x

Dapat Laporan Nyanyian Rasis dari Malaysia, Ini Tanggapan Mengejutkan Pihak AFF

Kamis, 2 Agustus 2018 06:22 WIB
Penulis: Wahyu Septiana | Editor: Gerry Crisandy
Tim Malaysia menjadi sasaran lemparan botol dari oknum suporter Indonesia di Sidoarjo.

INDOSPORT.COM - Dalam beberapa hari terakhir, para pecinta sepak bola Indonesia tengah dihebohkan dengan adanya tuduhan terkait adanya nyanyian rasis yang menimpa para pemain Timnas Malaysia U-16.

Kejadian tersebut terjadi pada saat Timnas Malaysia U-16 vs Timnas Thailand U-16 dipertandingan pertama Grup B Piala AFF U-16 2018 di Gelora Joko Samudro, Gresik, pada Senin (30/07/18).

Pihak Malaysia mengklaim adanya nyanyian rasis yang ditujukan kepada skuatnya saat bertanding. Akibat kejadian tersebut, Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM) telah melayangkan surat protes kepada Federasi Sepak Bola Asia Tenggara (AFF) dan Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) terkait perilaku suporter Indonesia di Piala AFF U-16 2018.

Baca Juga

Menurut laporan Bharian, pendukung Indonesia telah menghina Malaysia dengan nyanyian rasis pada pertandingan pembuka Grup B Piala AFF U-16 2018 yang mempertemukan Malaysia dengan Thailand.

Sekertaris Jenderal FAM, Stuart Ramalingam, dan mantan Presiden FAM, Tunku Ismail Sultan Ibrahim mengatakan jika tindakan pendukung Indonesia ini sangat keterlaluan. Suporter Indonesia dianggap telah melakukan penghinaan dengan meneriakan ‘Malaysia itu an***g’.

"Justru mengirim surat protes kepada AFF dan AFC kami lakukan dengan segera agar dua pihak tersebut dapat mengambil tindakan yang tepat supaya hal serupa tidak terulang kembali di pertandingan kedua Grup B Piala AFF U-16 2018,” ujarnya, dikutip dari Bharian. 


1. Pernyataan Pihak AFF

Logo Piala AFF 2018.

Menanggapi adanya laporan yang dilakukan oleh Asosiasi Sepak Bola Malaysia (FAM), pihak AFF pun memberikan pernyataan sebagai berikut.

"Federasi Sepak Bola ASEAN memilki perhatian yang sangat serius tentang insiden yang terjadi selama pertandingan Thailand melawan Malaysia pada 30 Juli 2018 di Stadion Joko Samudro."

"AFF tengah dalam proses mengumpulkan semua bukti yang berkaitan dengan masalah ini sebelum mengambil tindakan yang sesuai dalam panduan Sepak Bola Asia."

"Sebelum Piala AFF U-16 dimulai, AFF telah meminta pengamanan ekstra kepada PSSI agar tidak terjadi lagi insiden buruk yang terjadi pada Piala AFF U-19 beberapa waktu lalu."

Baca Juga

"Keamanan dan keselamatan pemain dan ofisial menjadi pertimbangan paling penting dalam penyelenggaraan setiap turnamen AFF dan kami akan mengambil setiap langkah yang perlu untuk mencegah perilaku buruk penonton."

"Mengingat persaingan yang ketat antara Indonesia dan Malaysia, AFF berharap bahwa semua perwakilan tim bisa menahan diri untuk tidak membuat pernyataan provokatif di media sosial yang nantinya memperburuk situasi tersebut," tulis AFF seperti dikutip dari laman resminya.

Terus Ikuti Berita Sepak Bola dan Olahraga Lain di INDOSPORT.COM.

IndonesiaSuporterAFF Championship U-16Piala AFF U-16Timnas IndonesiaBola InternasionalTimnas MalaysiaASEAN Football Federation (AFF)Piala AFF U-16 2018

Berita Terkini