Liga 1

Flavio Silva Tokcer Lagi bersama Persik Kediri Usai Cedera, Ambisi Top Skor Liga 1?

Senin, 30 Oktober 2023 13:30 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Herry Ibrahim
© MO Persik Kediri
Selebrasi striker Persik, Flavio Silva usai cetak gol ke gawang Persebaya pada laga pekan ke-17 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10/23). Copyright: © MO Persik Kediri
Selebrasi striker Persik, Flavio Silva usai cetak gol ke gawang Persebaya pada laga pekan ke-17 Liga 1 2023/2024 di Stadion Brawijaya, Jumat (27/10/23).

INDOSPORT.COM - Persik Kediri sempat mengalami periode sulit di Liga 1 imbas cederanya sejumlah pemain andalan. Salah satu nama itu adalah Flavio Antonio Da Silva.

Striker kebangsaan Portugal itu sempat menepi cukup lama selama September. Sialnya, cedera yang dialami Flavio Silva berbarengan dengan rekannya, Jefinho.

Jadilah, periode itu dijalani tim berjulukan Macan Putih tanpa 2 striker asing. Imbasnya terasa setelah Persik Kediri sempat menelan 2 kekalahan secara beruntun.

Kini, sang andalan gol telah kembali. Flavio pun tampil tokcer kembali dengan mengemas 5 gol dalam 3 laga terakhir. Rataannya nyaris 2 gol per laga.

Flavio menandai come back untuk Persik Kediri dengan mencetak 1 gol saat menahan imbang Persita Tangerang 2-2 di Indomilk Arena (8/10/23).

Dia melengkapinya dengan brace beruntun. Masing-masing 2 gol saat Persik menahan imbang PSS Sleman 2-2 (21/10/23) dan 2 gol saat melibas Persebaya 4-0 (27/10/23).

Lalu, bagaimana Flavio merespons penampilannya yang tokcer lagi? Mengingat bekapan cedera sempat membuatnya harus absen selama 4 laga di Liga 1.

"Kami hanya ingin berusaha tampil sebaik mungkin untuk terus mencoba meraih kemenangan," ungkap Flavio pasca kemenangan telak 4 gol atas Persebaya.

"Lawan yang kami hadapi juga tidak mudah. Persebaya datang dengan permainan solid dan kualitas pemain yang bagus," sambung dia.

Kini, eks striker timnas Portugal U-19 itu sudah membukukan 8 gol dan 2 assist. Ini sudah melampaui kontribusinya musim 2022/2023 lalu dengan 7 gol dan 1 assist.

Jajaran Top Skorer

Kontribusi pentingnya untuk Tim Macan Putih sekaligus mengantar Flavio sebagai striker yang berada di jajaran 8 besar daftar top skorer Liga 1.

Striker kelahiran Guinea-Bissau berusia 27 tahun itu berada di peringkat 6 bersama striker asal Brasil milik Madura United, Junior Brandao dengan 8 gol.

Flavio pun semakin dekat untuk bersaing menuju perebutan gelar top skorer. Dia hanya terpaut 4 gol saja dari pemimpin klasemen, Gustavo Almeida.

Striker Arema FC itu saat ini memimpin klasemen top skorer dengan 12 gol, disusul David Da Silva (Persib Bandung) dan Alex Martins Ferreira (Dewa United) dengan 11 gol.

Sedangkan 2 nama penghuni 5 besar adalah Stefano Lilipaly (Borneo FC) dan Carlos Fortes (PSIS Semarang) yang mengumpulkan 9 gol.

"Sebagai striker, tentu tugas saya adalah mencetak gol. Tapi (menjadi top skorer) bukan menjadi ambisi saya saat ini," beber Flavio.

Striker yang menempa diri di tim muda Benfica itu tetap konsisten menempatkan kepentingan tim sebagai yang utama, bukan ambisi pribadinya saja.

"Ambisi saya adalah bagaimana bisa membantu tim. Yaitu mencetak gol dan membawa tim meraih kemenangan," ungkap Flavio.

"Percuma saja kalau saya mencetak 3 gol, tapi tim tidak meraih kemenangan," imbuh rekan setim Ruben Dias saat sama-sama membela timnas Portugal U-19 tersebut.