Liga 1

Lawan Persib Jadi Penentu Langkah Madura United di Tangga Juara, Wajib 3 Poin!

Senin, 30 Oktober 2023 18:55 WIB
Penulis: Ian Setiawan | Editor: Prio Hari Kristanto
© MO Madura United
Pelatih Madura United, Mauricio Souza, memberikan instruksi ke pemainnya dari pinggir lapangan pada laga Liga 1 2023, Sabtu (28/10/23). (Foto: MO Madura United) Copyright: © MO Madura United
Pelatih Madura United, Mauricio Souza, memberikan instruksi ke pemainnya dari pinggir lapangan pada laga Liga 1 2023, Sabtu (28/10/23). (Foto: MO Madura United)

INDOSPORT.COM - Madura United sudah tak punya waktu lebih banyak lagi untuk mempersiapkan diri menyambut jadwal putaran kedua Liga 1 musim 2023/2024.

Seusai menahan imbang Arema FC 1-1 di Bali (28/10/23), tim berjulukan Laskar Sape Kerrab sudah dituntut menata fokus lagi untuk laga yang tak kalah penting.

Hanya berselang empat hari, Madura United dijadwalkan kembali tampil home. Persib Bandung jadi lawan pada pekan ke-18 di Stadion Gelora Bangkalan, Rabu (01/11/23).

Laga ini sekaligus memberi kesempatan bagi anak asuh Mauricio Souza untuk mengakhiri tren negatif, setelah tak pernah menang dalam dua laga terakhir di Liga 1.

Sejak mengalahkan PSM Makassar 2-0 (08/10/23), Madura United puasa tiga poin. Mereka malah kalah telak 1-4 menjamu Dewa United (22/10/23) sebelum menahan Arema FC.

"Kemenangan akan datang lagi. Kami hanya perlu fokus menatap ke depan," ucap winger andalan Madura United, Luiz Marcelo Morais alias Lulinha.

Lulinha pun menyerukan target wajib tiga poin saat menjamu Persib Bandung. Terlebih, mereka kembali tampil di hadapan suporter sendiri.

"Kami sudah bekerja dengan sangat baik selama ini. Saya pun yakin, kemenangan akan segera datang," winger kebangsaan Brasil itu menjelaskan.

Kendati demikian, Lulinha tetap menyesali atas hasil imbang saat melawan Arema FC. Golnya menit 66' tak berarti apa-apa saat Gustavo Almeida membalas dari penalti menit 78'.

"Tapi sepak bola akan selalu seperti itu, penuh dengan risiko. Kami kehilangan momen karena sering melewatkan peluang gol," tandas Lulinha.

Duel Penentu Langkah

Pertemuan dengan Persib Bandung pun akan menjadi penentu langkah Madura United atas kelayakannya bersaing di papan atas Liga 1 musim ini.

Setelah sempat merajai puncak klasemen, posisi Tim Laskar Sape Kerrab kini terus melorot sampai di peringkat 3 klasemen dengan 31 angka.

Persib yang mengoleksi poin serupa, lebih unggul atas agregat gol (surplus 12 dibanding 9). Hitungan head-to-head tak berlaku karena kedua tim bermain imbang 1-1 (02/07/23).

Sehingga, tak ada misi lagi yang diusung Madura United selain menang, untuk memberi tekanan pada Borneo FC sebagai pemuncak klasemen dengan 35 poin.

"Menempati posisi dua atau tiga, sebenarnya bukan fokus utama kami. Karena target idealnya finis di posisi 4 besar," bilang Mauricio Souza.

"Tetapi itu akan terjadi jika kembali memenangkan pertandingan demi pertandingan. Kami harus terus perbaiki kekurangan," sambung pelatih Madura United tersebut.

Secara matematis, Madura United memang masih menjaga peluang untuk bersaing ke babak championship alias perebutan gelar juara Liga 1.

Syaratnya memang harus finis di 4 besar. Sementara pada putaran kedua, masih ada 17 laga yang bisa diperjuangkan dengan poin secara maksimal.