x

Berasa 'Dianaktirikan', PSSI Jelaskan Alasan Tak Ada Ajang Pramusim untuk Klub Liga 2

Selasa, 16 Februari 2021 12:52 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Lanjar Wiratri
PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menjelaskan alasan hanya Sriwijaya FC dan PSMS Medan yang ikut kegiatan pramusim.

INDOSPORT.COM - PSSI berencana menggelar turnamen pramusim sebelum kick off Liga 1 dan 2 2021. Ada 20 klub yang ikut serta dan nyaris semuanya merupakan peserta Liga 1, dimana hanya ada dua klub Liga 2 yang berpartisipasi yakni PSMS Medan dan Sriwijaya FC.

Ketika disinggung soal peserta yang hanya melibatkan klub Liga 1, PSSI pun memberikan penjelasan. Plt Sekjen PSSI, Yunus Nusi mengatakan tidak ada unsur 'anak tiri' dalam menggelar kegiatan pra musim.

Baca Juga
Baca Juga

Butuh banyak waktu dan persiapan jika turnamen pramusim melibatkan semua peserta Liga 2. Saat ini, PSSI rencana kegiatan tersebut pun masih belum pasti karena belum adanya izin (pertandingan) dari kepolisian.

"Untuk kegiatan pramusim yang dihuni Liga 1 saja nih lagi butuh perjuangan. Kalau 24 tim Liga 2 ikut serta ditambah 18 tim Liga 1, bisa-bisa tiga bulan baru selesai pramusimnya," kata Yunus Nusi.

Baca Juga
Baca Juga

Sementara itu, PT Liga Indonesia Baru (LIB) telah menjelaskan alasan hanya Sriwijaya FC dan PSMS Medan yang ikut kegiatan pramusim. Kedua tim itu dipilih berdasarkan pencapaian musim 2019 lalu, di mana Sriwijaya FC menembus babak semifinal dan PSMS mencapai babak delapan besar (PSMS dipilih karena poinnya lebih banyak dibanding klub lain).

"Kami melihat dari peringkat Liga 2 2019, dimana Sriwijaya FC dan PSMS Medan duduk di posisi keempat dan kelima," tutur direktur utama LIB, Akhmad Hadian Lukita.


1. Kick Off Turnamen Pramusim

Tiang tendangan sudut dengan logo PT Liga Indonesia Baru (LIB).

Kick off turnamen pramusim rencananya dilakukan 20 Maret mendatang. Kegiatan akan berlangsung selama 37 hari dan untuk sementara Kota Solo, Sleman, Magelang dan Semarang ditunjuk sebagai tuan rumah.

20 tim peserta turnamen pramusim akan dibagi dalam empat grup dengan masing-masing diisi lima klub. Format pertandingan di babak grup menggunakan single round robin, dimana juara serta tiga tim runner-up terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak selanjutnya.

Delapan tim yang lolos akan berhadapan di babak knock out dengan sistem single match (hingga laga final). Jika hasil akhir imbang akan dilanjutkan ke babak perpanjangan waktu hingga adu penalti.

Liga IndonesiaLiga 1PT Liga Indonesia Baru (PT LIB)Berita Liga 1Turnamen Pramusim 2022

Berita Terkini