Liga 1

Profil Keven Aleman, Pencetak Gol Spektakuler saat Debut bersama Persikabo 1973

Minggu, 5 November 2023 11:29 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Isman Fadil
© Instagram@officialpersikabo
Keven Aleman, pemain Persikabo 1973. (Foto: Instagram@officialpersikabo) Copyright: © Instagram@officialpersikabo
Keven Aleman, pemain Persikabo 1973. (Foto: Instagram@officialpersikabo)

INDOSPORT.COM - Nama Keven Aleman belakangan menjadi satu sosok pemain anyar yang di Liga 1 2023-2024 yang memberikan kesan positif. Bagaimana tidak dalam debutnya bersama Persikabo 1973, Keven Aleman mencetak gol spektakuler.

Keven Aleman memang menjadi satu dari deretan pemain asing anyar yang direkrut. Oleh Persikabo 1973 di putaran kedua Liga 1 2023-2024.

Menyongsong putaran kedua, Persikabo 1973 memang melakukan perombakan besar-besaran di dalam skuatnya. Setidaknya empat pemain asingnya harus diganti demi mendongkrak posisi mereka di papan klasemen. 

Dari empat pemain anyar salah satunya adalah Keven Aleman. Pemain berpaspor Kanada ini pun memang diharapkan bisa membawa Persikabo 1973 terbebas dari zona degradasi.

Seperti diketahui saat ini Persikabo masih berkutat di papan bawah yakni menempati posisi 17 klasemen sementara Liga 1 2023-2024.

Tak lama-lama, Keven Aleman pun langsung melakoni laga debut bersama Persikabo 1973. Tepatnya di pekan ke-18 saat Persikabo menjamu RANS Nusantara FC di Stadion Wibawa Mukti CIkarang, Sabtu (03/10/23) kemarin petang.

Keven masuk di babak kedua menggantikan Yandy Sofyan. Tak membutuhkan akut lama bagi Kevin Aleman di atas lapangan dirinya langsung mencetak gol debutnya bersama Persikabo 1973.

Bukan gol yang biasa melainkan gol spektakuler yang cukup cantik. Yakni dia melepaskan sepakan voly keras dari jarak lebih 35 meter.

Bola sepakannya meluncur deras merobek jala gawang RANS Nusantara FC yang dikawal Hilamnsyah. OL Keven Aleman pun seakan membakar semangat penggawa Persikabo 1973 dan akhirnya memuat Persikabo kembali mencetak gol kembali lewat Manahati Lestusen dan meraih kemenangan perdana setelah 12 laga tanpa kemenangan.

Penampilan cemerlang Keven Aleman pun mendapat pujian dari pelatih Persikabo 1973, Aji Santoso. Bagi Aji meski belum fit dalam kondisi 100 persen, Keven mampu memberikan penampilan terbaik dan mencetak gol spektakuler.

“Saya berterimakasih kepada pemain saya yang sudah bermain maksimal dan pemain asing yang sebetulnya kondisinya belum ada yang 100 persen. Tetapi saya paksa karena melihat situasi dan alhamdulillah, Keven menyamakan kedudukan menurut saya dengan gol spektakuler,” ucap Aji Santoso.

Aji pun menilai kedatangan pemain baru sepeti Keven Aleman memang mampu mengubah semangat juang para pemain Persikabo 1973 dalam mengarungi putaran kedua Liga 1 2023-2024.

“Semangat anak-anak dengan adanya pemain baru ini berubah dengan signifikan saya bisa melihat di latihan dan mudah-mudahan ini menjadi awal yang bagus,” tambah Aji Santoso.

Matang di Liga Kanada

Keven Aleman memang merupakan pemain berpaspor Kanada. Dirinya lahir pada 25 Maret 1994 di San Jose, Kosta Rika. 

Meski lahir di Kosta Rika, Keven Aleman memilih bermain untuk Timnas Kanada. Bahkan dia sudah bermain untuk Timnas Kanada U-17 pada tahun 2011 silam. Bersama Timnas Kanada U-17, Keven Aleman mencetak tiga gol dari delapan kali pertandingan.

Kariernya bersama Timnas Kanada terus berlanjut. Bahkan dia sudah bermain untuk Timnas Kanada senior dan mencatatkan empat penampilan dan belum mencetak gol.

Untuk level klub sendiri, memang Keven Aleman matang di Liga Kananda. Meskipun dia sempat mengenyam akademi sepak bola bersama klub Real Valladolid di Liga Spanyol.

Selepas mengenyam pendidikan sepak bola di Real Valladolid, Keven Aleman bermain di klub Kosta Rika yaitu Belen FC pada tahun 2015. 

Di Belen FC, pemain yang berposisi gelandang serang ini mencatatkan 18 penampilan dan menorehkan empat gol.

Petualangan Keven Aleman di Liga Kosta Rika berlanjut di Saprissa FC. Di klub ini Keven Aleman mengacarakan 13 laga dan menorehkan satu gol.

Penampilan gemilang di Liga Kosta Rika membawa Keven Aleman hijarah ke sepak bola Amerika Serikat. Tepatnya di tahun 2018 dirinya bermain untuk tim kasta kedua Liga Amerika yaitu, Republik Sacramento FC.

Di klub ini Keven Aleman bermain sebanyak 43 laga dan mencetak empat gol sepanjang kariernya.

Selepas bermain di kasta kedua Liga Amerika Serikat langsung membawa dirinya ke Liga Kanada. Di liga Kanada Keven Aleman membuka jalannya bersama FC Edmunton di tahun 2020.

Terakhir Keven Aleman bermain untuk Atletico Ottawa di tahun 2022 sebelum akhirnya dia berlabuh di Persikabo 1973. Bersama Atletico Ottawa, Keven Aleman mencatatkan 25 penampilan dan mencetak dua gol.