Timnas Indonesia

Jika Erick Thohir Jadi Wapres, Apakah Bisa Sepak Bola Indonesia Semakin Maju?

Kamis, 19 Oktober 2023 14:55 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir saat menyaksikan official training Timnas Indonesia jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Ketum PSSI, Erick Thohir saat menyaksikan official training Timnas Indonesia jelang laga Pra Piala Dunia melawan Brunei Darussalam di Stadion GBK, Rabu (11/10/23).

INDOSPORT.COM - Ketua Umum PSSI sekaligus Menteri BUMN, Erick Thohir saat ini sedang hangat dibicarakan oleh kalangan pecinta sepak bola Indonesia.

Erick Thohir belakangan dikabarkan sedang sibuk mengurus berkas yang rumornya untuk digunakan sebagai salah satu syarat mendaftar jadi calon Wakil Presiden RI.

Hal itu tentunya bertentangan ketika beberapa waktu yang lalu Erick Thohir menegaskan bahwa ia tidak akan maju dalam kontestasi politik Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 demi perbaikan PSSI.

"Ya begini, jangan campur bola sama politik. Kita sudah sampaikan beberapa kali tugas saya sebagai Ketua PSSI hingga 2027," ungkap Erick Thohir kepada awak media, Rabu (27/09/23) lalu.

"Kecuali teman-teman media tidak suka, Exco menjatuhkan saya tidak apa-apa. Tapi tugas saya sampai 2027. Saya tidak suka olahraga dicampur-campur sama politik," tegas Erick ketika itu.

Tentunya hal ini menjadi pro kontra di kalangan masyarakat. Ada yang kontra namun tak sedikit pula mendukung langkah Erick Thohir tersebut demi kebaikan sepak bola nasional.

Salah satu yang mendukung langkah Erick Thohir diantaranya adalah pengamat sepak bola sekaligus Pendiri Football Institute, Budi Setiawan.

Dirnya menilai jika Erick benar-benar terpilih sebagai Wapres untuk periode selanjutnya, maka kemajuan sepak bola Indonesia secara khusus akan jauh lebih pesat lagi.

"Jika memang benar Erick Thohir maju sebagai Cawapres, menurut saya ini adalah kabar gembira bagi olahraga sepak bola khususnya dan cabor lain pada umumnya. Erick memiliki perhatian khusus terhadap basket dan sepak bola," kata Budi Setiawan.

"Jika nanti terpilih, sepak bola akan mendapatkan perhatian khusus dengan kewenangannya," tambahnya.