x

Jepang Pastikan Juara Piala EAFF 2022, Netizen: Tunggu Timnas Indonesia Ya!

Kamis, 28 Juli 2022 13:55 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Timnas Jepang menjuarai Piala EAFF 2022 usai menggasak Korea Selatan di final, Rabu (27/7/22).

INDOSPORT.COM - Jepang merengkuh trofi juara Piala East Asia Football Federation (EAFF) 2022. Netizen Tanah Air semakin tertantang agar timnas Indonesia masuk EAFF.

Sebagaimana diketahui, polemik kegagalan timnas Indonesia U-19 ke semifinal Piala AFF 2022 berbuntut panjang, sampai detik ini masih jadi pembahasan di media.

Baca Juga

Mulai dari tudingan kepada Vietnam dan Thailand soal praktik sepak bola gajah, sampai ancaman timnas Indonesia untuk keluar dari AFF, dan bergabung ke EAFF.

Jika melirik federasi sepak bola Asia Timur, saat ini Piala EAFF 2022 baru saja bergulir. Hasilnya, Jepang keluar sebagai juara setelah mengandaskan Korea Selatan di final, Rabu (27/7/22).

Baca Juga

Jepang berhasil membombardir Korea Selatan dengan skor 3-0, saat bertanding di markas sendiri, tepatnya di Toyota Stadium.

Gol dilesakkan masing-masing oleh Yuki Soma di babak pertama, kemudian Sho Sasaki dan Shuto Machino di babak kedua.

Di sisi lain, walaupun lebih menguasai ball possession di sepanjanh laga, tetapi skuat Korea Selatan tidak bisa mengalirkan bola sampai ke lini pertahanan tim Jepang.

Baca Juga

Maka, wajar jika Korea Selatan hanya mendapatkan sekali shot on target, sementara Jepang mencatat tujuh tembakan, dengan tiga di antaranya berbuah gol penentu.


1. Netizen Mau Pindah ke EAFF, PSSI Beri Klarifikasi

Kunjungan Ketum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule ke skuat Timnas Indonesia U-23 di Hotel Sultan Senayan, Jakarta, Rabu (06/11/19).

Federasi sepak bola Asia (AFC) turut mengunggah potret perayaan timnas Jepang saat berhasil menjuarai ajang East Asia Football Federation (EAFF) Cup 2022.

Lewat Instagram AFC, mereka menyebut Jepang sebagai Samurai Biru yang luar biasa, berada dalam jalur yang tepat untuk menjadi juara di Piala EAFF 2022.

Baca Juga

Namun, unggahan itu lebih banyak dikomentari oleh netizen asal Indonesia. Pasalnya, sempat ada wacana jika PSSI akan meninggalkan AFF dan pindah ke EAFF.

"Indonesia join with you," komentar dari akun @andikwidianto_, yang berarti bahwa Indonesia akan bergabung dengan EAFF.

Baca Juga

"Indonesia will join EAFF," tambah pemilik akun @bektie_setia. Artinya, Indonesia akan bergabung dengan EAFF.

Namun, sekadar informasi, Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Iwan Bule menegaskan bahwa ia tak pernah berkata akan keluar dari AFF dan berlabuh ke EAFF.

Baca Juga

Menurutnya, wacana menuju EAFF adalah desakan netizen, tetapi PSSI tidak pernah menjalin komunikasi untuk bergabung ke EAFF, paska kekalahan di Piala AFF U-19.

"Itu atas kecintaan (masyarakat) pada saat Timnas ada satu hal yang tidak pas, maka mereka mengusulkan keluar dari AFF untuk gabung Asia Timur," klarifikasi Iwan Bule.


2. PSSI Soal Pindah ke EAFF

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan atau Iwan Bule saat menyapa para penggawa Timnas Indonesia U-22, sebelum laga uji coba lawan Iran U-23 di Stadion Kapten I Wayan Dipta, Gianyar, Rabu (13/11/19) sore.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan alias Bule telah memberikan klarifikasi jika PSSI belum ada wacana untuk keluar dari AFF dan bergabung ke EAFF.

Menurutnya, andai PSSI dan Timnas Indonesia mau keluar dari AFF, perlu perencanaan yang sangat matang, sehingga tak bisa diputuskan dalam waktu dekat.

"Sekali lagi, kita harus timbang-timbang, kaji dulu. Tentu kita harus rapat Exco besar, harus undang pakar-pakar apa yang harus kita diskusikan," jelas Mochamad Iriawan.

"Terima kasih kepada suprter, netizen yang begitu atensi, sayang kepada timnas kita, sehingga merasa memiliki. Wajar ya untuk bisa berpendapat demikian di era demokrasi ini," tuntas pria yang akrab disapa Iwan Bule tersebut.

JepangPSSITimnas IndonesiaBola InternasionalTimnas Indonesia U-19Iwan BuleMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaEast Asian Football Federation (EAFF)EAFF

Berita Terkini