x

Waspada, Ini 5 Negara Terakhir yang Kalahkan Brasil di Ajang Piala Dunia

Senin, 5 Desember 2022 17:57 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Selebrasi Timns Brasil usai memastikan diri lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Amanda Perobelli).

INDOSPORT.COM - Brasil memang lolos ke 16 besar, namun Neymar dkk harus tetap waspada karena 5 negara terakhir ini mampu taklukkan mereka di ajang Piala Dunia. 

Brasil memang dikenal sebagai negara unggulan yang selalu diperbincangkan di setiap gelaran akbar empat tahunan ini. 

Baca Juga

Apalagi di Piala Dunia 2022 Qatar kali ini, dengan bertabur para pemain muda berkualitas dan pemain veteran yang cukup berpengalaman. 

Negeri Samba memang layak untuk dipandang sebagai unggulan kali ini. Lihat saja, Neymar masih bermain, Casemiro, Thiago Silva, hingga Alisson Becker masih memperkuat mereka. 

Belum lagi para penyerang berkaki cepat dari tim Samba, seperti Raphinha dan Vinicius Jr. Yang membuat lawan-lawannya merasa ngeri ketika hendak menghadapi mereka. 

Baca Juga

Namun, 5 negara ini ternyata tidak begitu, mereka menampilkan yang terbaik ketika berhadapan dengan Brasil, bahkan menaklukkan negara unggulan ini. Siapa saja mereka?

5. Kamerun

Brasil memang lolos ke 16 besar Piala Dunia 2022, namun di partai terakhir fase grup, mereka menelan kekalahan mengejutkan. 

Menurunkan skuat lapis kedua kala menghadapi Kamerun, hasil pertandingan tersebut memang tidak lagi penting untuk Brasil. 

Baca Juga

Namun Kamerun memang harus menang untuk lolos, dengan catatan Swiss dan Serbia bemain imbang. Ya, tiga poin pun berhasil diamankan Kamerun dengan kemenangan 1-0. 

Tapi sayang, Swiss menang 3-2 atas Serbia di stadion lain, yang membuat kemenangan Kamerun atas Brasil sia-sia. 


1. 4. Belgia

Mario Gotze dan rekan-rekannya di Timnas Jerman terlihat lesu usai tersingkir dari Piala Dunia 2022 (02/12/22). (Foto: REUTERS/Annegret Hilse)

Pada Piala Dunia 2018 lalu, Brasil memang tampil sangat solid dengan tidak terkalahkan di fase grup. Namun pada perempatfinal, mereka kewalahan menghadapi Belgia. 

Dengan generasi emasnya kala itu, Belgia mencetak dua gol di babak pertama. Brasil sempat mencetak gol balasan di menit ke-76. 

Baca Juga

Tapi sayang, skor 2-1 untuk keunggulan Belgia bertahan hingga peluit panjang tanda pertandingan berakhir. Brasil pun mentok di perempatfinal pada 2018 lalu. 

3. Jerman

Pada edisi sebelum 2018, yakni Piala Dunia 2014, Brasil lagi-lagi berhasil tampil solid sebagai tuan rumah. Mereka lolos ke fase grup dengan torehan tujuh poin dan juara grup. 

Bahkan mereka berhasil menyingkirkan Chile dan Kolombia untuk mencapai babak semifinal. Namun, di empat besar, Jerman sudah menanti mereka dengan skuat yang tidak kalah berkualitas. 

Baca Juga

Diprediksi akan berlangsung sengit, pertandingan Brasil vs Jerman mengejutkan satu planet ini. Mereka dihajar habis-habisan dengan skor 1-7 oleh Der Panzer. 

Setelah mengalahkan Tim Samba, Jerman sendiri menjadi juara Piala Dunia 2014 usai mengalahkan Argentina dengan skor tipis 1-0. 

2. Belanda

Masih di Piala Dunia 2014 dan kalah dari Jerman di babak semifinal, Brasil masih harus bersaing dengan Belanda di perebutan tempat ketiga. 

Baca Juga

Sayang sekali, skuat yang kala itu dilatih oleh Luiz Felipe Scolari lagi-lagi dihajar 0-3 oleh tim De Oranje. 

Kekalahan dari Belanda bukan kali pertama untuk Brasil, sempat terjadi di perempatfinal Piala Dunia 2010. Brasil mesti waspada, karena di Piala Dunia 2022 ini, Belanda masih eksis. 


2. 1. Prancis

Skuat Prancis lesu setelah takluk dari Italia di Final Piala Dunia 2006.

Selain Belanda, Prancis menjadi negara yang pernah menaklukkan Brasil dan masih eksis di Piala Dunia 2022 di Qatar. 

Prancis pernah mengalahkan Brasil pada Piala Dunia 2006, yang mana Tim Samba berstatuts juara bertahan dari edisi 2002. 

Pada 2006 silam, Ronaldinho cs berhasil mematahkan mitos juara bertahan tersingkir di fase grup dengan rekor sempurna dan melaju hingga perempatfinal. 

Baca Juga

Di babak 16 besar, mereka berhasil menyingkirkan Ghana yang memberi perlawanan sengit kala itu. 

Sayang sekali, Prancis menghadang jalan mereka di babak perempatfinal Piala Dunia 2006. Setelah mengalahkan Brasil, Les Blues melaju hingga final, meski akhirnya kalah dari Italia.

BelandaPrancisBrasilPiala Dunia 2022

Berita Terkini