x

Jelang Barcelona vs Espanyol, Kapten Baru Pengganti Gerard Pique Telah Terpilih

Sabtu, 31 Desember 2022 15:59 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Gerard Pique memutuskan pensiun dari Barcelona dan kini posisinya sebagai kapten keempat sudah terisi. Foto: REUTERS/Pablo Morano.

INDOSPORT.COM – Menjelang pertandingan Liga Spanyol (La Liga) 2022-2023 antara Barcelona vs Espanyol, Sabtu (31/12/22) pukul 20.00 WIB, Xavi menunjuk kapten baru guna menggantikan Gerard Pique.

Sejak perkenalan musim 2022-2023, FC Barcelona menunjuk Sergio Busquets sebagai kapten tim. Sementara kala itu Gerard Pique, Sergi Roberto, dan Jordi Alba, menjadi wakil.

Akan tetapi, Gerard Pique telah memutuskan untuk gantung sepatu pada laga pekan ke-14 Liga Spanyol yang dilakoni oleh FC Barcelona.

Alhasil, La Blaugrana, julukan FC Barcelona, menunjuk kapten tim baru untuk menggantikan Gerard Pique yang telah pensiun menjadi pemain sepak bola.

Tidak lama sebelum laga Barcelona vs Espanyol, klub asal Catalan tersebut menunjuk Marc-Andre ter Stegen sebagai kapten keempat - yang mereka umumkanmelalu situs dan juga media sosial.

Baca Juga

Maka dari itu, Sergi Roberto naik posisi menjadi kapten kedua, sementara Jordi Alba berada di belakangnya dengan menjabat kapten tim ketiga.

Tentunya hal tersebut wajib dilakukan oleh FC Barcelona, mengingat kompetisi 2022-2023 sudah kembali bergulir.

Baca Juga

“Kapten baru kami. Kapten ke-4,” komentar dalam foto penunjukan Marc-Andre ter Stegen sebagai kapten baru, yang dikutip dari akun media sosial Instagram FC Barcelona.

Pelatih Barcelona, Xavi Hernandez, juga turut andil dalam penunjukkan Marc-Andre ter Stegen sebagai kapten tim keempat.

Tidak ayal, ia juga turut berkomentar terkait penunjukkan kapten Barcelona yang baru tersebut.

Baca Juga

1. Xavi Sebut Ter Stegen Sosok yang Layak Mengemban Tanggung Jawab

Marc-Andre ter Stegen menjadi kapten keempat Barcelona. Foto: Gonzalo Arroyo Moreno/Getty Images.

Marc-Andre ter Stegen didatangkan oleh FC Barcelona dari Borussia Monchengladbach pada Juli 2014 silam, dengan harga sebesar 12 juta euro atau setara Rp200 miliar saat ini.

Sejauh ini, Ter Stegen telah mencatatkan 346 pertandingan untuk FC Barcelona, dengan 31.292 menit yang dimainkan.

Dari seluruh pertandingan yang dijalani dalam semua kompetisi, Ter Stegen telah mengoleksi 140 kali catatan clean sheet.

Selain itu, penjaga gawang berpaspor Jerman tersebut juga telah mempersembahkan 1 gelar Liga Champions 2014/15.

Dilengkapi dengan 4 trofi Liga Spanyol (2014/15, 2015/16, 2017/18, dan 2018/19), serta UEFA Super Cup 2015/16 untuk FC Barcelona.

Baca Juga

Bahkan, Ter Stegen juga punya catatan lain yang mentereng, yakni baru kebobolan 5 gol dari 14 laga yang dilakoni FC Barcelona dalam Liga Spanyol 2022-2023.

Atas catatan tersebut, Xavi Hernandez mengungkapkan bahwa Marc-Andre ter Stegen adalah sosok yang layak menyandang ban kapten keempat Barcelona.

Baca Juga

Menurut Xavi, Ter Stegen memiliki pengalaman dan jam terbang yang tinggi bersama El Barca. Serta, kiper berusia 30 tahun tersebut dianggap memiliki pengaruh di ruang ganti.

“Kapten keempat Barca sekarang adalah Marc-André ter Stegen. Dia telah berada di sini selama bertahun-tahun,” ungkap Xavi dikutip Mundo Deportivo.

“Dia juga memiliki pengaruh di ruang ganti dan saya pikir inilah gilirannya. Dia pantas mendapatkannya,” pungkas Xavi Hernandez.

Baca Juga

Sumber: Akun Media Sosial Instagram FC Barcelona, Mundo Deportivo

BarcelonaLaLiga SpanyolMarc-Andre ter StegenGerard PiqueLiga SpanyolBerita Liga Spanyol

Berita Terkini