x

5 Gol Terbaik di Boxing Day Liga Inggris: Ada Wayne Rooney dan Andy Cole

Minggu, 25 Desember 2022 12:15 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
Boxing Day atau pertandingan Liga Inggris yang digelar sehari setelah Natal sarat momen tak terlupakan, di antaranya gol terbaik dari Wayne Rooney dan Andy Cole

INDOSPORT.COM – Boxing Day atau pertandingan Liga Inggris yang digelar sehari setelah Natal sarat momen tak terlupakan, di antaranya gol terbaik dari Wayne Rooney, Andy Cole dan tiga pemain lainnya. 

Kompetisi Liga Inggris 2022/23 akhirnya kembali bergulir, setelah jeda cukup panjang karena Piala Dunia 2022 dan ajang Piala Liga Inggris atau Carabao Cup.

Tak seperti kompetisi liga di Italia dan Spanyol yang masih meliburkan diri, kompertisi Liga Inggris justru menggelar sejumlah pertandingan sehari setelah perayaan natal atau dinamakan Boxing Day.

Untuk itu, agenda Boxing Day pada musim 2022/2023 ini akan dihelat pada hari yang sama yakni 26 Desember 2022.

Pertandingan pembuka Boxing Day musim ini akan mempertemukan Brentford vs Tottenham Hotspur dan Derbi London antara Arsenal vs West Ham.

Baca Juga

Menyongsong Boxing Day, INDOSPORT menengok kembali lima pemain yang mampu mencetak gol terbaik di di sepanjang sejarah Boxing Day Liga Inggris:

Hull vs Wayne Rooney tahun 2013

Legenda Manchester United, Wayne Rooney pernah mencatatkan rekor mentereng di ajan Boxing Day. Rekor ini tercipta setelah dia menceploskan gol ke gawang Hull City pada 2013 silam.

Baca Juga

Gol tersebut lahir dari tendangan kaki Rooney dalam jarak 20 yard yang menginspirasi Manchester United memetik kemenangan comeback 3-2 atas Hull City.

Gol yang dicetak di Boxing Day tersebut membuatnya Rooney menjadi pemain kedua yang mencatat 150 gol untuk satu klub di Liga Inggri setelah Thierry Henry di arsenal.

“Bola memantul dengan baik dan saya mencobanya. Itu adalah gol yang indah untuk kamu di saat yang tepat dalam permainan,” ujar Rooney menceritakan detik-detik gol itu terjadi, melansir dari The FA.

Baca Juga

1. Joey Barton vs Wigan Athletic tahun 2005

Pemain Burnley, Joey Barton.

Klub Championships, Wigan Athletic pernah merasakan panasnya persaingan di kasta tertinggi Liga Inggris. Dalam satu waktu, tim ini secara mengejutkan pernah mengalahkan raksasa Manchester City.

Wigan Athletic menang 4-3 atas Manchester Citry di sebuah pertandingan paling menegangkan dalam sejarah Boxing Day pada 2005 silam.

Man City meski mengalami kekalahan namun tetap menjadikan laga ini sebagai salah satu yang terindah berkat gol yang diciptakan Joey Barton.

Kubu The Citizens awalnya berniat menyerang lewat sisi kanan namun gagal. Bola kemudian melambung menunu titik penalti Wigan dan langsung disambut Joey Barton dengan tendangan volinya.

Joey Barton sendiri membela Manchester City antara 2002 dan 2007 dan telah mencetak 15 gol dalam 130 penampilan di semua kompetisi untuk timnya.

Baca Juga

Steven Defour vs Manchester United tahun 2017

Saat itu, Manchester United masih tampil perkasa. Mereka bahkan memegang rekor tidak pernah kalah di pertandingan kandang pada Boxing Day selama 39 tahun.

Namun, keperkasaan itu runtuh ketika Manchester United ditahan imbang 2-2 melawan klub semenjana Burnley pada Boxing Day 2017.

Baca Juga

Bahkan, Manchester United secara mengejutkan kebobolan lebih dulu ketika laga baru berjalan 3 menit lewat gol Ashley Barnes.

Burnley menggandakan keunggulan lewat aksi brilian Steven Defour di menit ke-36’. Defour yang notabene mantan pemain Man United tersebut menctak tendangan bebas luar biasa ke gawang Setan Merah.

Sayangnya, Man United mampu bangkit dan membuat pertandingan berakhir imbang 2-2 setelah Jesse Lingard mencetak brace pada menit ke-50’ dan 90+1’.

Baca Juga

2. Abou Diaby vs Aston Villa tahun 2008

Abou Diaby mantan pemain Arsenal.

Para penggemar Arsenal tidak akan pernah melupakan sosok Abou Diaby. Sang pemain pernah mencetak gol terbaik di Boxing Day dalam laga imbang 2-2 dengan Aston Villa pada 2008.

Abou Diaby  mencetak gol lewat aksi umpan tarik dengan finishing brilian. Mulanya, Diaby meneruskan bola ke Emmanuel Eboue, yang kemudian melakukan sprint hampir setengah lapangan.

Kemudian, Eboue mengembalikan bola ke Diaby yang sudah dalam posisi siap menembak bola ke gawang.

Sebuah tendangan chip Diaby pun membuat kiper Aston Villa Brad Friedel tercengang karena gawangnya dibobol.

Bisa dibilang, ini merupakan gol tim yang luar biasa yang diciptakan lewat aksi dua pemain tak terkenal, yang mana tetap menjadi bagian sejarah Arsenal.

Baca Juga

Liverpool vs Andy Cole, 2002

Andy Cole merupakan salah satu penyerang terbaik di sepanjang sejarah Liga Inggris. Dia menghabiskan tiga tahun di Blackburn Rivers dan mencetak 27 gol dalam prosesnya.

Salah satu gol tersebut tercipta di pertandingan Boxing Day saat menghadapi Liverpool, sehari setelah Natal 2002 silam.

Baca Juga

Berawal dari sundulan bola dari pemain Liverpool Stephane Henchoz  yang mengarah ke Andy Cole, sang pemain kemudian menurunkannya ke dada.

Dia kemudian mengambil ancang-ancang sebelum akhirnya melepaskan sebuah tembakan keras dan menghujam gawang Liverpool yang dikawal Chris Kirkland dari jarak jauh.

Gol Andy Cole ini pun berhasil mengamankan satu poin berharha untuk Blackburn Rovers di kandang Liverpool yang sebelumnya lebih dulu unggul lewat John Arne Riise.

Baca Juga
Manchester UnitedWayne RooneyAbou DiabyJoey BartonAndy ColeBoxing DaySteven DefourLiga InggrisBerita Liga Inggris

Berita Terkini