x

Masih Pemulihan Cedera, David Rumakiek Harus Absen Bela Persib Bandung Selama 6 Sampai 9 Bulan

Selasa, 1 November 2022 13:13 WIB
Penulis: Arif Rahman | Editor: Isman Fadil
Pemain Persib Bandung, David Rumakiek saat sesi latihan perdana untuk persiapan Liga 1 2022-2023 di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Selasa (17/05/22). Foto: Arif Rahman/Indosport.com

INDOSPORT.COM - Pemain belakang klub Liga 1, Persib Bandung, David Rumakiek, harus istirahat cukup lama sekitar enam sampai sembilan bulan untuk memulihkan kondisi cederanya.

Menurut dokter tim Persib, Raffi Ghani, pemain yang menggunakan nomor punggung 18 tersebut sebelumnya mengalami cedera di bagian lutut dan harus menjalani operasi.

Baca Juga

Proses operasi sudah dilakukan oleh David Rumakiek di salah satu rumah sakit di Jakarta, Jumat (28/10/22). Sehingga, saat ini pemain berusia 23 tahun tersebut masih menjalani program pemulihan.

"Kondisi pemain David Rumakiek pada hari Jumat kemarin jam 5 sore telah menjalani operasi perbaikan untuk ACL nya," kata Raffi Ghani di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (31/10/22).

Raffi menambahkan, pemulihan yang dibutuhkan oleh David Rumakiek yakni sekitar enam sampai sembilan bulan, meski begitu dia berharap proses pemulihan tersebut bisa lebih cepat dari perkiraan.

Baca Juga

"Kurang lebih enam sampai sembilan bulan, kita lihat mudah-mudahan bisa lebih cepat dan untuk recoverynya lebih bagus," ucap Raffi menambahkan.

Cedera David Rumakiek tersebut, didapat saat latihan di Stadion Persib beberapa waktu lalu. Namun, baru menjalani operasi pada pekan lalu.

Lantaran dokter tim Persib, melakukan observasi lebih dulu untuk mengetahui kondisi cedera yang dialami oleh mantan pemain Persipura Jayapura tersebut.

Baca Juga

"Cedera pada saat latihan di sini yang ada salah satu pemain kita juga. Sudah lama, cuma memang karena kita ada pemeriksaan-pemeriksaan lanjutan yang perlu kita lakukan untuk memastikan betul bahwa itu cederanya ACL, baru kita lakukan operasi," jelasnya.

Selain David Rumakiek, saat ini masih ada pemain yang kondisinya masih dipantau oleh tim medis Persib, yakni Erwin Ramdani. Pemain yang berposisi sebagai gelandang itu, sebelumnya mengalami cedera patah tulang selangka kanan (fraktur clavicula dextra).
 


1. Erwin Ramdani Kembali Berlatih

Gelandang Persib, Erwin Ramdani (tengah). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Erwin sendiri sudah berlatih kembali bersama tim, hanya saja mantan pemain PSMS Medan tersebut masih menjalankan program latihan terpisah ditemani fisioterapi tim Persib.

Sedangkan untuk kondisi kebugaran pemain lainnya, Raffi menilai saat ini dalam keadaan bagus. Sehingga, mereka bisa menjalankan program latihan yang diberikan oleh tim pelatih.

Baca Juga

"Yang lain paling Erwin sedang pemulihan fraktur claviculanya, terus yang lain gak ada ya Erwin dan David Rumakiek," jelas Raffi.

Sementara itu, Persib Bandung kembali menggelar latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani, Kota Bandung, Senin (31/10/22) sore, setelah aktivitas tim sempat diliburkan dan pemain latihan secara online.

Pada kesempatan tersebut, pelatih Persib, Luis Milla, tidak hadir memimpin latihan skuat Maung Bandung. Pasalnya, dia bersama dua asistennya masih berada di negaranya Spanyol.

Baca Juga

Pemain sendiri mendapat program latihan dari asisten pelatih, Budiman, pelatih fisik, Yaya Sunarya dan pelatih penjaga gawang, Luizinho Passos.

Menurut pelatih fisik Persib, Yaya Sunarya, pada kesempatan tersebut ia bersama staf pelatih skuat Maung Bandung lainnya memberikan materi latihan yang sudah disiapkan oleh Luis Milla.

"Latihan hari ini materinya sudah dishare dari coach (Luis Milla) dengan mencoba adaptasi training," kata Yaya Sunarya ditemui setelah sesi latihan di Stadion Persib, Jalan Ahmad Yani.

Yaya menambahkan, pada sesi tersebut pemain masih mendapatkan materi latihan dengan intensitas yang tidak terlalu tinggi, pasalnya sebelumnya aktivitas tim sempat diliburkan.

Baca Juga

Sehingga, pemain masih mendapat materi latihan untuk beradaptasi terutama dengan sentuhan bola, karena Achmad Jufriyanto dan kawan-kawan sudah cukup lama tidak berlatih bersama.

"Kita baru mulai lagi latihan, kita memulai dari ball feeling kemudian tanpa ada intensitas yang lebih tinggi," ungkapnya.

Selama aktivitas tim diliburkan, pemain tidak sepenuhnya libur, pasalnya mereka tetap menjalankan program latihan mandiri dan selama sepakan berlatih secara daring serta dipantau langsung oleh pelatih Luis Milla.

"Karena ini kita pertama kali lagi latihan, meskipun sebelumnya kita ada free dua minggu, minggu pertama kita benar-benar libur tapi untuk minggu kedua ada latihan online. Jadi kita hanya adaptasi latihan saja hari ini," jelas Yaya.
 

Persib BandungLiga IndonesiaLiga 1David Kevin RumakiekLiga 1 2022-2023

Berita Terkini