x

Alasan dan Sampai Kapan Liga 1 Dihentikan, Ini Jawaban PSSI

Kamis, 27 September 2018 16:11 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Matheus Elmerio Giovanni
Logo Liga 1.

INDOSPORT.COM - Kompetisi sepak bola kasta tertinggi Indonesia, Liga 1 2018 secara resmi dihentikan untuk sementara menyusul tewasnya salah seorang suporter Jakmania  Haringga Sirila jelang laga Persib Bandung vs Persija Jakarta.

Diumumkan langsung oleh Ketua umum PSSI Edy Rahmayadi, pengumuman itu tak diikuti dengan kepastian sampai kapan Liga 1 2018 akan dihentikan.

Namun saat dihubungi langsung oleh INDOSPORT, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono menyebut sebagai otoritas tertinggi sepak bola Indonesia, PSSI memiliki target sampai kapan penghentian sementara ini akan dilakukan.

Baca Juga

"Jika sepuluh hari ke depan (masalah) selesai, liga bisa jalan lagi. Bahkan sebenarnya target kita di tanggal lima atau selambat-lambatnya 12 Oktober liga sudah harus berjalan lagi.

"Tanggal 12 itu ekspetasi internal PSSI. Tapi perhari ini kita masih seperti yang disampaikan ketua umum, tidak boleh dibatasi waktu, spirit kita ini bisa diselesaikan secepat-cepatnya. Ini yang paling utama," Kata pria yang karib disapa Jokdri itu kepada INDOSPORT.


1. Bukan Menghukum

Ilustrasi Logo Liga 1 2018.

Optimisme Jokdri Liga 1 2018 bisa segera kembali digulirkan tak lepas dari alasan dihentikannya liga itu sendiri oleh PSSI dan PT Liga Inonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi.

Disebut Jokdrid, Liga 1 2018 dihentikan bukan sebagai hukuman untuk sepak bola Indonesia, melaikan sebagai wujud rasa belasungkawa terhadap meninggalnya suporter Persija, Jakmania yang bernama Haringga Sirila.

"Jadi liga berhenti ini esensinya bukan karena menghukum sepakbola kita, tapi lebih kepada bentuk belasungkawa."

"Semua orang harus merenung, instrospeksi, berkontemplasi, dan konsolidasi agar selanjutnya ada yang kita persiapkan dengan baik. Dari mulai Standart Operating Procedure (SOP) dan juga persiapan panpel (panitian pelaksana pertandingan)," jelasnya.

Ikuti Terus Berita Sepak Bola Liga Indonesia dan Olahraga Lainnya di INDOSPORT

Persija JakartaPSSIJoko DriyonoEdy RahmayadiLiga IndonesiaLiga 1Haringga Sirila

Berita Terkini