Liga 1

3 Faktor yang Patut Dipertimbangkan STY Panggil Striker Persik Mohammad Khanafi

Selasa, 3 Oktober 2023 20:05 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Indra Citra Sena
© MO Persik Kediri
Selebrasi gaya khas pemain Persik Mohammad Khanafi usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Brawijaya (Kediri), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Persik Kediri) Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi gaya khas pemain Persik Mohammad Khanafi usai mencetak gol ke gawang Bhayangkara FC pada pekan ke-14 Liga 1 2023 di Brawijaya (Kediri), Sabtu (30/09/23). (Foto: MO Persik Kediri)

INDOSPORT.COM - Persik Kediri mulai kembali ke tren positif selepas memenangi dua pertandingan Liga 1 Indonesia 2023/24 secara beruntun. Terasa manis karena sebelumnya mereka tak pernah menang dalam empat laga.

Total enam poin sukses disapu bersih hasil kemenangan 3-2 di markas Persikabo (23 September) dan mengandaskan Bhayangkara FC 2-0 di Kediri (30 September).

Tentu, sepasang hasil positif itu tidak bisa lepas dari kontribusi Mohammad Khanafi. Striker asli Kediri ini sukses mencetak lima gol dalam tiga laga terakhir.

Statistik yang tentu cukup mentereng dipunyai striker lokal di Liga 1. Kini, Khanafi punya peluang untuk membukakan mata Shin Tae-yong untuk memanggilnya ke timnas Indonesia.

"Tentu, saya akan sangat senang jika Khanafi mendapat panggilan timnas. Ia layak mendapatkannya setelah bekerja keras selama ini," ujar pelatih Persik Kediri, Marcelo Rospide.

Lantas bagaimana peluang striker berusia 25 tahun itu menuju timnas Indonesia? Setidaknya ada tiga faktor yang patut dipertimbangkan STY perihal Khanafi.

Kebutuhan Lini Serang

Shin Tae-yong sebenarnya sudah punya pakem untuk komposisi pemain di lini serang timnas Indonesia. Beberapa di antaranya bahkan termasuk berkontribusi penting.

Dendy Sulistyawan menjadi opsi terdepan bersama Stefano Lilipaly untuk mengisi sektor penyerangan. Belum lagi para striker berusia muda yang tengah naik daun.

Kendati demikian, Mohammad Khanafi seharusnya layak dipertimbangkan. Jebolan PON Jatim ini bisa jadi memberi warna baru untuk lini serang timnas.

Jika tak masuk kriteria target man, Shin Tae-yong bisa mempertimbangkan Khanafi untuk menghuni sektor winger melalui kemampuan dribbling dan kecepatannya.

Usia Emas

Moncernya performa Mohammad Khanafi tak bisa lepas dari usianya yang tengah dalam periode emas. Striker berusia 25 tahun ini tampak matang dari segi permainan.

Lima golnya di Liga 1 musim ini juga datang pada momen yang tepat, seiring krisis lini serang atas absennya para striker asing seperti Jefinho dan Flavio Silva.

Gol pertamanya musim ini tercipta saat Persik dikalahkan Persija Jakarta 1-2 (17 September). Namun, dia kemudian trengginas dengan menorehkan empat gol beruntun.

Khanafi membukukan dua gol saat Persik Kediri menggilas Persikabo 3-2 (23 September). Dia juga memborong semua gol dalam kemenangan Persik 2-0 atas Bhayangkara FC (30 September).

Debutnya di level profesional terjadi pada paruh kedua musim 2022/23. Khanafi menandainya dengan 5 gol dalam 12 laga untuk Persik Kediri.

Tendensi Laga

Timnas Indonesia sendiri punya agenda terdekat dengan berlaga di Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia. Skuat Garuda bertemu Brunei Darussalam.

Pada putaran pertama kualifikasi, timnas Indonesia bertemu Brunei Darussalam dalam 2 leg, yaitu pada 12 dan 17 Oktober mendatang.

Jika sukses melewati Brunei, timnas Indonesia bakal berlaga di putaran kedua Grup F. Di sana sudah menanti Irak, Vietnam, dan Filipina.

Lantaran masih tahap awal, tidak ada salahnya jika Shin Tae-yong memanggil para pemain lokal yang sedang top level di Liga 1. Salah satunya Muhammad Khanafi.

Terlebih jika bicara kekuatan lawan, Brunei Darussalam bukan level teratas di Asia apalagi ASEAN. Jadi, opsi memanggil striker Persik Kediri patut dipertimbangkan.