x

Timnas Indonesia U-20 Latihan Siang Bolong, Shin Tae-yong Sempat 'Hajar' Bek Persija

Rabu, 8 Februari 2023 18:10 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya
Pertandingan leg kedua semifinal Piala AFF 2022 antara Vietnam vs Timnas Indonesia di Stadion My Dinh National, Hanoi, Senin (09/01/23). (Foto: PSSI)

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-20 menjalani latihan di siang hari pada Rabu (08/02/23) di Lapangan C Senayan, Jakarta. Latihan dimulai pukul 11:00 WIB hingga 13:00 WIB untuk persiapan menuju Piala Asia U-20 2023.

Dalam latihan hari ini, pelatih Timnas U-20, Shin Tae-yong meminta pemain untuk melakukan latihan fisik hingga bagaimana cara bertahan. Dia tak segan menghajar pemain yang tidak disiplin atau lakukan kesalahan.

Bek Persija Jakarta, Barnabas Sobor harus dijewer Shin Tae-yong karena menendang bola keluar arah pagar lapangan. Beberapa pemain juga ada yang kenan 'tendang' saat melakukan gerakan tak sepenuh hati.

Terkait latihan siang bolong, Shin Tae-yong mengatakan itu bukan hal baru. Dia ingin anak asuhnya beradaptasi dengan cuaca apapun, supaya bisa terbiasa dan top perform.

"Sesuai jadwal, kami latihan itu pagi dan sore. Kalau panas harus istirahat, tapi kan tanding juga sudah ada jam tertentu ya, jam berapa kita tanding. Masa kita gak mau tanding gara-gara panas," kata Shin Tae-yong.

Baca Juga

"Dari kami tak pikirkan cuaca seperti apa. Pemain juga harus bisa adaptasi dengan cuaca yang ada, maksudnya panas dingin harus bisa adaptasikan diri," tambahnya.

Timnas U-20 jalani pemusatan latihan sejak 1 Februari hingga 28 Februari nanti. Shin Tae-yong fokus membenahi fisik para pemain, karena sebagian besar ada yang minim jam terbang di klub.

Baca Juga

Juru taktik asal Korea Selatan itu baru akan berikan materi latihan taktik dan strategi pada pekan depan. Diharapkan pemain cepat beradaptasi, terutama nama-nama baru yang dipanggil.

"Kami mulai tc tanggal 1 Februari dan tidak semua pemain memang latihan dua kali dalam sehari. Tapi bagi pemain yang tak dapat menit bermain di liga dan fisiknya tak begitu baik, itu latihan empat kali dalam sehari," tutur Shin Tae-yong.

"Latihan intensitas tinggi berlangsung hingga pekan ini. Nanti mulai minggu depan akan masuki latihan taktikal dan organisasi," sambungnya.

Baca Juga

1. Belum Lengkap

Latihan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C Senayan, Rabu (08/02/23). Latihan dimulai pukul 11WIB dibawah terik matahari.

Dari 30 pemain yang dipanggil, belum semuanya hadir ikut latihan. Beberapa nama masih membela klubnya di Liga 1 dan juga klub luar negeri.

Adapun pemain yang belum bergabung adalah Marselino Ferdinan (Belgia), Ronaldo Kwateh, Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, Alfriyanto Nico, Doni Tri Pamungkas (Persija). Lalu ada tiga nama dari Persib Bandung yakni Kakang Rudianto, Robi Darwis dan Ferdiansyah.

Baca Juga

Selama pemusatan latihan, PSSI telah menyiapkan sejumlah laga uji coba untuk Timnas U-20 Indonesia. Itu karena lawan-lawan di Piala Asia U-20 2023 sangat tangguh.

Pada Piala Asia U-20 2023 Indonesia tergabung di Grup A bersama Uzbekistan, Irak, dan Suriah. Kejuaraan berlangsung mulai 1-18 Maret 2023.

Baca Juga

Pada laga perdana, Indonesia akan melawan Irak pada 1 Maret, lalu berduel dengan Suriah pada 4 Maret dan terakhir lawan tuan rumah, Uzbekistan pada 7 Maret mendatang.

Persija JakartaBola InternasionalBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20

Berita Terkini