x

Piala AFF 2022: Laga Hidup Mati Lawan Filipina, Iwan Bule Akan Dukung Langsung di Stadion

Sabtu, 31 Desember 2022 08:54 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan saat melepas Timnas Indonesia ke Filipina.

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia telah tiba Filipina untuk lakoni laga keempat Grup A Piala AFF 2022 lawan tuan rumah pada 2 Januari 2023 di Stadion Rizal Memorial. Ini jadi laga hidup mati skuad Garuda.

Timnas berangkat away menggunakan pesawat carteran pada Jumat (30/12/22). PSSI memberikan fasilitas tersebut dengan pertimbangan untuk mempermudah dan menghemat waktu perjalanan.

Ketua umum PSSI, Mochamad Irawan mengatakan sejak awal federasi berkomitmen mendukung kinerja pelatih Shin Tae-yong. 

Baca Juga

Ini kali kedua tim Merah Putih memakai pesawat carteran, setelah sebelumnya away ke Malaysia untuk laga lawan Kamboja.

“Timnas(Indonesia) akan berangkat ke Manila. Sebagaimana saya sampaikan waktu berangkat ke Malaysia, kami carter pesawat agar mereka bisa istirahat panjang karena perjalanan ke sana 4 jam 10 menit,” ujar Ketum PSSI.

“Kedua, bisa jam berapa saja terbang, jadi bisa kita atur jadwalnya. Berikutnya, kembali atau berangkat lebih cepat lagi karena memang saya sudah tentukan jamnya. Jadi itu yang dilakukan oleh federasi, oleh saya, supaya anak-anak tetap fit dan semangat bertanding di Filipina,” imbuh Shin Tae-yong.

Baca Juga

Ketum PSSI menyatakan akan mendukung langsung Timnas Indonesia di stadion pada 2 Jahuari nanti. Iwan Bule akan menyusul ke Filipina karena laga kontra negara tetangga itu menentukan nasib tim Garuda ke babak semifinal atau tidak di Piala AFF 2022.

“Insya Allah lihat situasi ya, karena banyak sekali yang harus saya kerjakan. Jadi saya bagi tugas dengan manajer lagi. Dlihat perkembangan, sudah waktunya ada sehingga saya bisa bergabung,” tutur Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI.

Baca Juga

1. Wajib Menang

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong dan Ketua Umum PSSI, Mochammad Iriawan saat Timnas Indonesia bertolah ke Filipina.

Timnas Indonesia kini berada di urutan kedua klasemen sementara Grup A Piala AFF 2022 dengan raihan tujuh poin. Tim asuhan Shin Tae-yong punya poin sama dengan Thailan yang berada di puncak tapi kalah selisih gol.

Situasi Indonesia belum aman karena diteror Kamboja. Negara pesaing itu telah koleksi enam poin sehingga membuka peluang ke semifinal. 

Baca Juga

“Saya sampaikan tadi secara eksplisit. Saya bilang tadi hilangkan (lupakan) pertandingan kemarin. Yang jelas kita berikan apresiasi. Besok bertanding berikan yang terbaik bagi rakyat Indonesia di Tanah Air,” pesan Iwan Bule. 

Jika ingin lebih aman dalam memastikan tiket ke semifinal, Indonesia harus menang atas Filipina. Pasalnya, Thailand dan Kamboja akan saling berhadapan. 

Baca Juga

Dari tiga pertandingan Grup A Piala AFF 2022, Timnas Indonesa cukup produktif. Egy Maulana Vikri dan kolega mencetak 10 gol dan kebobolan dua gol.

FilipinaTimnas IndonesiaBola InternasionalMochamad IriawanPiala AFF 2022

Berita Terkini