In-depth

Sosok Jesus Casas, Pelatih Irak Si Jenius Kepercayaan Luis Enrique di Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis, 26 Oktober 2023 07:15 WIB
Editor: Juni Adi
© AFC
Ekspresi Kekecewaan Timnas U-19 Irak Saat Kalah dari Korea Utara di Piala Asia U-19 2018 Copyright: © AFC
Ekspresi Kekecewaan Timnas U-19 Irak Saat Kalah dari Korea Utara di Piala Asia U-19 2018

INDOSPORT.COM - Timnas Irak yang merupakan salah satu lawan timnas Indonesia di Kualifikasi Piala Dunia 2026, saat ini dilatih oleh juru taktik jenius yang pernah jadi tangan kanan Luis Enrique di sepak bola Eropa.

Kualifikasi Piala Dunia 2026 putaran pertama untuk zona Asia telah rampung digelar. Sejumlah tim yang harus melewati babak ini juga dipastikan, salah satunya adalah timnas Indonesia.

Timnas Indonesia harus berjuang dari putaran pertama lantaran hasil buruk di Kualifikasi Piala Dunia 2022 lalu. Mereka lebih dahulu mengatasi perlawanan Brunei Darussalam.

Dalam pertandingan dua leg, timnas Indonesia menang telak agregat 12-0 (6-0 dan 6-0) atas Brunei Darussalam. Kemenangan itu membuat Skuad Garuda melaju ke putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 fase grup.

Timnas Indonesia tergabung di Grup F bersama sejumlah tim kuat lainnya yaitu Filipina, Vietnam dan Irak. Negara terakhir mungkin jadi yang paling diwaspadai kiprahnya oleh pelatih Shin Tae-yong.

Sebab Indonesia sangat buta dengan kekuatan timnas Irak saat ini lantaran lama tak saling bertemua. Terakhir keduanya bentork pada 2013 lalu di ajang Kualifikasi Piala Asia.

Irak kemungkinan bisa menjadi lawan terberat Timnas Indonesia karena saat ini menjadi penghuni peringkat ke-69 dunia.

Irak juga memiliki mental juara karena pernah mengangkat trofi Piala Asia 2007 silam. Meski para pemain kala itu dengan sekarang sudah berbeda, namun mereka baru saja membuat kejutan.

Mereka sukses menahan tuan rumah Piala Dunia 2022, Qatar, dengan skor 0-0 di laga FIFA Matchday pada Jumat (13/10/23) lalu.

Tak hanya itu, mereka juga dilatih oleh juru taktik ternama yang pernah jadi otak sukses Luis Enrique, yakni Jesus Casas. Seperti apa sosoknya?