x

Jelang Piala AFF 2022, Pelatih Vietnam 'Diganggu' Rumor Tukangi Korea Selatan

Sabtu, 17 Desember 2022 15:55 WIB
Penulis: Stefan Ariel Kristanto | Editor: Prio Hari Kristanto
Jelang dimulainya Piala AFF 2022 pada Selasa (20/12/22) mendatang, pelatih Vietnam, Park Hang-seo malah berpotensi ditunjuk sebagai juru taktik Korea Selatan.

INDOSPORT.COM – Jelang dimulainya Piala AFF 2022 pada Selasa (20/12/22) mendatang, pelatih Vietnam, Park Hang-seo malah berpotensi ditunjuk sebagai juru taktik Korea Selatan.

Sebelumnya, Piala AFF 2022 ini bakal terbagi menjadi dua grup dan dua peringkat teratas dari grup masing-masing bakal lolos ke babak berikutnya.

Grup A ada Indonesia yang nantinya bakal bentrok dengan tim tangguh, seperti Thailand, Filipina, Kamboja, dan Brunei Darussalam.

Sementara itu, Vietnam bakal tergabung dalam Grup B bersama Malaysia, Singapura, Myanmar, dan Laos.

Namun, nyatanya, ajang Piala AFF 2022 ini tampaknya bakal menjadi kompetisi terakhir Park Hang-seo menukangi Timnas Vietnam.

Baca Juga

Ya, setelah menukangi the Golden Star selama lima tahun, Hang-seo sudah mempersembahkan salah satu penghargaan, seperti satu trofi Piala AFF 2018 lalu.

Saat itu, pelatih berusia 63 tahun itu mencatatkan torehan impresif dengan 6 kemenangan dan 2 hasil imbang dari 8 laga.

Baca Juga

Tentu saja, Piala AFF 2022 ini Park Hang-seo tentu tidak mau santai-santai begitu saja dan jelas bakal memberikan yang terbaik demi bisa mempertahankan gelar bagi Timnas Vietnam.

Di sisi lain, Park Hang-seo rupanya juga berpotensi ditunjuk sebagai juru taktik Timnas Korea Selatan di tengah segera bergulirnya Piala AFF 2022.

Baca Juga

1. Park Hang-seo Masuk Kandidat Pelatih Korea Selatan

Hang-seo Park pelatih Timnas Vietnam

Ketua PSSI-nya Korea Selatan, Jeong Mong-gyu, mengadakan rapat dewan yang membahas rencana penunjukkan pelatih Taeguk Warriors setelah ditinggal oleh Paulo Bento seusai Piala Dunia 2022.

“Direksi telah meminta Exco untuk memperkuat timnas dengan menyeleksi calon pelatih sesuai kriteria. Pada Januari tahun depan, kami berencana menyeleksi kandidat final dan menguji kualifikasi melalui wawancara,” kata Jeong Mong-gyu.

Surat kabar Korea Selatan, STN News, mengabarkan bahwa mengingat Korea Selatan sudah menunjuk pelatih asing untuk menukangi timnas sebelumnya, kini mereka menginginkan pelatih domestik.

Pelatih tersebut nantinya bakal mempersiapkan skuad Taeguk Warriors untuk menghadapi Piala Asia 2023 dan kualifikasi Piala Dunia 2026 mendatang.

Baca Juga

Salah satu calon pelatih terkuat untuk melanjutkan tongkat estafet kepelatihan dari Paulo Bento itu adalah Park Hang-seo yang gemilang dalam menukangi Timnas Vietnam.

Hal ini jelas bakal menjadi tantangan baru baginya untuk menukangi tim negaranya sendiri yang mampu bermain di level Piala Dunia.

Baca Juga

Sebelumnya, Timnas Korea Selatan juga sempat dilatih oleh juru taktik Timnas Indonesia saat ini, Shin Tae-yong, hanya saja Taeguk Warriors saat itu terhenti di fase grup Piala Dunia 2018.

Namun, tentu saja suporter Korsel tidak akan lupa bagaimana Shin Tae-yong menyeret Timnas Jerman untuk segera pulang dari Rusia di babak fase grup.

Laga perdana Piala AFF 2022 bagi anak asuh Park Hang-seo nanti akan dibuka dalam pertandingan Laos vs Vietnam pada Rabu (21/12/22) pukul 19:30 WIB.

Baca Juga

Sumber: Soha

VietnamBola InternasionalPark Hang SeoPiala AFF 2022

Berita Terkini