Liga 1

Gol Bunuh Diri Renan Alves Sengaja Untungkan RANS Nusantara, Mafia Bergerak?

Sabtu, 30 September 2023 18:35 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© Barito Putera
Renan Alves, pemain asing Barito Putera mencetak gol bunuh diri ke gawang RANS Nusantara FC di pekan ke-14 Liga 1 2023/2024. Foto: Barito Putera Copyright: © Barito Putera
Renan Alves, pemain asing Barito Putera mencetak gol bunuh diri ke gawang RANS Nusantara FC di pekan ke-14 Liga 1 2023/2024. Foto: Barito Putera

INDOSPORT.COM - Gol bunuh diri Renan Alves di Liga 1 2023/2024 pekan ke-14 dituding sebagai sebuah kesengajaan, dan banyak yang mencium gelagat mafia sepak bola.

Renan Alves mencetak gol bunuh diri dalam laga Barito Putera vs RANS Nusantara FC di Stadion Demang Lehman, Martapura, Jumat (29/09/23). Skor akhir 1-1 untuk kedua tim.

Memasuki menit ke-13, Barito Putera membuka keunggulan atas RANS Nusantara FC berkat gol Gustavo Tocantins, dengan memanfaatkan umpan Bagus Kahfi.

Tetapi keunggulan itu tidak bertahan lama, RANS Nusantara FC samakan kedudukan menjadi 1-1, setelah Renan Alves mencetak gol bunuh diri ke gawang Ega Rizky.

Ketika Mitsuru Maruoka lakukan tendangan bebas menuju kotak penalti Barito, Ega Rizky maju untuk menangkap bola, tetapi ia justru membentur tubuh Renan Alves.

Renan Alves yang memiliki tubuh tinggi menjulang, coba menyundul bola dengan keras, tetapi bola malah bersarang ke gawang sendiri.

Banyak yang heran mengapa Renan Alves memilih untuk menyundul bola dengan keras, padahal ia tahu bahwa timnya sedang dalam formasi bertahan, bukan sedang menyerang.

Maka, aksi 'bunuh diri' Renan Alves marak diperbincangkan di media sosial, dan dituding sebagai sebuah kesengajaan untuk memberikan poin bagi Rans Nusantara FC.

Bahkan, banyak yang menyebut bahwa mafia sepak bola sedang beraksi untuk menentukan siapa saja tim yang akan melaju ke putaran final Liga 1 2023/2024.

Kemana Satgas Anti Mafia Bola?

Cuplikan video gol bunuh diri Renan Alves di laga Barito Putera vs RANS Nusantara menjadi viral, sehingga banyak yang menuding bahwa laga ini disusupi oleh mafia sepak bola.

"Agak aneh. Kalau mau clearance, ke arah kanan nggak sih? Bukan ke kiri, ke gawang sendiri. Komentarnya pun banyak yang sepemikiran," ungkap akun Instagram @dyybu**.

"Dia pasti udah tau dong bahwa arah ke situ gawang dia. Intinya mah lu punya duit, lu punya kuasa. Klub sultan ngebet juara," komentar dari akun @arvinsap**.

"Sekelas bek asing masa sih nggak tau posisi gawang sendiri dan cara mengantisipasi atau membuang bola, seperti disengaja," balasan dari pemilik akun @aryo**.

"Dan dia di posisi nggak menjaga pemain RANS satu pun, emang niat murninya bikin gol ke gawang sendiri, cukup tau," timpal pemilik akun IG @mxr**.

Kasus ini membuat banyak netizen mulai mempertanyakan kehadiran Satuan Tugas Anti Mafia Bola. Apakah Satgas ini masih melakukan tugasnya atau mati suri.

"Satgas Anti Mafia Bola apa kabar kalian? Masih aktif atau tidak sih? Coba ditelusuri," pinta pemilik akun Instagram @celoteh**.

"Pak Erick Thohir, tugaskan Satgas Anti Mafia Bola-nya untuk menyelidiki pertandingan ini ya Bos," timpal pemilik akun @ariefsyam**.

Hanya saja, sampai saat ini belum ada klarifikasi dari pihak Renan Alves terkait gol bunuh diri pada laga Barito Putera vs RANS Nusantara FC, khususnya melalui media sosial.

Diketahui, baru-baru ini Renan Alves juga membuat pengumuman bahwa ia tak lagi menggunakan media sosial, bahkan akun Instagram-nya dikelola oleh pihak lain.