Liga Inggris

Chelsea dan Arsenal Kecipratan Dampak Sheikh Jassim Batal Akuisisi Man United

Minggu, 15 Oktober 2023 11:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
© Reuters/John Sibley
Duel antara Arsenal vs Manchester United di Liga Inggris 2023/2024, Senin (04/09/23). (Foto: Reuters/John Sibley) Copyright: © Reuters/John Sibley
Duel antara Arsenal vs Manchester United di Liga Inggris 2023/2024, Senin (04/09/23). (Foto: Reuters/John Sibley)

INDOSPORT.COM - Dua klub Liga Inggris, Chelsea dan Arsenal kecipratan dampak Sheikh Jassim yang memutuskan menarik tawarannya untuk akuisisi Manchester United.

Sheikh Jassim akhirnya batal membeli Manchester United karena Keluarga Glazer yang keras kepala. Laman Football London menilai klub lainnya akan terkena dampak.

"Bagaimana Pembaruan Akuisisi Manchester United Berdampak pada Arsenal, Chelsea dan Tottenham usai Keputusan Sheikh Jassim," tertulis dalam headline Football London.

Diketahui, Sheikh Jassim berencana membeli 100 persen saham Man United dari Keluarga Glazer seharga 5 miliar Poundsterling. Ia juga bersedia menghapus utang 970 juta Pounds.

Lima tawaran sudah disodorkan oleh Sheikh Jassim untuk akuisisi penuh Man United, tapi  semua tidak digubris Glazer, meskipun pihak Qatar telah menaikkan angka jadi 6 miliar Pounds.

Tawaran terakhir dari Sheikh Jassim ditolak Glazer pada Juni 2023. Pihak Qatar lalu mengultimatum untuk menarik diri dari negosiasi jika Glazer masih keras kepala.

Kini, Sheikh Jassim resmi menarik diri karena merasa angka yang diminta Keluarga Glazer tidak realistis. Hal itu juga dikonfirmasi oleh pakar transfer Fabrizio Romano.

"Sheikh Jassim telah mengajukan tawaran tunai, melunasi semua utang lama tanpa utang baru, demi mendapatkan 100 persen kepemilikan klub," tulis Romano via Twitter.

"Saat ini akuisisi oleh pihak Qatar lebih dari rumit, kami selalu menunggu langkah resmi, tapi begitulah keadaannya," ungkap Fabrizio Romano pada kesempatan lainnya.

"Jawaban Keluarga Glazer dalam beberapa hari terakhir sangat jelas, mereka sekali lagi mengatakan tidak terhadap tawaran Sheikh Jassim," imbuhnya.