x

6 Pemain Keturunan yang Siap Bawa Timnas Indonesia Ukir Prestasi di Piala Dunia U-20 2023

Senin, 13 Februari 2023 19:35 WIB
Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Calon pemain naturalisasi, Ivar Jenner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

INDOSPORT.COM - PSSI saat ini tengah mengejar waktu agar proses naturalisasi beberapa pemain keturunan rekomendasi Shin Tae-yong bisa segera bergabung ke timnas Indonesia U-20.

Diketahui, timnas Indonesia U-20 memiliki agenda penting pada 2023. Yang pertama yakni mengikuti ajang Piala Asia U-20 dan Piala Dunia U-20 2023.

Namun yang paling menjadi fokus yakni kesiapan jelang Piala Dunia U-20 2023. Pasalnya, Timnas Indonesia besutan Shin Tae-yong didapuk sebagai tuan rumah.

Fans Garuda tentu tidak ingin para pemain nantinya membuat malu tuan rumah. Pasukan Shin Tae-yong tetap harus meraih prestasi meski bersua negara-negara yang terkenal kuat di cabang olahraga sepak bola.

Oleh sebab itu, Shin Tae-yong meminta kepada PSSI agar memanggil beberapa pemain keturunan Eropa untuk memperkuat skuatnya.

Baca Juga

Berikut INDOSPORT telah merangkum enam pemain keturunan yang siap membawa Timnas Indonesia U-20 meraih prestasi di Piala Dunia U-20 2023:

1. Ivar Jenner

Yang pertama ada pemain keturunan Belanda-Indonesia bernama Ivar Jenner. Ia memiliki darah Jember, Jawa Timur dari sang Ayah.

Ivar Jenner kini dikontrak oleh klub Belanda yakni Utrecht  hingga 2024 mendatang. Dilansir dari Transfermarkt, nilai pasarnya  kini mencapai Rp 434,54 juta.

Baca Juga

Utusan PSSI, Hamdan Hamedan sempat memberikan kabar terbaru mengenai proses naturalisasi Ivar Jenner.

Ia mengatakan dokumen ketiga pemain tersebut sudah berada di Kementerian Sekretariat Negara Republik Indonesia atau Kemensetneg RI.

Melalui akun instagramnya,  @hamdan.hamedan, usai jadi pembicara di acara Konsinyering Pewarganegaraan yang digelar oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Republik Indonesia.

Baca Juga

1. 2. Justin Hubner

Calon pemain naturalisasi, Justin Hubner telah bergabung dengan TC Timnas Indonesia U-20 di Turki.

Setelah Ivar Jenner, ada pemain keturunan Belanda berikutnya bernama Justin Hubner. Pemain yang berposisi sebagai bek ini memiliki pengalaman bagus di Eropa.

Pasalnya, Justin Hubner saat ini ia sedang membela klub Liga Inggris yakni Wolverhampton Wanderers (Wolves) U-21.

Proses naturalisasinya kini sedang dikebut PSSI karena Shin Tae-yong suka dengan cara bermainnya. Sang bek pernah ikut dalam TC Timnas Indonesia U-20 di Turki dan Spanyol beberapa waktu lalu.

Baca Juga

3. Rafael Struick

Selanjutnya ada pemain keturunan yang berposisi sebagai penyerang sayap kanan yakni Rafael Struick. Ia kini membela tim senior ADO Den Haag yang berlaga di kasta kedua Liga Belanda 2022-2023.

Struick memperlihatkan permainan yang menjanjikan kepada Shin Tae-yong selama ikut TC Timnas Indonesia U-20 di Spanyol.

Baca Juga

Kini proses naturalisasi dirinya bersama Ivar Jenner dan Justin Hubner sedang diusahakan secepatnya oleh PSSI agar bisa membela Timnas Indonesia di Piala Dunia U-20 2023.

4. Ronaldo Kwateh

Selanjutnya ada pemain yang namanya tentu sudah tidak asing bagi fans Garuda yakni Ronaldo Kwateh. Ya, ia merupakan penyerang muda yang kini membela klub Liga 1, Madura United.

Ronaldo Kwateh yang punya darah Liberia dari sang Ayah yang merupakan eks pemain asing klub Indonesia. Ia merupakan anak kesayangan Shin Tae-yong dan beberapa kali dipercaya tampil di skuat U-20 bahkan hingga senior.

Baca Juga

2. 5. Hugo Samir

Pelatih Persipura Jayapura Jacksen F Tiago (kiri) bersama sang anak Hugo Samir (kanan) usai laga lawan Persebaya Surabaya pada pekan ke-12 Liga 1 2019 di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT), Jumat (02/08/19).

Selanjutnya ada anak dari pelatih kondang, Jacksen F. Tiago bernama Hugo Samir. Ia baru saja menjadi perhatian karena tampil apik bersama Timnas Indonesia U-20 saat uji coba kontra Persija Youth.

Dalam uji coba tersebut, Timnas Indonesia U-20 yang masih pincang karena skuat belum lengkap mampu meraih kemenangan dengan skor 3-1.

Salah satu gol Timnas Indonesia U-20 dicetak oleh Hugo Samir. Selain gol, pemain yang masih berusia 18 tahun ini beberapa kali mampu menciptakan peluang berbahaya.

6. Brandon Scheunemann

Yang terakhir ada pemain muda PSIS Semarang bernama Brandon Scheunemann. Ia merupakan anak dari mantan pelatih timnas putri Indonesia keturunan Jerman, Timo Scheunemann.

Ia menjadi satu-satunya pemain PSIS Semarang yang dipanggil ke Timnas Indonesia U-20. Hal ini berkat debut manisnya saat membawa PSIS menang atas Arema FC dengan skor 1-0 pada Sabtu (21/01/23) lalu.

NaturalisasiBola InternasionalHugo SamirPiala Dunia U-20 2023Ivar JennerShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20Justin Quincy HubnerRonaldo KwatehPiala Asia U-20 2023Rafael William Struick

Berita Terkini