Bola Internasional

Meriahnya Nonton Bareng Timnas Indonesia di Solo, Sinyal Positif Menuju Piala Dunia U-17 2023

Selasa, 17 Oktober 2023 23:14 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Juni Adi
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Suasana masyarakat Solo menyaksikan nonton bareng Brunei Darussalam vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Suasana masyarakat Solo menyaksikan nonton bareng Brunei Darussalam vs Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026.

INDOSPORT.COM - Ribuan warga Solo meramaikan acara nonton bareng Timnas Indonesia di depan Balaikota Solo, Selasa (17/10/23) malam. Meriahnya Geliat Sepak bola Solo menjadi sinyal positif menuju Piala Dunia U-17 2023.

Acara nonton bareng ini rutin diadakan Pemkot Solo melalui dinas pemuda dan olahraga (Dispora) tiap Timnas Indonesia bertanding. Dispora menggandeng pihak swasta untuk membeli hak untuk mengadakan acara nonton bareng.

Sekali mengadakan acara nonton bareng, Dispora bersama pihak swasta mengeluarkan anggaran hingga belasan juta. Upaya menyemarakan sepak bola di Kota Solo ternyata disambut antusias oleh warganya.

Terbaru, dalam acara nonton bareng Indonesia melawan Brunei Darussalam di Kualifikasi Piala Dunia 2026, Selasa (17/10/23) malam, ada ribuan warga yang datang. Kehadiran ribuan penonton ini sejatinya cukup mengejutkan.

Di atas kertas, Indonesia sudah pasti menang atas Brunei. Maka, tidak ada unsur drama yang bakal hadir dalam laga ini. Namun, ribuan penonton ini cukup antusias menonton skuat Shin Tae-yong membantai Adi Said dkk.

Penonton yang didominasi suporter Persis Solo membawa bendera merah putih berukuran besar. Bendera ini dibentangkan secara bersama-sama ketika lagu 'Indonesia Raya' dikumandangkan sebelum laga.

Tepuk riuh penonton pecah saat Shin Tae-yong memasukkan Ramadhan Sananta pada pertengahan babak kedua. Sananta menjadi idola warga Solo karena menjadi top skor tim Persis Solo bersama Fernando Rodriguez.

Gol Sananta pun mendapat sambutan paling meriah diantara enam gol yang disarangkan skuat Merah Putih ke gawang Brunei. Sananta mencetak gol menit ke-81 lewat proses yang indah.

Sesuai laga berakhir 6-0, para penonton ini tak hanya pulang begitu saja. Mereka secara sukarela juga membersihkan sebagian sampah yang masih berceceran, terutama plastik bekas minuman beberapa penonton.

Maka, ketika jalan utama dibuka kembali oleh Dinas Perhubungan, para pengguna jalan tak terganggu adanya tumpukan sampah. Dinas Kebersihan juga tak bekerja keras hingga larut malam.