x

3 Bek yang Pernah Memenangkan Trofi Ballon d'Or Sepanjang Sejarah

Minggu, 2 Desember 2018 13:51 WIB
Penulis: Arif Budi Setyanto | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Ballon d'Or, penghargaan pemain sepak bola terbaik di Eropa.

INDOSPORT.COM - Ballon d'Or adalah sebuah penghargaan tahunan yang diberikan kepada pemain sepak bola terbaik di Eropa.

Penghargaan ini digagas oleh penulis majalah France Football, Gabriel Hanot, yang meminta teman-temannya untuk memilih pemain terbaik di Eropa pada tahun 1956. Di tahun pertamanya, pemain dari Blackpool, Stanley Matthews terpilih memenangkan penghargaan ini.

Baca Juga

Namun, penghargaan bergengsi ini tidak akrab bagi kiper atau pemain belakang. Buktinya dalam beberapa tahun terakhir, pemenang Ballon d'Or diraih oleh pemain yang memiliki posisi menyerang.

Sebut saja Lionel Messi dan Cristiano Ronaldo, kedua nama itu sama-sama sukses meraih penghargaan Ballon d'Or sebanyak 5 kali.

Meski didominasi oleh pemain-pemain yang berposisi di lini serang. Tapi, setidaknya ada 3 pemain belakang yang pernah meraih penghargaan trofi bola emas ini. Berikut portal berita olahraga INDOSPORT sajikan 3 bek yang pernah meraih penghargaan Ballon d'Or.


1. 1. Fabio Cannavaro

Fabio Cannavaro saat menjuarai Piala Dunia 2006 bersama Timnas Italia.

Pada tahun 2006 mungkin menjadi musim terbaik bagi Fabio Cannavaro. Bagaimana tidak, Cannavaro mampu membantu Juventus meraih Scudeto dua kali beruntun.

Tak hanya itu, Cannavaro juga turut andil di Timnas Italia yang berhasil keluar sebagai juara Piala Dunia 2006. Kedua capaian itu sangat luar biasa bagi Cannavaro yang disebut tidak memiliki tinggi badan yang ideal untuk sebuah bek.

Baca Juga

Dengan prestasinya yang mentereng itu, Cannavaro akhirnya menjadi pemain yang berhasil menyabet penghargaan Ballon d'Or. Ia berhasil mengalahkan rekan senegaranya, Gianluigi Buffon yang ada di peringkat kedua dan Thierry Henry di urutan ketiga.

Bahkan, Cannavaro juga mendapat Pemain Terbaik Dunia FIFA mengalahkan pemain yang berposisi menyerang, seperti Zinedine Zidane dan Ronaldinho.


2. 2. Matthias Sammer

Matthias Sammer, bek legendaris Borussia Dortmund.

Pemain asal Jerman ini awalnya memiliki posisi sebagai gelandang bertahan. Namun, Sammer kemudian diminta bermain sebagai bek oleh manajer Borussia Dortmund, Ottmar Hitzfeld.

Keputusan mengejutkan itu terjadi di musim 1993/1994. Meski bermain di luar posisinya Sammer tetap memerankan peran Vital bagi Dortmund.

Pasalnya, saat itu Dortmund mampu memenangkan dua gelar Bundesliga Jerman berturut-turut di musim 1994/1995 dan 1995/1996.

Baca Juga

Pada musim panas 1996, Sammer bermain sebagai libero untuk Timnas Jerman di Euro 1996. Ia membantu Jerman memenangkan kompetisi tersebut dengan mencetak dua gol dan menjadi pemain terbaik turnamen.

Penampilan gemilang Sammer di tahun 1996 akhirnya berbuah manis. Ia kemudian diganjar menjadi pemain yang memenangkan trofi Ballon d'Or.

Performa apik Sammer juga tak berhenti sampai di situ. Pada 1997 ia bersama Dortmund maampu meraih gelar juara Liga Champions.

Tapi sayang, di musim berikutnya karier Sammer meredup karena dibekap cedera. Hingga akhirnya Sammer harus gantung sepatu di tahun 1998.


3. 3. Franz Beckenbauer

Franz Beckenbauer, legenda sepak bola Jerman.

Franz Beckenbauer adalah bek pertama yang meraih penghargaan Ballon d'Or. Ia juga merupakan satu-satunya bek yang memenangkan trofi Ballon d'Or lebih dari satu kali.

Pemain asal Jerman ini meraih penghargaan bergengsi pertamanya pada tahun 1972 mengalahkan rekan senegaranya Gerd Muller dan Gunter Netzer. Kemudian Beckenbauer meraih memenangkan penghargaan Ballon d'Or lagi pada tahun 1976.

Legenda sepak bola Jerman ini sering dinilai sebagai bek terbaik dalam sejarah sepak bola. Selain Ballon d'Or, ia juga memenangkan tiga piala Piala Champions berturut-turut dengan Beyern Munchen.

Baca Juga

Beckenbauer juga meraih juara Piala Dunia pada tahun 1974 dan juara Euro pada 1972. Bahkan, setelah ia pensiun dari pemain, Beckenbauer mampu memenangkan Piala Dunia sebagai pelatih. Prestasinya itu menjadikan dia orang pertama yang pernah memenangkan Piala Dunia sebagai kapten dan pelatih.

Ikuti Terus Perkembangan Sepak Bola Internasional Lainnya Hanya di INDOSPORT.COM

Cristiano RonaldoLionel MessiFranz BeckenbauerFabio CannavaroBallon d'OrMatthias SammerBola InternasionalFrance FootballTRIVIA

Berita Terkini