x

Tak Cuma Rashford, 3 Pesepak Bola Aktif yang Juga Punya Gelar Kebangsawanan

Minggu, 11 Oktober 2020 08:59 WIB
Editor: Yosef Bayu Anangga
Bintang Manchester United, Marcus Rashford, menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Selain dia, ada 3 pesepak bola aktif yang juga memiliki gelar itu.

INDOSPORT.COM – Bintang Manchester United, Marcus Rashford, menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Selain dia, ada 3 pesepak bola aktif yang juga memiliki gelar itu.

Marcus Rashford merupakan salah satu pesepak bola terbaik Inggris saat ini. Baru berusia 22 tahun, ia sudah menjadi andalan bagi raksasa Liga Inggris, Manchester United, dan timnas Inggris.

Bersama Manchester United, Rashford tampil 219 kali dengan sumbangan 69 gol dan 39 assist. Ia juga mempersembahkan masing-masing satu gelar Piala FA, Piala Liga, Community Shield, dan Liga Europa.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, bersama timnas Inggris, Rashford mencatatkan 38 penampilan dan menyumbangkan 10 gol, serta membawa tim Tiga Singa ke peringkat tiga di Nations League 2019.

Di luar lapangan, pemuda asli Manchester itu dikenal sebagai sosok berhati mulia. Musim panas lalu, Rashford bertindak heroik dengan memperjuangkan agar kupon makan siang gratis pemerintah tetap diterima anak-anak Inggris di tengah masa pandemi Covid-19.

Subsidi itu sempat dicabut sehingga anak-anak kurang mampu terancam kelaparan. Rashford pun kemudian melakukan kampanye mendesak pemerintah agar kupon tetap diberikan.

Ia bahkan menjalin kerjasama dengan perusahaan makanan seperti Kellogg's dan Tesco, yang kemudian sepakat memberikan bantuan makanan selama enam bulan untuk anak-anak yang kurang mampu. 

Aksi itu kemudian membuatnya menerima gelar kehormatan MBE atau Member The Most Excellent Order of the British Empire, dalam rangka memperingati ulang tahun Ratu Britania Raya.

"Saya sangat tersanjung dan tidak menyangka. Sebagai pemuda kulit hitam dari Wythenshawe, saya tidak pernah berpikir saya akan menerima MBE di usia 22 tahun. Ini sangat istimewa untuk saya dan keluarga, terkhusus ibu saya yang lebih pantas mendapatkannya," ungkap Rashford. 

"Perjuangan untuk menyelamatkan anak-anak belum usai. Saya bersama komunitas akan melanjutkan aksi sosial ini karena pengangguran semakin meningkat," imbuhnya. 

Baca Juga
Baca Juga

Penghargaan yang sama pernah diterima sejumlah pesepak bola dengan berbagai alasan berbeda. Sejumlah bintang besar Inggris yang pernah menerimanya antara lain Alan Shearer, David Beckham, Frank Lampard, dan Steven Gerrard.

Sementara itu, bintang non Inggris yang pernah menerima kehormatan yang sama antara lain Henrik Larsson, Pele, dan Peter Schmeichel.

Selain itu, saat ini ada juga 3 pesepak bola yang masih aktif bermain, yang juga pernah menerima gelar kehormatan dari Kerajaan Inggris. Berikut ini ketiga bintang sepak bola tersebut:


1. Termasuk Dua Penyerang Tajam Ingris

Harry Kane saat pamerkan penghargaan sepatu emas Piala Dunia 2018 yang kemudian membawanya meraih gelar MBE dari kerajaan Inggris.

1. Harry Kane (MBE) – Tottenham Hotspur

Penyerang Tottenham Hotspur, Harry Kane, menerima gelar yang sama dengan Rashford (MBE) pada tahun 2019. Penghargaan itu diberikan atas jasanya di bidang sepak bola, khususnya keberhasilannya menjadi top skor alias peraih sepatu emas saat membela timnas Inggris di Piala Dunia 2018.

Sepatu Emas itu membuatnya mengikuti jejak Gary Lineker yang meraihnya 32 tahun sebelumnya. Penghargaan MBE itu sendiri diterima Kane di Istana Buckingham, pada Maret 2019 dari tangan Pangeran William.

2. Jermain Defoe (OBE) – Glasgow Rangers

Eks penyerang Tottenham Hotspur dan timnas Inggris, Jermain Defoe, menerima gelar OBE (Officer of the Most Excellent Order of the British Empire) yang setingkat di atas MBE. Pemain yang kini membela Glasgow Rangers ini menerimanya tahun 2018 berkat kegiatan sosial melalui Jermain Defoe Foundation.

Defoe mendirikan yayasan sosialnya pada tahun 2013 lalu yang fokus melayani anak-anak tunawisma dan korban kekerasan di St Lucia, pulau di Hindia Barat yang merupakan daerah asal keluarganya.

3. Steven Davis (MBE) – Glasgow Rangers

Eks bintang Southampton sekaligus kapten timnas Irlandia Utara, Steven Davis, menerima gelar MBE pada tahun 2017 lalu berkat jasanya di bidang sepak bola.

Pada tahun 2016 lalu, ia berhasil memimpin rekan-rekannya meloloskan diri ke ajang besar pertama mereka setelah 30 tahun, yakni Piala Eropa 2016. Pada saat itu Steven Davis telah menjalani karier profesional 14 tahun, dan menjadi pemain dengan cap ketiga terbanyak di timnas Irlandia Utara.

Manchester UnitedInggrisTottenham HotspurPiala Eropa 2016Harry KanePiala Dunia 2018Jermain DefoeIrlandia UtaraMarcus RashfordLiga Inggris

Berita Terkini