x

Profil Safawi Rasid, Pemain Malaysia yang Cetak Hattrick Pertama di Piala AFF 2020

Kamis, 9 Desember 2021 19:27 WIB
Penulis: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji | Editor: Joko Sedayu
Profil Safawi Rasid, Pemain Malaysia yang Cetak Hattrick Pertama di Piala AFF 2020.

INDOSPORT.COM - Timnas Malaysia kembali menggila di Piala AFF 2020, bomber andalan yakni Safawi Rasid baru saja mencetak hattrick pertama di turnamen ini.

Melawan Laos di matchday kedua Grup B Piala AFF 2020 di Stadion Bishan, Singapura, Kamis (09/12/21) sore WIB, Malaysia sukses mendulang kemenangan telak 4-0.

Baca Juga
Baca Juga

Empat gol pasukan Tan Cheng Hoe dicetak oleh Shahrul Saad dan hattrick dari Safawi Rasid. Di laga sebbelumnya, pemain berusia 24 tahun tersebut juga sukses menyumbang satu gol kala Malaysia menang 3-1 atas Kamboja.

Ketajamannya di lini depan membuat dirinya kini bertengger di posisi puncak daftar top skor sementara Piala AFF 2020 dengan koleksi empat gol dalam dua pertandingan.

Safawi Rasid memang menjadi salah satu striker terbaik yang dimiliki oleh Malaysia. Ia kini terikat kontrak bersama klub raksasa Liga Super Malaysia, Johor Darul Ta'zim (JDT).

Pemain kelahiran 5 Maret 1997 silam itu merupakan jebolan dari Dungun T-Team Football Club Academy. Di usia 16 tahun, ia pernah membuat Rahmad Darmawan yang sempat menukangi T-Team kepincut.

Baca Juga
Baca Juga

Rahmad Darmawan kemudian memanggil Safawi Rasid untuk bergabung berlatih bersama tim senior T-Team. Karena menunjukan perkembangan pesat, ia langsung direkrut klub raksasa JDT pada 2016 silam.

Sejak bergabung bersama JDT, Safawi menjelma menjadi striker haus gol dan membawa klubnya meraih juara Liga Super Malaysia musim 2017, 2018, 2019, 2020, hingga 2021.


1. Pernah Direkrut Klub Raksasa Portugal

Pada Oktober 2020 lalu, Safawi Rasid mendapatkan kesempatan emas untuk berkarier di Eropa.

Pada Oktober 2020 lalu, Safawi Rasid mendapatkan kesempatan emas untuk berkarier di Eropa. Ia dipinjam oleh klub raksasa Portugal bernama Portimonense SC.

Akan tetapi, Safawi kalah bersaing dengan pemain lainnya. Ia selalu menjadi penghias bangku cadangan dalam beberapa laga Portimonense SC di kasta tertinggi Liga Portugal.

Pemain 24 tahun itu tercatat baru sekali tampil ketika membela Portimonense U-23 dan timnya menderita kekalahan 1-3 dari Sporting CP pada 16 Oktober 2020 lalu.

Tiga bulan setelah masa pinjaman habis, Safawi Rasid kemudian dikembalikan lagi ke klubnya, Johor Darul Ta'zim untuk menjalani Liga Super Malaysi musim 2021.

MalaysiaLiga Super MalaysiaPiala AFFBola InternasionalTan Cheng HoeJohor Darul Ta'zimSafawi Rasid

Berita Terkini