x

Gugur di Piala Dunia 2022, Pelatih Jepang: Masa Depan Sepak Bola Kami Cerah!

Rabu, 7 Desember 2022 07:00 WIB
Editor: Yohanes Ishak
Pelatih Jepang Hajime Moriyasu saat Jepang tersingkir dari Piala Dunia. (Foto: REUTERS/Dylan Martinez)

INDOSPORT.COM - Meski tersingkir di Piala Dunia 2022, pelatih Timnas Jepang, Hajime Moriyasu merasa yakin sepak bola negaranya bakal mengalami peningkatan yang pesat.

Sisi positif diambil oleh pelatih berusia 54 tahun tersebut meski tim besutannya harus pulang lebih cepat di babak penyisihan Piala Dunia 2022 setelah kalah adu penalti dari Kroasia dengan skor 1-3 setelah bermain imbang 1-1 di waktu normal.

“Para pemain menunjukkan kami tentang masa depan, sebuah era baru dari sepak bola Jepang,” imbuh Moriyasu dilansir Sportsmole.

Baca Juga

“Kami mengalahkan Jerman, kami juga kalahkan Spanyol, jika kami punya keyakinan dan berpikir bukan mengejar tapi bisa melewati mereka, maka masa depan kami cerah,” lanjutnya.

“Saya tidak merasa mereka tertekan, para pemain bermain selama 120 menit dan mereka mengambil penalti sangat berani. Saya salut kepada mereka karena mereka menghadapinya di tekanan yang besar.”

“Pastinya kami mau menang dan hasilnya sangat disayangkan. Tapi itu bukan berarti para pemain tidak ada usaha, hanya saja pemain kami tidak bisa menembus tembok penghalang ke delapan besar.”

Baca Juga

“Setidaknya, para pemain sudah membuktikan jika ada generasi baru dari sepak bola Jepang,” tutup Hajime Moriyasu.

Meski kalah, Jepang setidaknya mampu menciptakan kejutan selama bermain di fase grup Piala Dunia 2022. Salah satunya adalah memaksa Kroasia yang diunggulkan harus mendapatkan kemenangan dalam drama adu penalti.

Baca Juga

1. Lahirkan Kejutan di Piala Dunia 2022

Selebrasi pemain Jepang saat melawan Kroasia dalam pertandingan babak 16 besar Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Hamad I Mohammed).

Meski kalah dari Kroasia, setidaknya para Wibu dan Timnas Jepang patut berbangga. Pasalnya, mereka mampu memberikan hasil terbaik yang mengejutkan untuk Piala Dunia 2022 dari Asia.

Sepanjang Piala Dunia 2022 digelar, Tim Samurai Biru sudah menciptakan dua kejutan, yaitu mampu mengalahkan dua juara dunia di fase Grup E, yakni Timnas Jerman (Juara Piala Dunia 2014) dan Timnas Spanyol (Juara Piala Dunia 2010) dengan skor yang sama, 2-1.

Saat kalah dari Kosta Rika di pertandingan kedua Grup E Piala Dunia 2022, permainan dari Jepang juga tak bisa dikatakan buruk. Pasalnya, mereka mampu menyuguhkan permainan atraktif.

Baca Juga

Begitu pula di babak 16 besar Piala Dunia 2022 saat mereka disingkirkan oleh Runner-up Piala Dunia 2018, Kroasia.

Meski kalah, Jepang mampu unggul lebih dulu di menit ke-43 melalui gol Daizen Maeda, sebelum akhirnya disamakan oleh Kroasia melalui Ivan Perisic di menit ke-55.

Fans Jepang yang menggelar nonton bareng di Tokyo pun tak kuasa menahan tangis usai negaranya tersingkir di Piala Dunia 2022 (Foto: REUTERS/Kim Kyung-Hoon).

Sepanjang pertandingan pun, mereka mampu menyulitkan para pemain Kroasia yang sejatinya mendominasi jalannya laga dengan baik.

Baca Juga

Beberapa kali, Jepang mampu menebarkan ancaman melalui serangan balik yang mereka kerahkan dari lini belakang.

Bahkan, Kroasia pun dibuat tak bisa mengembalikan kedudukan di perpanjangan waktu dan harus menang lewat drama adu penalti.

Meski kalah, setidaknya Jepang telah menciptaan momen ikonik di Piala Dunia 2022 dengan hasil yang mungkin sulit ditiru oleh tim Asia manapun.

Baca Juga
KroasiaJepangPiala DuniaPiala Dunia 2022Update Piala Dunia 2022

Berita Terkini