x

Hasil Pertandingan Liga 1 2018: Persebaya vs PSM Makassar

Sabtu, 10 November 2018 20:29 WIB
Editor: Juni Adi
Persebaya vs PSM Makassar.

INDOSPORT.COM - Dengan semangat Hari Pahlawan, Persebaya Surabaya sukses menaklukan tim kandidat juara, PSM Makassar dalam laga lanjutan kompetisi sepak bola Indonesia, Liga 1 pekan ke-30 pada Sabtu (10/11/18) malam WIB.

Bermain di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, tuan rumah langsung tampil menekan. Beberapa ancaman berhasil dilakukan oleh Persebaya. 

Namun gol yang ditunggu-tunggu Bonek baru datang pada menit ke-40 melalui gol Fer Pahabol. Keunggulan 1-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Baca Juga

Di babak kedua, Persebaya malah semakin beringas. Mereka sukses memperbesar keunggulan lewat gol David da Silva menit ke-68, dan Fandry Imbiri menit ke-90. Skor 3-0 untuk kemenangan Persebaya menutup pertandingan sengit ini.

Hasil ini membuat PSM Makassar gagal menjauhkan jarak dari Persib dan Persija dalam perburuan gelar juara Liga 1. Kendati demikian, PSM masih berada di puncak dengan koleksi 53 poin. Sementara Persebaya, merangsek keurutan ke-9 dengan koleksi 41 poin.


1. Babak I

Persebaya vs PSM Makassar.

Tampil di depan publiknya sendiri, Persebaya langsung menggebrak di menit-menit awal babak pertama. Peluang pertama diciptakan oleh Ruben Sanadi menit ke-2. Sayang, tendangan bebasnya yang mengarah ke tiang jauh gagal disambut rekan-rekannya.

Presing-presing ketat yang diterapkan anak asuh Djajang Nurdjaman hingga menit ke-15, nampaknya cukup berhasil membuat permainan PSM sulit berkembang.

Baca Juga

Bahkan justru Persebaya beberapa kali mampu mengancam gawang tim tamu, seperti yang tercipta pada menit ke-19 melalui Oktafianus. 

Dirinya mencoba tendangan spekulasi dari luar kotak penalti, tapi masih melemah dan berhasil diamankan. Sementara itu PSM sendiri nampaknya cukup berhati-hati di babak pertama ini. 

Mereka bermain disiplin, dan hanya mengandalkan serangan balik cepat yang dimotori oleh Wiljan Pluim. Namun upaya tersebut kerap gagal.

Pada menit ke-34 Persebaya kembali mendapa peluang. Dutra yang maju membantu serangan, menyodorkan bola kepada Ruben. Dua pemain berhasil dilewati, namun tembakannya mudah diamankan Mokodompit.

Baca Juga

Kebuntuan akhirnya pecah pada menit ke-40. Persebaya berhasil unggul lebih dulu lewat gol Pahabol, setelah memanfaatkan blunder fatal Paulle. Skor 1-0 untuk kemenangan Persebaya.

Tertinggal satu go, membuat para pemain PSM tersengat. Mereka mulai menata kembali serangan-serangan untuk menggempur pertahanan Persebaya. Sayang, hingga wasit meniup peluit jeda turun minum, skor 1-0 tak berubah.


2. Babak II

Perebutan bola di lini tengah antara pemain Persebaya dengan pemain PSM Makassar.

Sama seperti babak pertama, Persebaya masih mendominasi jalannya pertandingan di paruh kedua ini. Peluang didapat Rendi Irawan pada menit ke-50.

Dirinya sudah dalam posisi tanpa pengawalan di pertahanan PSM. Tetapi tembakannya masih mampu diblok dengan mudah oleh Rivky Mukodompit.

Kerasnya pertandingan ini membuat pelanggaran-pelanggaran mulai sering terjadi di tengah lapangan. Tetapi Moch. Adung merasa belum perlu mengeluarkan kartu dari sakunya.

Keputusan Djanur memasukan David da Silva rupanya sangat tepat. Pemain asal Brasil itu mencetak gol pada menit ke-68, sekaligus menggandakan keunggulan Persebaya.

Tertinggal dua gol membuat pelatih PSM, Robert Rene Albert merubah taktikalnya dengan memasukan beberapa pemain bernaluri menyerang.

Namun, keunggulan ini nampaknya sudah cukup bagi Persebaya. Djanur melakukan keputusan sebaliknya, dimana dirinya lebih banyak memasukan pemain bertahan seperti OK John.

Kendati mengendurkan serangan, Persebaya masih saja bisa menciptakan peluang berbahaya pada lima menit terakhir.  Bahkan mereka berhasil menambah satu gol lagi lewat Fandry Imbiri menit ke-90. Skor 3-0 bertahan hingga laga bubaran.


3. Susuna Pemain

Prediksi pertandingan Persebaya Surabaya vs PSM Makassar

Berikut Susunan Pemain Persebaya vs PSM Makassar:

Persebaya Surabaya

PSM Makassar

Terus Ikuti Berita Sepak Bola Liga Indonesia Lainnya Hanya di INDOSPORT.

Persebaya SurabayaPSM MakassarHasil PertandinganLiga IndonesiaLiga 1

Berita Terkini