Liga 1

Sudah di Indonesia, Tyronne del Pino Ungkap Kondisi dan Rencananya di Persib

Selasa, 17 Oktober 2023 09:41 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Tyronne del Pino. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Pemain anyar Persib Bandung, Tyronne del Pino. Foto: Arif Rahman/INDOSPORT.

INDOSPORT.COM - Gelandang Persib Bandung, Tyronne del Pino, sudah kembali dan tiba di Indonesia pada Minggu (15/10/23) setelah menjalankan program pemulihan cedera di negaranya, Spanyol.

Seperti diketahui, Tyronne del Pino mengalami cedera saat pertandingan perdana kompetisi Liga 1 musim 2023-2024 menghadapi Madura United di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, Minggu (02/07/23).

Tyronne del Pino, dalam debutnya bersama skuad Maung Bandung tampil sebagai pemain pengganti menggantikan Beckham Putra Nugraha di babak kedua.

Namun saat pertandingan memasuki menit 71, pemain anyar Persib Bandung ini terpaksa harus ditarik keluar dan digantikan oleh Ezra Walian, karena mengalami cedera tendon achilles kaki kanan.

Cedera yang dialaminya, membuatnya harus menjalankan program pemulihan cukup lama dan memutuskan untuk pulang dulu ke negaranya.

Menurut Tyronne del Pino, kondisinya saat ini sudah semakin membaik setelah menjalankan program pemulihan dan ingin kembali merasakan atmosfer pertandingan di kompetisi Liga 1.

"Kondisi saya baik, bulan ini saya telah bekerja keras dan saya ingin menjadi pesepakbola lagi, berkompetisi, selangkah demi selangkah, menjadi yang pertama bergabung dengan grup," kata Tyronne del Pino.

Lebih lanjut, pemain yang direkrut Persib ketika era Luis Milla ini mengaku, sudah tidak sabar untuk kembali berlatih bersama skuad Maung Bandung untuk mengarungi kompetisi.

"Saya ingin berlatih lagi bersama teman-teman saya, mengambil langkah dan memiliki perasaan yang baik," tegas Tyronne del Pino.

Pemain yang baru pertama kali berkarier di Indonesia pada musim ini menuturkan, cedera yang dialami merupakan tantangan yang cukup berat baginya. Karena, dia harus menepi cukup lama dari lapangan.

Meski demikian, sebagai pesepak bola profesional dia harus berusaha untuk melalui rintangan tersebut dengan penuh motivasi, agar bisa cepat pulih dan bertanding lagi di kompetisi kasta tertinggi sepak bola Indonesia.

"Ya, sebenarnya itu jalan yang panjang dan sulit, tapi semua ini membuatmu semakin kuat, tentu saja aku merindukanmu," ungkapnya.

"Siapa pun yang mengenalku pasti tahu betapa profesionalnya aku, aku suka sepak bola dan bekerja keras. Kembali ke lapangan," tegas Tyronne del Pino.

Tyronne del Pino kembali menegaskan, sudah tak sabar untuk kembali berlatih dengan tim Persib dan ingin bertemu dengan rekan-rekannya serta berjuang bersama untuk meraih prestasi.

"Iya, seperti yang aku bilang, aku senang bisa bertemu teman-temanku lagi, setiap hari bersama mereka, berlatih, senang bisa bertemu teman-temanku lagi," jelasnya.

Sementara itu, pemain kelahiran Las Palmas, 27 January 1991 ini dikontrak oleh manajemen Persib dengan durasi satu tahun dan opsi perpanjangan satu tahun.

Namun, saat pulang ke negaranya untuk menjalankan program pemulihan, manajemen Persib memutuskan untuk mendatang Levy Madinda.

Gelandang kelahiran Libreville, 22 Juni 1992 ini didatangkan Persib dari klub Malaysia, Johor Darul Takzim (JDT), dengan status pemain pinjaman hingga bulan Desember 2023.

Sebelumnya, pelatih Persib, Bojan Hodak, mengaku akan melihat dulu kondisi Tyronne del Pino, namun dia memprediksi pemain asal Spanyol itu belum bisa bertanding.

"Dia mengalami cedera yang sangat buruk, jadi saya rasa dia belum siap untuk saat ini. Menurut saya, dirinya belum siap untuk bermain," ucapnya beberapa hari lalu.

"Dia akan kembali pekan ini dan melakukan evaluasi terhadapnya, tapi berdasarkan pengalaman saya terhadap cedera yang dialaminya, dia belum siap untuk saat ini," jelasnya.