingan menghadapi Bhayangkara FC pada pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2023-2024, baik karena mengalami cedera dan dipanggil Timnas Indonesia.

Ciro Alves

Pemain asal Brasil ini, kembali mengalami cedera usai tampil pada pekan ke-12 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Persikabo 1973, Sabtu (16/09/23). Pada laga tersebut, dia hanya tampil beberapa menit.

Sehingga menurut dokter tim Persib, Rafi Ghani, Ciro Alves harus menjalani program pemulihan. Meski demikian, peluang untuk tampil pada pertandingan menghadapi Bhayangkara FC tetap terbuka, karena masih ada waktu beberapa hari untuk memulihkan kondisinya.

"Ciro memang kemarin sebelum Persikabo memang merasakan nyeri di bagian betis kaki kanan, tapi setelah kita melakukan pemeriksaan menunjang di USG Alhamdulillah hasilnya dalam batas normal, cuma pas kemarin pas kita pasang kurang lebih tiga menit saat lawan Persikabo, keesokan harinya ada keluhan sedikit," ucap Rafi.

"Kita tidak mau ambil risiko karena hari ini memang ada program dari fisioterapi kita. Nanti kita lihat karena ada beberapa hari semoga, memang keluhannya tidak begitu serius, tapi hari ini memang pelatih menyarankan keluhannya supaya tidak ada sama sekali. Jadi ada program khusus yang kita kasih ke Ciro," ujarnya menambahkan.

Alberto Rodriguez Martin

Kondisi pemain yang berposisi sebagai bek ini sudah semakin membaik, setelah absen pada dua pertandingan Liga 1 2023-2023. 

Alberto sendiri sudah berlatih kembali dengan tim, meski begitu belum dipastikan apakah dia sudah bisa tampil atau tidak pada pertandingan tandang pekan ke-13 kompetisi Liga 1 2023-2024 menghadapi Bhayangkara FC.

"Memang program yang diberikan fisioterapi sudah selesai jadi setelah fisioterapi diserahkan ke pelatih fisik untuk meningkatkan kebugaran. Jadi mudah-mudahan kalau tidak ada cedera yang baru karena masih ada beberapa hari bisa untuk lawan Bhayangkara," kata Rafi.

Reky Rahayu

Pemain yang berposisi sebagai penjaga gawang ini, mengalami cedera pada sesi latihan untuk persiapan menghadapi Persikabo. Sehingga, saat ini Reky harus menjalankan program khusus untuk menguatkan kembali otot di daerah bagian dan cedera.

"Saat latihan H-1 sebelum bertanding lawan Persikabo dia ada salah jatuh salah tumpuan, terus terjadi pembengkakan di bagian lutut, dan setelah lakukan penanganan cedera awal," ungkap Rafi.

"Lalu dua hari kemudian kita lakukan pemeriksaan untuk MRI dan memang ada sedikit gangguan di bagian ligamennya, jadi untuk Reky ada program khusus yang kita berikan untuk penguatan kekuatan otot di daerah bagian dan cedera," jelasnya.

Febri Hariyadi

Winger Persib Bandung ini masih mengalami cedera di bagian pahanya dan saat ini masih menjalankan program pemulihan, sehingga masih diragukan tampil pada pertandingan menghadapi Bhayangkara FC.

Beckham Putra Nugraha

Gelandang Timnas Indonesia U-23 ini, mengalami cedera bagian paha kanan bagian dalam dan saat ini masih menjalankan program pemulihan. Kemungkinan pemain yang menggunakan nomor punggung 7 ini membutuhkan waktu satu hingga dua pekan untuk pemulihan.

Rachmat Irianto dan Robi Darwis

Dua pemain Persib ini dipastikan absen, pada pertandingan menghadapi Bhayangkara FC. Pasalnya Rachmat Irianto dan Robi Darwis sedang memperkuat Timnas Indonesia di Asian Games 2023 di Hangzhou, Tiongkok.