x

Ketok Palu, Selandia Baru Gantikan Republik Dominika di Mini Turnamen PSSI

Senin, 13 Februari 2023 17:35 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Indra Citra Sena
Menpora Zainudin Amali hadir di Stadion GBLA, saat Persib vs PSS Sleman.

INDOSPORT.COM - Menpora Zainudin Amali mengatakan ada perubahan calon lawan timnas Indonesia U-20 di mini turnamen yang digelar sebelum Piala Asia 2023. Ada satu negara baru yang masuk menggantikan Rep. Dominika.

Diketahui, pelatih timnas Indonesia, Shin Tae-yong, sempat membocorkan mini turnamen pada 17-22 Februari mendatang. Ada tiga lawan yang diincar yakni Fiji, Republik Dominika, dan Guatemala.

Akan tetapi, Menpora menyampaikan Republik Dominika berhalangan dan digantikan oleh Selandia Baru. Seluruh lawan merupakan peserta Piala Dunia U-20 2023.

"Lawannya adalah Fiji, Selandia Baru, dan Guatemala. Tiga negara ini yang sudah lolos (Piala Dunia U-20 2023)," kata Menpora Amali, Senin (13/2/23).

Hal tersebut juga dikonfirmasi oleh Direktur Teknik PSSI, Indra Sjafri. Dia memastikan tim-tim tersebut akan mendarat di Indonesia mulai Kamis (16/2/23).

Baca Juga

Hanya saja, PSSI belum menentukan stadion mana yang akan dipakai untuk mini turnamen tersebut. Tapi, yang pasti akan digelar di Jabodetabek.

"Iya ada perubahan Selandia Baru yang gantikan Republik Dominika yang nggak jadi. Lalu ada Guatemala dan Fiji," ujar Indra Sjafri.

"Tanggal 16 nanti Fiji datang dan dia minta main tanggal 19 Februari. Lokasi pastinya belum tahu, tapi di Jakarta," imbuhnya.

Baca Juga

Indra Sjafri menjelaskan, uji coba tersebut memang permintaan Shin Tae-yong. Dia ingin para pemain mendapatkan menit bermain sekaligus melihat kemampuan fisik dan taktikal.

"Shin Tae-yong minta kalau bisa uji coba dengan lawan yang sudah lolos ke Piala Dunia U-20. Jadi kami coba carikan dan ada uji coba tiga kali sebelum Piala Asia," jelas Indra Sjafri.

"Saya sebagai Sekjen PSSI coba fasilitasi karena orang-orang pasti bilang kenapa nggak ada uji coba, jadi kami pastikan ada," tambahnya.

Baca Juga

1. Pemusatan Latihan

Latihan Timnas Indonesia U-20 sebagai persiapan Piala Asia U-20 2023 di Lapangan C Senayan, Rabu (08/02/23). Latihan dimulai pukul 11WIB dibawah terik matahari.

Saat ini, timnas U-20 sedang lakukan pemusatan latihan di Jakarta. Ada 30 nama yang dipanggil, termasuk pemain keturunan Brasil, Hugo Samir, dan Brandon Scheunemann (blasteran Jerman).

Tapi, belum semuanya bergabung karena ada yang masih membela klubnya masing-masing di Liga 1 dan juga klub luar negeri, termasuk Marselino Ferdinan (Belgia) dan Ronaldo Kwateh (Turki).

Baca Juga

Ada pun pemain yang belum bergabung adalah Cahya Supriadi, Muhammad Ferrari, Alfriyanto Nico, Doni Tri Pamungkas (Persija). Lalu, ada dua nama dari Persib Bandung, yakni Kakang Rudianto dan Ferdiansyah.

Ketua Umum PSSI, Mochamad Iriawan mengatakan optimistis dengan skuat yang dipanggil Shin Tae-yong. Masih ada cukup waktu untuk membenahi kekurangan para pemain baik fisik, mental maupun taktik. 

Baca Juga

Iwan Bule, sapaan Ketum PSSI, menilai Piala Asia U-20 2023 menjadi tolok ukur persiapan Garuda Nusantara menghadapi Piala Dunia U-20. Pasalnya, Indonesia berstatus tuan rumah 20 Mei-11 Juni mendatang.

Republik DominikaTimnas IndonesiaMenporaLiga IndonesiaSelandia BaruPiala AsiaBola IndonesiaZainudin AmaliBerita Timnas IndonesiaShin Tae-yongTimnas Indonesia U-20One FootballPiala Asia U-20 2023

Berita Terkini