Liga 1

Atasi Masalah Cedera Pemain di Liga 1, Persib Gaet Tim Medis Terbaik

Sabtu, 21 Oktober 2023 21:35 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Herry Ibrahim
© Arif Rahman/INDOSPORT
Latihan Persib Bandung jelang laga pekan ke-16 Liga 1 2023/2024 menghadapi Borneo FC di Stadion GBLA, Kamis (19/10/23). Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Latihan Persib Bandung jelang laga pekan ke-16 Liga 1 2023/2024 menghadapi Borneo FC di Stadion GBLA, Kamis (19/10/23).

INDOSPORT.COM - Tim Persib Bandung berkomitmen untuk memberikan fasilitas terbaik bagi para pemainnya untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim 2023/2024. Kenyamanan David da Silva dkk. merupakan faktor penting yang harus diperhatikan.

Salah satunya, manajemen telah menyediakan dan fasilitas layanan kesehatan lengkap dalam  mencegah, mengobati, hingga membantu pemulihan pemain Persib Bandung yang sedang dibekap cedera.

Fasilitas tersebut dirasakan perlu dilakukan agar skuad Maung Bandung mendapat penanganan yang tepat dan benar saat terjadi hal-hal yang tidak diinginkan, seperti cedera yang kerap mengganggu performa tim. Dengan Kompetisi Liga 1 2023/2024 yang ketat dan panjang, manajemen merasa perlu mendapat dukungan dari pihak yang tepat dalam menangani hal ini.

Untuk itu, Persib telah menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Royal Sport pada 9 Oktober 2023 lalu. Berada di bawah naungan Rumah Sakit Royal Progress rumah sakit & klinik kedokteran olahraga terintegrasi pertama di Indonesia itu akan fokus mencegah, mengobati, hingga membantu masa pemulihan bagi tim kesayangan Bobotoh.

Memahami apa yang dibutuhkan atlet, Royal Sports bersama dengan Persib akan menghadirkan solusi perlindungan kesehatan terhadap para pemain yang berada di bawah naungan kedua klub olahraga tersebut. 

"Selama bertahun-tahun kami telah membantu banyak atlet yang cedera kembali pulih dan mampu bersaing kembali di lapangan. Sejak saat itu pula kami telah menjalin kerja sama dengan berbagai asosiasi maupun klub olahraga profesional. Kali ini, kami merasa bangga bisa ditunjuk menjadi mitra kesehatan resmi bagi klub olahraga, seperti Persib dan Prawira Harum Bandung," ujar Dr. dr. Bobby N. Nelwan, SpOT (K), Clinical Director Royal Sports.

"Kami berharap bahwa kerja sama ini akan memberikan peningkatan fungsinya seorang atlet dan fungsi kami sebagai partner kesehatan. Semoga kerjasama yang baik antara kami bersama Persib dan Prawira Harum Bandung bisa berjalan dengan baik dan membawa kebaikan bagi para atlet kebanggaan Indonesia," tambahnya.

Penanganan cedera merupakan hal yang penting dilakukan, mengingat resiko terjadi cedera di dalam setiap pertandingan olahraga cukup besar. 

Oleh karenanya, pemeriksaan kesehatan merupakan hal penting untuk dilakukan sebelum memulai program kebugaran. Di samping berdampak pada kesehatan secara umum, pemeriksaan tersebut juga dapat membantu untuk menghindari potensi cedera.

Kebutuhan dalam Mengarungi Liga 1

Sementara itu, Deputy CEO PT Persib Bandung Bermartabat Bandung, Teddy Tjahjono, mengatakan bahwa sports injury menjadi salah satu tantangan tersendiri bagi tim Maung Bandung.

Menurutnya cedera olahraga ini menjadi permasalahan yang serius yang harus mendapat penanganan dari para ahli yang tepat agar proses pemulihan para atlet berlangsung dengan cepat. Oleh karenanya, kerjasama ini diharapkan dapat mengoptimalkan kinerja anak asuh Bojan Hodak di Liga 1 2023/2024.

"Kami melihat Royal Sports adalah salah satu penyedia layanan medis olahraga terbaik untuk penanganan cedera olahraga. Itulah mengapa kami menunjuk Royal Sports sebagai official sports medical partner kami untuk Persib," ungkap Teddy.

"Semoga kerjasama ini bisa memberikan kebaikan bagi atlet-atlet kami. Dengan keahlian yang Royal Sports miliki, mudah-mudahan kerja sama ini bisa maksimal bagi kedua belah pihak," ujar Teddy.

Persib sendiri saat ini ada empat pemain yang sedang dibekap cedera. Sebut saja Febri Hariyadi, Dedi Kusnandar, Teja Paku Alam dan David da Silva. Namun untuk dua nama terakhir sudah terlihat bugar dan tampil dalam laga Liga 1.

Dengan kompetisi Liga 1 2023/2024 yang masih sangat panjang, diharapkan dengan kerjasama ini, kesehatan dan kebugaran para pemain bisa Persib mudah untuk diawasi agar terhindar dari cedera.

Saat ini Persib sedang berjibaku dalam persaingan papan atas klasemen sementara Liga 1 2023/2024. Marc Klok Cs masih berada di posisi ketiga klasemen karena hanya mampu bermain imbang dengan Borneo FC yang berada dim posisi kedua pada pekan ke-16 Liga 1 2023/2024, Sabtu (21/10/23) malam.