x

Romelu Lukaku yang Mulai 'Aneh' di Chelsea, Sinyal Tak Bahagia?

Selasa, 22 Februari 2022 16:29 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Romelu Lukaku menuai kritik karena penampilannya di Chelsea. Foto: REUTERS/Peter Powell.

INDOSPORT.COM - Performa Romelu Lukaku saat ini tengah jadi sorotan di klub Liga Inggris, Chelsea, hingga membuat Thomas Tuchel angkat bicara.

Untuk diketahui, kritik terkait penampilan sang pemain saat menghadapi Crystal Palace belum lama ini terus mengalir tiada henti.

Pasalnya, pemain Timnas Belgia tersebut hanya menyentuh bola tujuh kali, bahkan dua kali selama babak pertama yang salah satunya berasal dari kick-off. Lalu jangankan mencetak gol, ia juga tidak menciptakan satu pun tembakan.

Karena statistik mengerikan tersebut, OptaJoe pun mencatat Romelu Lukaku sebagai pemain dengan sentuhan bola paling sedikit, yang bermain 90+ menit dalam satu pertandingan Premier League Liga Inggris sejak 2003-2004.

Baca Juga
Baca Juga

Meski begitu, sang pemain masih mendapat pembelaan dari juru taktik Chelsea, Thomas Tuchel. Ia menyebut apa yang dialami Romelu Lukaku sebagai hal wajar yang bisa terjadi kepada striker mana pun di muka bumi ini.

“Dia tengah disorot dan kami akan melindunginya,” ucap Thomas Tuchel selepas laga, seperti dimuat laman BBC.

“Terkadang para striker jadi seperti ini, ketika kepercayaan dirinya sedikit hilang dan ketika mencoba mencari celah untuk berkontribusi lebih secara defensif,” belanya.

Lebih lanjut, Tuchel juga menegaskan, Lukaku tidak semestinya diperlakukan buruk bahkan sampai diolok-olok karena tidak bermain sesuai ekspektasi.

Baca Juga
Baca Juga

Walaupun dibela oleh Tuchel, apa yang menimpa Lukaku saat ini bak sebuah alarm, baik bagi sang pemain maupun Chelsea. Pasalnya, ia nampak kurang percaya diri yang pada akhirnya berdampak ke penampilan di lapangan.

Hal ini, sebagaimana yang juga diungkapkan Tuchel, ternyata sejalan dengan eks pemain Chelsea, Chris Sutton, yang melihat adanya kejanggalan dalam diri Lukaku yang sekarang.

 

1. Ada Apa dengan Romelu Lukaku?

Romelu Lukaku menuai kritik karena penampilannya di Chelsea. Foto: Mark Leech/Offside/Offside via Getty Images.

Hal tersebut ia ungkapkan saat berbicara di BBC Radio 5 Live's Monday Night Club. Blak-blakan, Chris Sutton menyebut Romelu Lukaku saat ini sedang tidak bahagia.

“Saya rasa akhir pekan lalu dia bersembunyi. Dia tidak percaya diri dan terlihat sebagai pemain yang tidak bahagia,” ujar Sutton.

Pernyataan ini kemudian diamini Sutton dengan mengingat apa yang pernah dialaminya selama masih aktif bermain. Ia mengaku suka ‘bersembunyi’ dalam pertandingan.

Semua tidak lepas dari kepercayaan diri yang menurun, yang trigger-nya bisa berasal dari mana saja. Menjadi ujung tombak The Blues, Lukaku seperti tidak menunjukkan upaya dan permainan terbaiknya di lapangan.

Nah, hal inilah yang kemudian menjadi dasar kritik tajam yang terlontar ke eks pemain Inter Milan tersebut. Lukaku seharusnya bisa tampil lebih baik dan lebih bagus untuk The Blues, terutama soal menyentuh bola.

Parahnya, situasi Lukaku sekarang ini diperparah dengan fakta bahwa ia belum mencetak gol lagi di Liga Inggris sejak akhir Desember 2021.

Ia sempat menggebrak panggung Liga Inggris pada bulan Desember tersebut, dengan raihan dua gol beruntun meski baru pulih dari Covid-19. Namun setelah itu, ia tidak dimasukkan Thomas Tuchel ke skuat lawan Liverpool.

Rentetan kemarau golnya pun dimulai sejak saat itu hingga sekarang. Di Liga Inggris sendiri, Lukaku telah membukukan lima gol untuk musim 2021-2022.

Jumlah ini menempatkannya jauh di bawah para goalscorer rival Chelsea seperti Mohamed Salah (Liverpool), Raheem Sterling (Manchester City), Cristiano Ronaldo (Manchester United), Emile Smith Rowe (Arsenal), dan Son Heung-min (Tottenham Hotspur).

Beberapa tim di atas ini pun bahkan ada yang menempatkan lebih dari satu pemain di daftar top skor sementara Liga Inggris 2021-2022.

Lalu untuk Chelsea sendiri, predikat pencetak gol terbanyak justru jadi milik Mason Mount (7), disusul Jorginho (6). Lantas, apa yang terjadi dengan Romelu Lukaku?

ChelseaRomelu LukakuLiga Primer InggrisThomas TuchelLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini