Liga Indonesia

Erick Thohir Terima 5 Poin Rekomendasi Pedoman Pertemuan Suporter

Senin, 2 Oktober 2023 07:15 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
© PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir saat sesi jumpa pers di stadion Manahan Solo, Minggu (04/06/23). PSSI memutuskan akan menggunakan stadion Manahan sebagai venue Kualifikasi Piala Asia U-23. Copyright: © PSSI
Ketum PSSI Erick Thohir saat sesi jumpa pers di stadion Manahan Solo, Minggu (04/06/23). PSSI memutuskan akan menggunakan stadion Manahan sebagai venue Kualifikasi Piala Asia U-23.

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI, Erick Thohir menerima lima poin pedoman rekomendasi dari kelompok suporter dari Tanah Air, akan transformasi sepak bola Indonesia.

Lima poin ini nantinya akan dibawa dalam rapat Exco PSSI. Pertemuan kelompok suporter ini dilakukan oleh Presidium Nasional Suporter Sepak bola Indonesia (PN-SSI).

Di mana pertemuan ini berlangsung di bilangan Hotel, Jakarta. Poin rekomendasi ini langsung diserahkan kepada Ketua Umum PSSI, Erick Thohir. 

Lima poin ini antara lain, Unity, Identitty, Humanity, Respect dan Creativity. Erick Thohir pun mengatakan lima poin ini nantinya akan di bawa rapat bersama para anggota Exco.

“Hasil simposium suporter dari PN-SSI ini semua perwakilan dari Liga 1 dan Liga 2. Ada poin-poin yang nantinya akan kita sampaikan kepada Exco,” ucap Erick.

“Artinya juga akan kita dorong dari kesepakatan-kesepakatan ini,” tambah dia.

Erick pun memang menyambut baik dari pertemuan dan hasil ini. Setidaknya memang ini emua dilakukan demi transformasi sepak bola Indonesia.

“Kami lakukan transformasi untuk suporter sepak bola Indonesia dan saya rasa ini komit bersama.”

“Saya ucapkan terimakasih kepada suporter Indonesia percaya akan transformasi karena kita sama jaga diri kita dan juga kita sama-sama cinta sepak bola Indonesia,” beber pria yang juga menjabat Menteri BUMN ini.

Di sisi lain, Ketua Umum PN-SSI Uky Nugraha menilai ini sebuah bentuk komitmen bersama kebangkitan suporter sepak bola Indonesia.

“Jadi mudah-mudahan apa yang dilakukan oleh teman-teman suporter ini merupakan awal ya tapi adalah titik kebangkitan suporter Indonesia,” kata pria yang kerap disapa Daenk Uki.

Berikut penjelasan lima pedoman bagi suporter Indonesia:

1. Unity: Sepakbola menyatukan kita dari segala unsur perbedaan suku, agama dan status sosial.

2. Identity: Suporter wajib beridentitas seperti berbadan hukum untuk organisasi maupun identitas keanggotaan.

3. Humanity: Suporter harus menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan.

4. Respect: Saling menghormati antar suporter di dalam stadion maupun di luar stadion dalam mendukung tim kebanggaan dan tidak menyerang simbol-simbol Klub maupun organisasi Suporter baik dalam bentuk gambar tulisan maupun nyanyian atau dalam bentuk apapun.

5. Creativity: Suporter harus berkreasi dan inovatif secara positif dalam mendukung tim kebanggaan baik di dalam maupun di luar stadion. Demikian nilai-nilai dasar sebagai pedoman kami Presidium Nasional Suporter Sepak Bola Indonesia (PN-SSI) yang akan kami junjung tinggi demi mewujudkan Transformasi Suporter Sepak Bola Indonesia lebih baik.