x

Sempat Kunjungi Tanah Air, 3 Pemain Keturunan Eropa Ini Masih Belum Perkuat Timnas Indonesia

Rabu, 17 Maret 2021 20:13 WIB
Editor: Subhan Wirawan
Pemain Belanda keturunan Indonesia Darren Sidoel saat masih berseragam akademi Ajax Amsterdam.

INDOSPORT.COM – Sempat menyambangi Tanah Air beberapa waktu lalu, tiga pesepak bola keturunan Eropa di luar negeri ini masih belum juga dapat panggilan Timnas Indonesia hingga sekarang. Siapa saja mereka?

Dalam beberapa dekade terakhir, memang banyak pemain keturunan Indonesia di Eropa sana yang tereksplor oleh media serta netizen Tanah Air.

Bahkan tidak sedikit dari pemain keturunan tersebut yang justru kepincut untuk memperkuat Timnas Indonesia, akibat dukungan para pecinta sepak bola dalam negeri.

Baca Juga
Baca Juga

Salah satu yang teranyar adalah Dion Markx, gelandang muda keturunan Palembang di Liga Belanda yang sempat taklukkan Juventus dan mengaku siap untuk memperkuat Timnas Indonesia.

Mengutip wawancaranya dalam channel YouTube Yussa Nugraha, pemain berusia 15 tahun tersebut mengaku memiliki darah Indonesia yang berasal dari keluarga sang Ayah.

Lebih lanjut gelandang tim Vitesse ini mengatakan, bahwa dirinya tak menutup kemungkinan untuk bergabung dengan Timnas Indonesia andai pihak federasi maupun pelatih mau menggunakan jasanya.

“Tentu ada juga Timnas Belanda, tapi aku belum dipanggil mereka. Jadi aku akan mengapresiasi panggilan dari Timnas Indonesia. Tapi untuk sekarang aku belum punya pilihan mau kemana (Belanda atau Indonesia),” ucap Dion Markx.

Jauh sebelum Dion Markx, sejumlah pemain Eropa keturunan Indonesia lain juga banyak yang menyatakan minat untuk memperkuat skuad Garuda. Bahkan beberapa sampai datang langsung ke Tanah Air.

Namun sayang, meski sudah menyatakan niat besar untuk berseragam Timnas dan mengunjungi Indonesia, tiga pemain berikut ini sampai sekarang justru belum mendapat panggilan dari pelatih tim Merah-Putih.

Lanta siapa sajakah mereka? Lebih lengkapnya berikut INDOSPORT coba merangkum serta mengulas, 3 pemain keturunan Eropa yang sempat sambangi Indonesia namun belum terpanggil Timnas.

Sandy Walsh

Pemain asal Belanda keturunan Indonesia Sandy Walsh.

Pertama adalah Sandy Walsh, pemain berdarah Belgia-Belanda-Indonesia ini memang terus menyatakan minat untuk bisa memperkuat Timnas.

Bahkan dalam beberapa postingannya, pemain berusia 26 tahun ini kerap menggunakan bahasa Indonesia untuk membuktikan rasa cinta terhadap Tanah Air.

Disebutkan, bahwa pada 2019 lalu Sandy Walsh pernah mengunjungi Indonesia dan mendatangi langsung kantor PSSI untuk mempertanyakan status naturalisasinya.

Baca Juga
Baca Juga

Namun sayang, hingga saat ini Sandy Walsh belum juga mendapat caps bersama Timnas. Melansir dari transfermarkt, diketahui bahwa Sandy Walsh musim ini sedang memperkuat KV Mechelen di kasta teratas Liga Belgia

Penampilan Sandy Walsh pun terbilang impresif. Total dari 21 pertandingan, dirinya berhasil menjaringkan tiga gol serta memberikan tiga assists buat rekannya.


1. Darren Sidoel

Kevin Diks Bakarbessy

Berikutnya ada Darren Sidoel, pemain berdarah Wonosobo sekaligus jebolan Ajax ini juga selalu menyatakan niat untuk bisa tampil bersama Timnas Indonesia.

Di tahun 2019 silam, Darren Sidoel juga sempat mengunjungi Indonesia dan melihat stadion Gelora Bung Karno yang jadi markas Timnas.

"Saya bisa bermain untuk Indonesia karena keluarga saya berasal dari sana. Kami sudah melakukan pembicaraan, tetap belum membuat keputusan. Masih ada kemungkinan saya bisa berseragam Timnas Indonesia di masa depan," pungkas Darren Sidoel.

Saat ini, Darren Sidoel bergabung bersama tim kasta ketiga Liga Spanyol, Hercules, dengan status pinjaman dari Cordoba hingga akhir musim.

Jalani musim baru di Spanyol, Darren Sidoel terlihat masih membutuhkan banyak adaptasi. Tercatat, gelandang berusia 23 tahun ini baru bermain sebanyak tiga kali di Segunda División B.

Kevin Diks
Terakhir adalah Kevin Diks, pemain dari klub Fiorentina tersebut tak kalah semangat untuk bisa membantu Timnas Indonesia tampil di ajang internasional

Meski sempat masuk dalam daftar pantau Kemenpora pada 2017 lalu, namun sampai saat ini Kevin Diks mengaku belum mendapat panggilan dari PSSI maupun Timnas Indonesia.

“Itu mungkin benar (daftar pemain keturunan yang dipantau Kemenpora), tetapi saya tidak tahu apa-apa karena mereka tidak pernah menghubungi saya,” ucap Kevin Diks kepada INDOSPORT awal Agustus 2020 lalu.

Pada 2017, Kevin Diks pernah kedapatan berkunjung ke Indonesia. Melansir dari unggahan Instastory pribadinya pada hari Senin (27/5/2019), terlihat pemain yang dipinjamkan ke klub Aarhus Gymnastikforening ini tengah memberi sinyal akan tiba di Indonesia.

NaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalKevin Diks BakarbessySandy WalshDarren SidoelKevin DiksBerita Timnas Indonesia

Berita Terkini