x

8 Pemain Thailand Jebolan Juara Piala AFF 2020 Harus Diwaspadai Indonesia, Bawa Memori Kelam Lagi?

Kamis, 29 Desember 2022 11:09 WIB
Penulis: Maria Valentine | Editor:
Aksi Dedik Setiawan di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus mewaspadai sejumlah pemain kunci Thailand jelang matchday ke-3 Grup A Piala AFF 2022, terutama jebolan tim juara di edisi 2020 lalu.

Duel seru tersaji dilanjutan babak penyisihan Grup A Piala AFF 2022 antara Indonesia vs Thailand di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), pada Kamis (29/12/22) malam WIB.

Timnas Indonesia dan Thailand saat ini sama-sama memimpin klasemen Grup A dengan koleksi 6 poin, setelah menang dua pertandingan.

Namun, Timnas Thailand kini lebih berhak menduduki puncak klasemen karena unggul agregat +9 gol, sementara Indonesia +8 gol.

Dengan demikian, siapa pun yang menang dalam laga yang dihelat di GBK nanti, akan menjadi pemuncak klasemen dan hampir pasti meraih tiket ke semifinal Piala AFF.

Baca Juga

Para penggawa Garuda harus benar-benar fokus untuk laga ini. Euforia kemenangan atas Brunei mesti diredam. Pasalnya, level Brunei jelas berada jauh di bawah Thailand.

Faktanya, terakhir kali Timnas Indonesia bisa menang atas Thailand yakni pada first leg final Piala AFF 2016, dengan skor 2-1. Gol dari Rizky Pora dan Hansamu Yama.

Baca Juga

Setelahnya, skuat Garuda lebih sering tumbang. Indonesia tercatat mengalami empat kekalahan dan dua imbang kontra Thailand, sejak kemenangan terakhir di tahun 2016.

Pertemuan terakhir, Timnas Indonesia bisa menahan imbang Thailand 2-2 di final Piala AFF 2020 lewat gol Egy Maulana dan Ricky Kambuaya. Namun, kala itu tim bermain di Singapura. 

Sayangnya pada leg kedua, Timnas Indonesia tunduk dengan skor 0-4 dari Thailand. Kini, tim besutan Alexandre Polking berpotensi akan kembali bawa mimpi buruk tuan rumah, mengulanh memori final edisi 2020 lalu.

Sebab terdapat sejumlah pemain yang membawa Thailand juara AFF 2020 lalu, memperkuat tim untuk edisi kali ini. Total ada 8 pemain jebolan edisi sebelumnya yang harus diwaspadai oleh timnas Indonesia.

Baca Juga

1. Pansa Hemviboon

Aksi Ricky Kambuaya di leg pertama final Piala AFF 2020 Timnas Indonesia vs Thailand.

Pertama ada Pansa Hemviboon. Dia adalah bek andalan di timnas Thailand untuk Piala AFF beberapa edisi lalu.

Meski sudah tidak muda lagi yakni 32 tahun, namun pengalaman dan mental juaranya masih dibutuhkan oleh para pemain muda yang tampil pada edisi tahun ini.

Pansa Hemviboon merupakan jebolan tim juara Thailand pada Piala AFF 2020 lalu. Namun ia tak berkontribusi sama sekali, karena tak pernah dimainkan.

Begitu juga untuk edisi Piala AFF 2022 ini, Pansa Hemviboon belum diberi menit bermain oleh Mano Polking.

Kritsada Kaman

Selanjutnya ada Kritsada Kaman. Pada Piala AFF 2020 lalu, Kritsada Kaman menjadi andalan di sektor tengah, tetapi bisa juga dijadikan sebagai bek tengah.

Baca Juga

Ia bermain dalam tujuh pertandingan dan membawa Thailand juara, termasuk tampil di final dalam 2 leg.

Bordin Phala

Bordin Phala tampil mengesankan di Piala AFF 2020 lalu, dengan membuat 5 penampilan dan mencetak 1 gol.

Baca Juga

Satu golnya itu sangat spesial karena dicetak di final pada leg kedua, dengan kemenangan 4-0 untuk Thailand dan juara.

Pada edisi Piala AFF 2022, Bordin Phala kembali jadi andalan di sisi sayap serangan Thailand. Ia sudah membuat 2 penampilan dan mencetak 1 gol serta 1 assist.

Weerathep Pomphan

Di edisi Piala AFF 2020 lalu, Weerathep Pomphan tidak banyak dimainkan sebagai pilihan utama. Ia hanya mencatatkan 4 penampilan tetapi membawa Thailand juara.

Baca Juga

Nasibnya masih belum baik pada edisi Piala AFF 2022 ini, karena Mano Polking baru memberikan satu kali penampilan.

Kesempatannya tampil bisa jadi diberikan saat melawan Indonesia nanti.


2. Theerathon Bunmathan

Teerasil Dangda, salah satu dari tiga pemain Thailand yang direkrut Man City pada tahun 2007

Berikutnya ada Theerathon Bunmathan. Pemain berposisi sebagai bek kiri ini akan jadi lawan hebat bagi penyerang timnas Indonesia di pos kanan, Witan Sulaeman.

Melihat rekam jejaknya, ia adalah salah satu pemain dengan kualitas oke di Thailand. Musim lalu, ia bermain di Liga Jepang.

Tetapi musim ini kembali pulang kampung memperkuat tim papan atas, Buriram United. Di Piala AFF 2020 lalu, Theerathon Bunmathan bermain dalam 5 penampilan dan membuat 1 assist.

Di Piala AFF 2022 ini, ia sudah tampil dalam 2 pertandingan dan mencetak 3 assist. Wajib diwaspadai!

Teerasil Dangda

Nama Teerasil Dangda sudah tidak asing bagi telinga para pecinta sepak bola di kawasan Asia Tenggara. Sebab, ia merupakan salah satu striker haus gol di Piala AFF.

Teerasil Dangda masih menjadi andalan Mano Polking pada edisi 2022 ini. Dari 2 penampilan, ia sudah membuat 3 gol dan 2 assist.

Di edisi sebelumnya 2020 lalu, Teerasil Dangda membuat 4 gol dari 7 penampilan. Penyerang berusia 34 tahun itu adalah pencetak gol terbanyak di Piala AFF sejauh ini dengan 18 gol.

Sarach Yooyen

Sarach Yooyen dipastikan akan tampil sebagai starter untuk timnas Thailand saat menghadapi Indonesia hari ini.

Selain jadi andalan di lini tengah, ia juga kapten tim sehingga sudah pasti akan bermain sejak menit awal.

Di Piala AFF 2020 lalu, Sarach Yooyen bermain dalam 6 pertandingan dan membuat 1 gol serta 1 assist.

Barisan belakang timnas Indonesia wajib mewaspadai pergerakannya, karena Sarach Yooyen bisa mematahkan serangan lawan.

Adisak Kraisorn

Terakhir ada Adisak Kraisorn. Penyerang berusia 31 tahun ini akan jadi andalan di lini depan melawan Indonesia nanti, bersama duet Teerasil Dangda.

Sejauh ini, ia sudah membuat 1 gol dari 2 penampilan. Pada edisi Piala AFF 2020 lalu, Adisak Kraisorn membuat 1 gol dari 3 penampilan.

Meski catatannya tidak sementereng Teerasil Dangda, namun kehadirannya di lapangan tetap wajib diwaspadai karena pergerakannya bisa membuka ruang rekan setimnya mencetak gol.
 

ThailandTeerasil DangdaTimnas IndonesiaBola InternasionalPiala AFF 2020Alexandre PolkingPiala AFF 2022

Berita Terkini