x

Jelang Piala Dunia U-20 2023, Ivar Jenner Akhirnya Debut di Tim Senior FC Utrecht

Selasa, 27 Desember 2022 19:33 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
Calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

INDOSPORT.COM - Calon pemain naturalisasi Timnas Indonesia U-20, Ivar Jenner akhirnya menjalani debut bersama tim senior FC Utrecht pada Jumat (23/12/22).

Sebagaimana diketahui, Ivar Jenner adalah satu dari tiga pemain keturunan Indonesia di Eropa yang menjalani proses naturalisasi.

Selain Ivar Jenner, pemain berdarah Indonesia lainnya yang sedang diajukan proses naturalisasinya yaitu Justin Hubner dan Rafael Struick, keduanya dari Belanda.

Program naturalisasi ini bermuara pada keikutsertaan Timnas Indonesia U-20 di Piala Dunia U-20 2023 pada 20 Mei hingga 11 Juni, dengan status sebagai tuan rumah.

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong tidak mau sembarang memilih. Ia memiliki kriteria khusus tentang siapa saja yang akan dinaturalisasi untuk membela Garuda Muda.

Baca Juga

Salah satunya adalah Ivar Jenner, walaupun kala itu ia belum menjalani debut bersama FC Utrecht, tetapi saat mengikuti uji coba di Timnas Indonesia, kualitasnya mulai terlihat.

Kini, Ivar Jenner akhirnya naik level jelang keikutsertaannya di Piala Dunia U-20 2023. Ia resmi menjalani debut di tim FC Utrecht, tim Eredivisie atau kasta kedua di Belanda.

Baca Juga

Kala itu, FC Utrecht sedang menjalani laga uji coba dengan peserta Eredivisie lainnya, yakni FC Groningen, Jumat (23/12/22) lalu.

Ivar Jenner yang baru dipanggil dari Jong Utrecht, masuk sebagai pemain pengganti di menit 81, menggantikan Tasos Daouvikas.

Hanya saja, debut Ivar Jenner itu berakhir dengan kurang bahagia. Sebab, FC Utrecht harus mengakui keunggulan Groningen, dan kalah 0-3 di Sportcomplex Zoudenbalch.

Baca Juga

1. Iwan Bule Bangga Ivar Jenner Debut di Belanda

Ivar Jenner dan Justin Hubner bersama keluarganya menyambangi kantor PSSI.

Kabar debut Ivar Jenner bersama skuat senior FC Utrecht dikabarkan oleh Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan setelah diinfokan oleh stafnya, Hamdan Hamedan.

"Setelah pertandingan Indonesia melawan Brunei tadi malam, saya mendapat pesan pribadi dari Bung Hamdan Hamedan," ungkap pria yang akrab disapa Iwan Bule itu.

"Bung Hamdan memberi kabar bahwa Ivar Jenner, calon pemain yang akan kita naturalisasi, telah menjalani debut di tim senior FC Utrecht di laga persahabatan."

"Tentunya ini jadi pencapaian tersendiri, sekaligus jadi kabar yang menggembirakan dan membanggakan bagi kita semua."

"Melihat seorang Ivar Jenner bisa terus tumbuh dan mengembangkan karir sepak bolanya di level tertinggi sepak bola Eropa."

Baca Juga

"Saya juga berharap kedepannya akan lebih banyak pemain asal Indonesia yang punya kesempatan untuk merasakan atmosfer kompetisi di Eropa," tuntas Iwan Bule.

Sekadar informasi, Ivar Jenner adalah pemain yang berposisi sebagai gelandang di FC Utrecht, klub kasta pertama di Liga Belanda.

Baca Juga

Ivar Jenner mempunyai darah Indonesia dari neneknya yang lahir di Jember, Jawa Timur. Sehingga, ia bisa menjalani proses naturalisasi tanpa harus main di Indonesia.

Demikian pula dengan Justin Hubner yang bermain di Wolverhampton Wanderers U-21, ia berposisi sebagai bek, dan memiliki darah Indonesia dari garis keturunan ayahnya.

Kemudian, Rafael Struick adalah pemain yang membela ADO Den Haag di Liga 2 Belanda. Ia memiliki darah Indonesia dari sang ayah, neneknya orang asli Semarang.

Baca Juga
BelandaPiala Dunia U-20Eredivisie BelandaNaturalisasiTimnas IndonesiaBola InternasionalFC UtrechtLiga BelandaIwan BulePiala Dunia U-20 2023Ivar JennerMochamad IriawanBerita Timnas IndonesiaTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini