Liga 1

CEO Barito Putera Ancam Rombak Tim Akibat Melorot di Liga 1, Gustavo Tocantins Out?

Selasa, 10 Oktober 2023 23:54 WIB
Penulis: Martini | Editor: Joko Sedayu
© liga-indonesia.id
CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman akan merombak skuat yang mulai melorot di klasemen Liga 1 2023/2024. Copyright: © liga-indonesia.id
CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman akan merombak skuat yang mulai melorot di klasemen Liga 1 2023/2024.

INDOSPORT.COM - Barito Putera makin melorot di papan klasemen sementara Liga 1 2023/2024, sehingga Hasnuryadi Sulaiman mengancam akan merombak para pemainnya.

Barito Putera sempat menjadi pemuncak klasemen Liga 1 di awal musim, tapi skuat besutan Rahmad Darmawan makin lama justru semakin melorot, seolah 'kehabisan bensin'.

Pada empat laga terakhir, Barito Putera nihil kemenangan. Mereka kalah 2-0 dari PSM Makassar, kalah 1-0 dari PSIS Semarang, kemudian imbang 1-1 melawan RANS.

Teranyar, Laskar Antasari nyaris menelan kekalahan di markas Persija Jakarta, tetapi gol Renan Alves selamatkan tim, sehingga meraih hasil imbang 1-1 di pekan ke-15.

Hasil ini membuat Barito Putera tertahan di peringkat ke-7 klasemen sementara Liga 1, padahal hanya 4 tim teratas yang bisa maju ke babak playoff dan berpeluang jadi juara.

Oleh karena itu, CEO Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman mengancam para pemainnya bahwa akan ada perombakan komposisi tim, jika tidak segera berbenah.

Hasnuryadi juga meminta maaf kepada suporter karena belakangan ini tim mulai melorot dan belum pernah mencicipi kemenangan lagi.

"Kami memohon maaf sebesar-besarnya kepada suporter karena dalam empat laga terakhir ini, kita hanya meraih dua hasil seri dan dua kekalahan," ungkap Hasnuryadi.

"Kita sudah berkoordinasi dan melakukan evaluasi. Saya serta Coach RD dan Frans sepakat akan melakukan perubahan di putaran kedua, akan ada perombakan pemain."

"Karena kita ingin musim ini menjadi lebih baik, berada di papan atas, kalau bisa di empat besar," kata Hasnuryadi Sulaiman kepada awak media.

Nasib Gustavo Tocantins?

© Official Barito Putera
Barito Putera perkenalkan striker anyar asal Brasil di Liga 1 2022-2023, Gustavo Henrique Tocantins. Copyright: Official Barito PuteraBarito Putera perkenalkan striker anyar asal Brasil di Liga 1 2022-2023, Gustavo Henrique Tocantins.

Bicara soal perombakan pemain, beberapa waktu terakhir santer beredar kabar bahwa salah satu pemain asing Barito Putera, yaitu Gustavo Tocantins dilirik oleh Persija Jakarta.

Gustavo Tocantins tampil apik bersama Laskar Antasari di Liga 1 2023/2024. Ia jadi salah satu top skorer dengan torehan 7 gol dan 3 assist.

Namun jika dihitung sejak pertama kali pemain asal Brasil itu bergabung ke Barito pada paruh musim lalu, Tocantins sudah mengemas 15 gol dari 30 laga di Liga 1.

Mengingat usianya masih tergolong muda, yakni 27 tahun, wajar jika banyak klub Liga 1 yang naksir padanya, termasuk Persija yang kini membutuhkan pengganti Marko Simic.

Pelatih kepala Barito Putera, Rahmad Darmawan bahkan blak-blakan mengakui bahwa Gustavo Tocantins bisa saja dijual jika memang menghasilkan cuan bagi klub.

"Tocantins hampir selalu jadi pilihan utama di Barito Putera. Di sepak bola profesional, kalau kami cuan ketika menjual Tocantins, kenapa tidak?" ucap Rahmad Darmawan blak-blakan.

"Tapi, kalau bicara kebutuhan tim, kami masih membutuhkan Tocantins. Namun, kalau cuan, kenapa tidak," ujar pelatih yang akrab disapa RD tersebut.

Meski begitu, RD mengaku jika Gustavo Tocantins masih dibutuhkan Barito Putera. Keputusan mengenai kontrak sang pemain diserahkan kepada manajemen.

"Sekali lagi, kami akan melakukan rapat evaluasi. Walau bagaimana pun, Tocantins sangat dibutuhkan Barito Putera," tukas Rahmad Darmawan.

Maka dari itu, belum jelas maksud dari CEO Hasnuryadi Sulaiman, siapa saja pemain yang akan didepak di paruh musim dan siapa saja pilar baru yang akan bergabung nantinya.