x

Liga 1 Berlanjut, TGIPF: Proses Hukum Tragedi Kanjuruhan Tetap Berjalan!

Senin, 5 Desember 2022 21:25 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Menko Polhukam, Mahfud MD.

INDOSPORT.COM - Pemerintah dan Kepolisian secara resmi memberikan izin lanjutan putaran pertama Liga 1 Indonesia 2022-2023 yang bergulir mulai hari ini, Senin (5/12/22), dengan format bubble di Jawa Tengah dan DI Yogyakarta. 

Menko Polhukam Mahfud MD selaku Ketua Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) Tragedi Kanjuruhan menyebut bahwa izin Liga 1 diberikan karena hampir semua rekomendasi telah dijalankan.

Dia menjelaskan, Liga 1 dilanjutkan tanpa penonton. Pihak Kepolisian juga telah menjamin keamanan berdasarkan Perpol nomor 10 tahun 2022. 

"Liga 1 akan diselesaikan sesuai jadwal yang telah ditentukan. PSSI, pemerintah, dan Menpora akan mengendalikannya. Kapolri sudah menjamin segi keamanannya," kata Mahfud MD.

Baca Juga

"Penyelesaian liga ini diizinkan tanpa ada penonton. Ada pun follow-up dari temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta itu hampir semuanya sudah berjalan," imbuhnya.

Lebih lanjut, Mahfud menegaskan bahwa TGIPF akan terus mengawal proses reformasi sepak bola nasional, termasuk Tragedi Kanjuruhan. Sudah ada pembicaraan dengan FIFA dan PSSI yang wajib dilaksanakan.

Baca Juga

"Bersama dengan itu, reformasi persepakbolaan nasional khususnya PSSI terus itu berlangsung sesuai dengan pembicaraan pemerintah dengan FIFA dan PSSI," tuturnya

"Kemudian proses-proses hukum yang sedang berjalan akan terus berjalan sesuai dengan ketentuan hukum yang berlaku. Semua yang disampaikan oleh TGIPF itu sejauh menyangkut internal kita pemerintahan itu sudah mulai berjalan untuk perbaikan ke depan," imbuh Mahfud MD.

Baca Juga

1. Demi Kemajuan Sepak bola

Aremania terus melakukan aksi turun jalan dlm menuntut usut tuntas tragedi kanjuruhan, salah satunya di simpang 3 kacuk perbatasan Kota & Kabupaten Malang.

Mahfud MD juga menegaskan, izin Liga 1 2022-2023 diberikan bukan karena tekanan PSSI, tapi berdasarkan kepentingan sepak bola secara Indonesia secara keseluruhan. 

"Jadi intinya kami menyelesaikan sisa-sisa agenda ini, yang sekarang tersisa untuk masa depan persepakbolaan nasional," ucapnya.

"Karena ini tadi dikatakan ini bukan desakan siapa-siapa, bukan desakan PSSI, bukan PT LIB atau apa. Semua ini untuk kepentingan sepak bola kita secara nasional dan kita akan memperbaikinya," tuntas Mahfud MD.

Baca Juga

Sebelumnya, PT Liga Indonesia Baru (LIB) selaku operator kompetisi mengumumkan bahwa Liga 1 2022-2023 akan kembali digelar, hari ini.   

Jadwal Liga 1 2022 hari ini, Senin (5/12/22), antara lain Bhayangkara FC vs PSS Sleman, PSM Makassar vs Persikabo 1973, Madura United vs PSIS Semarang, dan Persita Tangerang vs Bali United.

Baca Juga

Putaran pertama Liga 1 2022-2023 tinggal menyisahkan enam pertandingan dan ditargetkan selesai bulan ini. Nantinya ada evaluasi setelahnya karena putaran kedua akan dimainkan dengan format home-away. 

PolriLiga IndonesiaLiga 1Mahfud MDBola IndonesiaBerita Liga 1Liga 1 2022-2023One FootballTragedi KanjuruhanTGIPF Tragedi Kanjuruhan

Berita Terkini