Liga Champions

Barcelona Terancam Didepak dari Liga Champions Jika Terbukti Lakukan Suap

Kamis, 28 September 2023 21:01 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor:
© Reuters/Albert Gea
Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, dapat didepak dari Liga Champions apabila terbukti lakukan suap dalam kasus Jose Maria Enriquez Negreira. Copyright: © Reuters/Albert Gea
Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, dapat didepak dari Liga Champions apabila terbukti lakukan suap dalam kasus Jose Maria Enriquez Negreira.

INDOSPORT.COM – Raksasa Liga Spanyol (LaLiga), Barcelona, dapat didepak dari Liga Champions apabila terbukti lakukan suap dalam kasus Jose Maria Enriquez Negreira.

Hakim asal Spanyol dilaporkan sudah mendakwa Barcelona dengan dugaan suap yang mana mereka bisa didepak dari Liga Champions jika terbukti bersalah.

La Blaugrana didakwa dugaan suap oleh Hakim Joaquin Aguirre, sebagaimana dilaporkan oleh El Debate, mengenai pembayaran yang dilakukan pada mantan Wakil Presiden Komite Teknis Wasit (CTA), Jose Maria Enriquez Negreira, selama 17 tahun.

Ya, Los Cules diduga sudah membayarkan 7,5 juta euro (sekitar Rp122,81 miliar) ke perusahaan yang dimiliki oleh Negreria pada periode antara 2001 sampai 2018, termasuk periode pertama Joan Laporta menjabat sebagai presiden klub.

Barcelona dan Joan Laporta sama-sama membantah melakukan pelanggaran tersebut, sementara klub membayar konsultan eksternal yang menyuplai mereka dengan laporan teknis terkait wasit profesional.

Keduanya mengklaim bahwa hal itu adalah praktik umum di antara klub profesional, sedangkan Laporta menyebut kasus tersebut sebagai ‘kampanye’ mendiskreditkan reputasi Barca secara besar-besaran pada konferensi pers awal tahun ini.

Sementara itu, El Debate juga menambahkan bahwa mantan presiden klub, Josep Maria Bartomeu dan Sandro Rosell, serta Negreira dan anaknya, Javier Enriquez Romero, juga telah didakwa dalam kasus tersebut.

Barcelona didakwa melakukan korupsi berkelanjutan antarindividu di bidang olahraga oleh kantor kejaksaan provinsi Barcelona pada Maret lalu.

Pernyataan dari jaksa penuntut menuding Rosell dan Bartomeu memiliki perpanjian verbal yang bersifat sangat rahasia dengan Negreira sehingga ia akan melakukan tindakan yang bertujuan menguntungkan Barcelona dalam pengambilan keputusan wasit.

UEFA lantas melancarkan investigasi sendiri pada Barcelona setelah mereka didakwa pada Maret lalu yang ternyata ada kans raksasa Liga Spanyol itu didepak dari Liga Champions.