In-depth

Sir Jim Ratcliffe Punya 3 Cita-cita Penting Usai Beli Manchester United Rp25 Triliun

Selasa, 14 November 2023 11:41 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
© REUTERS/Eric Gaillard
Sir Jim Ratcliffe makin dekat membeli Manchester United. Foto: REUTERS/Eric Gaillard. Copyright: © REUTERS/Eric Gaillard
Sir Jim Ratcliffe makin dekat membeli Manchester United. Foto: REUTERS/Eric Gaillard.

INDOSPORT.COM - Sir Jim Ratcliffe kabarnya siap membeli 25 persen saham klub Liga Inggris (Premier League), Manchester United.

Untuk nilainya sendiri, ditaksir mencapai 1,3 miliar poundsterling atau kurang lebih Rp25 triliun.

Seperti diketahui, Manchester United sampai saat ini masih berdrama dengan keluarga Glazer yang tidak kunjung mengambil keputusan menjual klub.

Sudah satu tahun sejak mereka membuka pintu untuk investor baru, namun penjualan tidak kunjung terjadi.

Sir Jim Ratcliffe pun bukan satu-satunya calon pembeli saham Manchester United yang telah mengupayakan tawaran terbaik kepada The Glazers.

Sebelum namanya mencuat baru-baru ini, Sheikh Jassim adalah calon investor baru yang lebih sering diberitakan oleh media maupun dibicarakan publik.

Akan tetapi, arus telah berubah. Sir Jim Ratcliffe saat ini menjadi kandidat paling potensial untuk membeli saham Manchester United.

Bos INEOS itu pun kabarnya punya tiga cita-cita yang ingin ia wujudkan bersama Setan Merah dalam waktu dekat, apalagi ia sendiri sudah bersedia dan menyanggupi turun langsung untuk mengelola sejumlah hal di klub.

Liga Champions

Yang pertama adalah membawa Manchester United pelanggan tetap zona Liga Champions - kompetisi elite Eropa yang tentu saja tiketnya tidak mudah diraih.

Manchester United harus bersaing ketat dengan tim-tim besar di Liga Inggris terutama Manchester City, Liverpool, dan Arsenal.

Belum lagi, tim-tim kuda hitam seperti Tottenham Hotspur dan Brighton, bahkan Newcastle United juga bisa jadi ancaman.

Sementara itu, Chelsea yang saat ini sedang terseok-seok, bukan tidak mungkin akan berjaya lagi suatu hari nanti.

Untuk mencapai cita-cita tersebut, Erik ten Hag kabarnya akan dibekali dana yang cukup di bursa transfer pemain mendatang.