Piala Dunia

Kualitas Rumput JIS dari TV Dipertanyakan, Piala Dunia U-17 2023 Lebih Utamakan Penonton di Stadion

Minggu, 12 November 2023 06:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rumput Jakarta International Stadium (JIS) kembali menimbulkan polemik di jagat media sosial usai kelayakannya untuk Piala Dunia U-17 2023 diragukan. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Rumput Jakarta International Stadium (JIS) kembali menimbulkan polemik di jagat media sosial usai kelayakannya untuk Piala Dunia U-17 2023 diragukan.

INDOSPORT.COM - Rumput Jakarta International Stadium (JIS) kembali menimbulkan polemik di jagat media sosial usai kelayakannya untuk Piala Dunia U-17 2023 diragukan.

Publik menilai rumput JIS yang saat ini digunakan tidak lebih baik setelah renovasi dilakukan PSSI.

Dari siaran televisi pertandingan Piala Dunia U-17 2023 terlihat warna hijau rumput JIS tidak merata. Masih banyak permukaan yang terlihat tidak segar dan lebih gelap.

Akhirnya kesimpulan jika kualitas rumput yang lebih baik terlihat usai peresmia stadion anyar tersebut pada 19 April 2022 lalu disetujui.

Masyarakat suka melihat pemandangan rumput JIS yang langsung dipakai dalam turnamen International Youth Championship 2022 dan laga uji coba Persija Jakarta vs Chonburi FC.

Perbincangan warganet di media sosial mengundang komentar dari Anggota Exco PSSI, Arya Sinulingga. Yang bersangkutan menilai rumput JIS sudah bagus dan diminta untuk melihat secara langsung ketimbang menonton dari televisi.

Hal yang sama juga diutarakan oleh founder Football Institute, Budi Setiawan. Menurutnya, persoalan tentang ramainya pembahasan rumput JIS sudah tidak relevan.

"Soal JIS, menurut saya sudah selesai. JIS sudah menjadi salah satu stadion untuk venue Piala Dunia U-17 2023, bahkan sudah menggelar dua pertandingan," kata Budi, Minggu (12/11/2023).

Budi menambahkan, tidak ada komplain terhadap JIS maupun rumputnya dari para peserta Piala Dunia U-17 2023. Bahkan, pelatih Brasil U-17, Phelipe Leal, memberikan pujian kepada JIS setelah pertama kali menginjakan kakinya di sana.

Selain Phelipe Leal, pemain Inggris U-17, Justin Oboavwoduo, juga puas dengan kualitas rumput di JIS. Bahkan, pemain Manchester City U-21 itu menilai kualitas rumput di JIS sama dengan di Inggris.