In-depth

Bedah Formasi Mengerikan AS Roma di Bawah Antonio Conte

Jumat, 29 September 2023 12:26 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Action Images via Reuters/Matthew Childs
Antonio Conte berpeluang gantikan Jose Mourinho di AS Roma. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs. Copyright: © Action Images via Reuters/Matthew Childs
Antonio Conte berpeluang gantikan Jose Mourinho di AS Roma. Foto: Action Images via Reuters/Matthew Childs.

INDOSPORT.COM - Di tengah amburadulnya penampilan AS Roma di Liga Italia (Serie A), nama Antonio Conte kembali mencuat.

Pelatih asal Italia tersebut berpeluang menggantikan Jose Mourinho apabila nanti hengkang usai membawa AS Roma terpuruk awal musim ini.

Kans The Special One untuk pergi dari AS Roma memang terbuka cukup lebar. Ia bisa hengkang saat pertengahan musim karena performa tim yang anjlok.

Pelatih asal Portugal tersebut juga bisa menyudahi hari-harinya di AS Roma jika tidak memperpanjang kontrak yang akan berakhir pada Juni 2024.

Sementara itu, Antonio Conte sendiri saat ini masih menganggur setelah angkat kaki dari Tottenham Hotspur pada Maret 2023.

Ia sudah berusaha semaksimal mungkin mengangkat derajat Spurs di Liga Inggris namun ternyata belum berhasil.

Kini ia pun dikaitkan dengan kepulangan ke Liga Italia, setelah terakhir kali membesut Inter Milan pada 2021 lalu.

Di tangannya, Inter Milan berhasil mengakhiri puasa gelar dan merup kesuksesan di Liga Italia. Akankah ia bisa berhasil lagi di AS Roma?

Di AS Roma, Jose Mourinho menggunakan skema 3-5-2 dengan format tiga bek, yang juga diusung oleh Antonio Conte sejak menangani Chelsea.

Formasi 3-5-2 ini juga menjadi elemen penting di balik kesuksesan Antonio Conte membawa Inter Milan juara Serie A Liga Italia.

Meski begitu, di AS Roma nanti ia diprediksi akan memakai komposisi dua bek sayap untuk menerapkan formasi yang lebih seimbang.

Saat sedang diserang, mereka bisa mundur memperkuat pertahanan, namun di sisi lain bisa maju hingga ke tengah lapangan untuk mengirim umpan ke para gelandang dan striker.