Liga Indonesia

Breaking! Ridwan Saragih Putuskan Mundur dari Kursi Pelatih PSMS Medan

Kamis, 5 Oktober 2023 13:11 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Prio Hari Kristanto
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 2, PSMS Medan, Ridwan Saragih (kanan), didampingi pemainnya, Ichsan Pratama (kiri). (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT) Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Pelatih klub Liga 2, PSMS Medan, Ridwan Saragih (kanan), didampingi pemainnya, Ichsan Pratama (kiri). (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Kabar mengejutkan datang dari klub Liga 2, PSMS Medan. Jelang laga away alias tandang ke Padang kontra Semen Padang FC, Ridwan Saragih memutuskan mundur dari jabatannya sebagai pelatih kepala PSMS.

PSMS dijadwalkan akan bersua tuan rumah Kabau Sirah di Stadion Haji Agus Salim, Padang pada lanjutan pekan kelima Liga 2 2023/2024. Itu juga sekaligus laga keempat bagi kedua tim musim ini.

Padahal, pelatih 47 tahun itu baru saja mengantarkan Ayam Kinantan meraih kemenangan perdana di Liga 2 musim ini usai mengalahkan rival sedaerah alias derbi Sumatra Utara (Sumut) bersejarah kontra PSDS Deli Serdang 3-1 di Stadion Teladan, Medan akhir pekan kemarin kemarin.

Terlebih, Ridwan Saragih mengambil keputusan mundur hanya beberapa jam pascapimpin timnya latihan di Stadion Mini Pancing, Medan, Rabu (04/10/23) sore.

Keputusan pelatih berlisensi A AFC itu mundur ia sampaikan langsung kepada manajemen PSMS, yakni Direktur Utama (Dirut) PT Kinantan Medan Indonesia (KMI), Arifuddin Maulana Basri. 

"Ya, benar saya sudah menyampaikan pengunduran diri saya kepada pak Dirut, Arifuddin tadi malam (Rabu 4 Oktober malam)," katanya saat dikonfirmasi awak media, Kamis (05/10/23).

Ridwan menyatakan, pengunduran dirinya dilakukan setelah manajemen memintanya untuk bekerja sama dengan Miftahudin Mukson, pelatih yang sebelumnya mengarsiteki Persekat Tegal yang belum lama mengundurkan diri dari posisi pelatih kepala klub Liga 2 asal Jawa Tengah itu.

"Manajemen meminta saya untuk bekerja sama dengan Coach Miftahudin Mukson melatih PSMS Medan. Itu juga yang menjadi pertimbangan saya untuk mundur, lantaran saya merasa tidak mungkin dalam satu kapal ada dua nakhoda," ujarnya memberikan perumpamaan.

Di tengah atmosfer tim PSMS yang tengah diselimuti tren positif, ia menilai keputusannya mundur merupakan langkah yang paling tepat. Dia berharap, langkah PSMS untuk bisa menembus Liga 1 musim depan bisa tercapai.

"Alhamdulillah saya meninggalkan tim (PSMS) dalam kondisi yang baik dengan semangat yang sedang tinggi. Saya turut mendoakan semoga PSMS bisa promosi ke Liga 2 musim mendatang," ucapnya dengan harapan tinggi.

Diketahui, Ridwan Saragih diangkat sebagai pelatih kepala PSMS sejak Juni 2023. Selama empat bulan ia melatih PSMS, Ayam Kinantan belum pernah mengalami kekalahan sekali pun.

Dari tiga laga yang telah dilalui PSMS di Liga 2 musim ini, klub yang berdiri 21 April 1950 itu mencatat 1 kali menang dan 2 kali seri.

Bahkan selama uji coba dan turnamen pramusim untuk persiapan sebelum tampil di Liga 2 musim ini, Ridwan Saragih juga mengantarkan PSMS Medan tanpa kekalahan.