x

Gelar Laga Charity for Kanjuruhan, APPI Sukses Kumpulkan Donasi Lebih dari Rp100 Juta

Senin, 17 Oktober 2022 02:33 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Ivan Reinhard Manurung
Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) sukses mengumpulkan donasi lebih Rp 100 juta lewat gelaran pertandingan amal untuk korban tragedi Kanjuruhan.

INDOSPORT.COM - Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) sukses mengumpulkan donasi lebih Rp 100 juta lewat gelaran pertandingan amal untuk korban tragedi Kanjuruhan.

Dunia sepak bola Indonesia tengah diselimuti duka mendalam akibat tragedi yang terjadi di Stadion Kanjuruhan, Malang pada awal Oktober 2022 lalu.

Baca Juga

Tepatnya setelah laga Liga 1 2022 antara Arema FC vs Persebaya Surabaya selesai dihelat. Usai laga, terjadi kejadian berdarah, yang berujung pada hilangnya nyawa 131 suporter.

Akibat kejadian tersebut, pertandingan sepak bola di Indonesia langsung ditunda dan berbagai gerakan amal untuk korban tragedi Kanjuruhan pun banyak digelar.

Salah satunya seperti yang dilakukan oleh Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI), yang baru saja menggelar laga amal bertajuk Charity For Kanjuruhan.

Baca Juga

Bertempat di Pancoran Soccer Field, Jakarta Selatan, pada Minggu (16/10/22) lalu, laga sepak bola amal tersebut resmi digelar dan berlangsung tanpa ada halangan.

Laga amal itu sendiri diikuti oleh sejumlah bintang lapangan hijau. Beberapa di antaranya seperti Kurniawan Dwi Yulianto, Arthur Irawan, Maman Abdurrahman, Syamsir Alam, Andritany Ardhiyasa, serta Bambang Pamungkas.

Selain itu, komentator sepakbola ternama Valentino 'Jebret' Simanjuntak juga turut memeriahkan acara pertandingan amal untuk para korban kanjuruhan ini.

Baca Juga

Tak sendirian, dalam menggelar laga Charity for Kanjuruhan ini APPI juga menggandeng sejumlah pihak seperti HIPMI JAYA (Himpunan Pengusaha Muda Indonesia DKI Jakarta), CALCI, Eka Hospital BSD dan Fangir.

APPI menuangkan rasa pedulinya terhadap korban maupun keluarga korban Kanjuruhan lewat acara pertandingan amal (Charity Game).


1. Berharap Jadi Laga Amal untuk Tragedi Sepak Bola Terakhir

Asosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI) sukses mengumpulkan donasi lebih Rp 100 juta lewat gelaran pertandingan amal untuk korban tragedi Kanjuruhan.

Sebelum pertandingan dimulai, kiper Persija Jakarta yang juga merupakan Ketua Umum APPI, Andritany Ardhiyasa memberikan sejumlah kata sambutan.

Dalam pidatonya, pria kelahiran 26 Desember 1991 itu berharap kegiatan laga amal yang dilakukan APPI ini bisa sedikit meringankan beban dan duka para korban dan keluarga tragedi Kanjuruhan.

Lebih dari itu, Andritany memiliki harapan mendalam agar tragedi Kanjuruhan tidak pernah terjadi lagi di dunia sepak bola, baik di Indonesia maupun negara lain.

"Semoga ke depannya setelah ini tidak ada lagi acara Charity match untuk tragedi dalam pertandingan sepak bola," ujar Andritany di hadapan awak media yang datang meliput termasuk INDOSPORT.

Senada dengan Andritany, pemain Persik Kediri, Arthur Irawan juga berharap tragedi Kanjuruhan menjadi titik balik sepak bola Indonesia untuk berbenah dan menjadi lebih baik.

"Kita berharap kedepannya ketika seorang anak izin menonton bola, ibunya di rumah bisa dengan tenang mengizinkan," tutup Arthur.

Dalam kesempatan itu, APPI juga buka-bukaan soal donasi yang terkumpul. Disebutkan bahwa sudah ada dana sebesar Rp110 juta yang siap diberikan ke keluarga korban tragedi Kanjuruhan. Jumlah itu sendiri masih ada kemungkinan bertambah.

"Semoga donasi dari kegiatan yang dilakukan oleh APPI ini bisa membantu meringankan beban dari para korban dan keluarga yang ditinggalkan dari Tragedi Kanjuruhan," ujar Mohammad Hardika Aji, Chief Executive Officer (CEO) APPI.

Sekadar informasi, sehari pasca Carity Match, perwakilan APPI bakal langsung meluncur ke Malang untuk menyerahkan donasi yang terkumpul.

KanjuruhanAsosiasi Pesepakbola Profesional Indonesia (APPI)Liga IndonesiaLiga 1Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini