In-depth

Bedah XI Terbaik Liverpool Era Premier League Versi Artificial Intelligence

Minggu, 24 September 2023 18:05 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Dylan Martinez
Siapa saja yang masuk XI terbaik Liverpool versi AI? Foto: REUTERS/Dylan Martinez. Copyright: © REUTERS/Dylan Martinez
Siapa saja yang masuk XI terbaik Liverpool versi AI? Foto: REUTERS/Dylan Martinez.

INDOSPORT.COM - Klub Liga Inggris, Liverpool, memiliki seabrek pemain legendaris yang layak berada di XI terbaik mereka sepanjang era Premier League.

Jika biasanya best XI dipilih oleh pandit atau siapa pun penggiat sepak bola di muka bumi ini, kira-kira siapa saja ya yang bakal dipilih oleh Artificial Intelligence alias AI?

Salah satu percobaan pun sempat dilakukan Mirror Football yang ternyata menghasilkan sejumlah nama menarik, termasuk mereka yang berada di skuad Jurgen Klopp saat ini.

Seperti diwartakan Mirror, kesebelas nama tersebut adalah Alisson; Alexander-Arnold, Carragher, Hyypia, Robertson; Gerrard, Alonso, Henderson; Salah, Suarez, Mane.

Tentu saja, tidak mudah memilih sebelas pemain hebat dari daftar sepanjang masa Liverpool di Premier League yang sudah disinggahi oleh banyak pesepak bola jempolan.

Namun sebelas nama di atas terlihat cukup mumpuni, apalagi ada nama Alisson Becker yang layak menjadi salah satu kiper terbaik The Reds.

Ia pun mengungguli nama-nama seperti Pepe Reina, bahkan Loris Karius yang fenomenal. Tidak mudah memang, untuk menyaingi Alisson jika membahas kiper terbaik The Reds era Premier League.

Alisson mendarat dari AS Roma pada 2016, dan selama perjalanannya bersama The Reds ia memegang peran penting dalam skuad Jurgen Klopp yang panen gelar juara.

Lalu untuk posisi bek ada Trent Alexander-Arnold, Jamie Carragher, Sami Hyypia, dan Andy Robertson. Ya, ada satu nama yang mungkin dipertanyakan di sini.

Siapa lagi kalau bukan Virgil van Dijk, bek tengah Liverpool yang tidak kalah penting perannya dari Alisson dalam menjaga pertahanan tim.

Hanya saja, menurut laporan yang dimuat pada laman Mirror, statistik Virgil van Dijk masih kalah dari nama-nama lainnya sehingga ia tidak berada di daftar.

Alih-alih Virgil van Dijk, pos bek tengah Liverpool ditempati oleh dua sosok legendaris, Jamie Carragher dan Sami Hyypia.

Trent Alexander-Arnold, seperti biasa, merupakan pemain andalan di sektor bek kanan. Ia ternyata tidak kehilangan posisi ini.

Begitu pula Andy Robertson. Keduanya merupakan bagian skuad Liverpool saat ini yang turut mencicipi kesuksesan bersama Jurgen Klopp.