In-depth

3 Pelatih 'Abal-abal' yang Sukses Sulap Timnya Jadi Hebat, Erik ten Hag Perlu Belajar

Minggu, 24 September 2023 06:30 WIB
Editor: Juni Adi
© Reuters/Toby Melville
Roberto De Zerbi saat laga Liga Inggris antara Brighton & Hove Albion vs Tottenham Hotspur Copyright: © Reuters/Toby Melville
Roberto De Zerbi saat laga Liga Inggris antara Brighton & Hove Albion vs Tottenham Hotspur

INDOSPORT.COM - Sejumlah pelatih di Liga Inggris (Premier League) ini tak pernah diperhitungkan untuk sukses tetapi waktu berhasil menjawab kapasitasnya karena mampu mengubah timnya jadi hebat.

Kiprah Manchester United musim ini kembali menjadi sorotan. Sebab mereka mengawali jalannya kompetisi dengan sangat buruk.

Hal itu bisa dilihat dari enam pertandingan awal yang mereka jalani di semua ajang, hanya dua kemenangan diraih sisanya berakhir dengan kekalahan. Tiga di antaranya bahkan dialami secara beruntun.

Tren negatif diawali saat tumbang dari Arsenal dengan skor 1-3, lalu skor yang sama kembali terjadi ketika menghadapi Brighton & Hove Albion, Setan Merah kalah 1-3.

Terbaru Manchester United kalah tipis 4-3 dari Bayern Munchen di mathday pertama Grup A Liga Champions.

Ini merupakan kekalahan ketiga beruntun pertama Manchester United yang mereka alami di awal musim sejak beberapa tahun belakangan.

Alhasil Manchester United kini terseok-seok di papan klasemen baik kompetisi lokal maupun Eropa. Mereka menduduki peringkat ke-13 dengan 6 poin, dan berada di dasar klasemen Grup A Liga Champions.

Rentetan hasil buruk itu juga mengejutkan banyak pihak hingga akhirnya meragukan kualitas Erik ten Hag sebagai pelatih. Sebab di musim pertama pria asal Belanda itu mampu mengubah wajah Manchester United jadi lebih baik.

Ia membawa Manchester United finis di empat besar dan memenangi Piala Liga Inggris. Akan tetapi performa tim berubah drastis di musim kedua.

Boro-boro bisa bersaing gelar, untuk merangsek ke papan atas saja Setan Merah cukup kesulitan, sehingga masa depan Erik ten Hag pun terancam jika ia tak bisa membawa timnya ke tren positif lagi. 

Menariknya Erik ten Hag kalah kiprahnya dengan beberapa pelatih yang tak pernah diperhitungkan untuk bisa mengubah timnya jadi hebat. Siapa saja?