Piala Dunia

Profil Tim Piala Dunia U-17 2023: Timnas Indonesia, Menanti Kejutan Sang Debutan

Jumat, 3 November 2023 09:41 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat menjuarai Piala AFF U-16 2022. Sebagian besar pemain kembali beraksi di Piala Dunia U-17 2023. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Selebrasi pemain Timnas Indonesia U-16 saat menjuarai Piala AFF U-16 2022. Sebagian besar pemain kembali beraksi di Piala Dunia U-17 2023. Foto: Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Profil tim Piala Dunia U-17 2023, Timnas Indonesia menjadi tuan rumah sekaligus tim debutan di kompetisi tertinggi sepak bola kelompok usia U-17.

Timnas Indonesia U-17 tergabung di Grup A bersama Ekuador, Panama dan Maroko. PSSI mengusung target agar Garuda Muda bisa lolos fase grup di Piala Dunia U-17 2023.

Hal ini menjadi tantangan berat bagi pelatih Bima Sakti. Meski ia bisa membawa Timnas Indonesia U-16 menjuarai Piala AFF U-16 2022 lalu, tetapi timnya tak lolos ke Piala Asia U-17.

Untuk itu, Bima Sakti menggunakan formasi baru untuk Piala Dunia U-17. Selain memakai pemain jebolan Piala AFF U-16, ia juga telah menggelar seleksi terbuka di berbagai kota.

Selain itu, Bima Sakti juga memanggil para pemain diaspora, meski akhirnya hanya dua pemain yang terpilih ke Timnas U-17, yakni Welber Halim Jardim dan Amar Rayhan Brkic.

Skuat Timnas Indonesia U-17 ditempa di Jerman, dengan menggelar sejumlah laga uji coba melawan tim lokal. Hasilnya, Garuda 1 kali menang, 2 kali imbang, dan 4 kali kalah.

Bima Sakti bekerja keras agar Timnas U-17 siap bersaing di Piala Dunia U-17, dan bisa lolos fase grup seperti yang ditargetkan PSSI.

Setidaknya dengan status sebagai tuan rumah, Timnas Indonesia memiliki modal apik. Welber Halim Jardim dkk akan mendapat sokongan moral dari suporter Garuda secara langsung.

Selain itu, statistik menunjukkan bahwa dari enam edisi Piala Dunia U-17 terakhir, hanya dua kali tuan rumah gagal lolos di fase grup.

Menarik untuk menantikan seperti apa kejutan yang disiapkan Timnas Indonesia U-17. Apakah skuat besutan Bima Sakti bisa melaju lebih jauh dan menghibur masyarakat Tanah Air?