x

PSS Sleman Kalah di Maguwoharjo, Seto Puji Setinggi Langit Kualitas Dewa United

Sabtu, 18 Februari 2023 00:54 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiantoro (kanan) dan pemainnya Nurdiansyah (kiri).

INDOSPORT.COM - Pelatih PSS Sleman, Seto Nurdiyantoro, memberikan pujian setinggi langit pada Dewa United. Egy Maulana Vikri dkk. pantas menang 3-1 karena bermain bagus pada laga pekan ke-25 Liga 1 2022/2023

PSS harus menerima kenyataan kalah dari Dewa United 1-3 di Stadion Maguwoharjo, Sleman, Jumat (17/2/23).

Tiga gol Dewa United dicetak Majed Osman menit ke-31, Ichsan Kurniawan menit ke-72 serta Risto Mitrevski menit ke-86. Sementara satu gol balasan PSS dicetak Kim Jeffrey Kurniawan menit ke-41.

Kekalahan ini bukan sekadar dalam memanfaatkan peluang. Dari segi apapun dalam pertandingan ini, PSS kalah dari Dewa United.

Dominasi penguasaan bola dipegang Dewa United dengan 60 persen berbanding 40 persen. Dewa United juga melepaskan sebelas tembakan berbanding sembilan.

Baca Juga

Bahkan, dari segi akurasi umpan, Dewa United lebih unggul dengan 86 persen berbanding 80 persen. Deretan kelebihan tim tamu membuat Seto menerima kekalahan ini.

Seto tak segan untuk memberi pujian setinggi langit kepada Dewa United yang disebutnya pantas untuk menang.

Baca Juga

"Selamat untuk Dewa United yang telah memenangkan pertandingan ini. Secara pribadi saya minta maaf untuk suporter, karena tidak bisa memberikan hasil terbaik dan permainan yang terbaik," kata Seto usai pertandingan.

"Dari babak pertama maupun babak kedua, jelas kami kalah secara kualitas, baik dari sisi kualitas permainan maupun kualitas pemain," lanjutnya.

Dewa United memberikan pelajaran penting bagi tim PSS. Skuat besutan Jan Olde Riekerink mengingatkan PSS untuk bermain lebih sederhana lagi.

"Ini menjadi pembelajaran buat kami. Harapannya menjadi pembelajaran buat pemain juga, tentang bagaimana bermain lebih simpel. Kami akan ingatkan kembali bagaimana cara bermainnya," jelas Seto.

Baca Juga

1. Apresasi Buat PSS

Penyerang PSS Sleman, Saddam Gaffar, berusaha mengukur waktu dengan membawa bola ke pojok lapangan.

Seto cukup mengapresiasi motivasi dan semangat luar biasa yang diusung Yevhen Bokhashvili dkk. Namun dalam pertandingan kompetitif di Liga 1, hal itu saja tak cukup.

"Walau motivasi dan semangat cukup luar biasa, tapi lagi-lagi belum cukup. Kita akan coba perbaiki kinerja yang efektif dan efisien," ucap Seto.

Bahkan, Seto turut menyinggung keberhasilan Dewa United sebagai inspirasi menatap Liga 1 2023/2024.

"Ini menjadi pembelajaran buat kami untuk mengarungi kompetisi tahun depan. Mudah-mudahan bisa mendapatkan materi pemain dan permainan yang lebih efektif serta efisien," harap Seto.

Sementara itu, ditambahkan bek PSS, Ibrahim Sanjaya, kekalahan ini sangat mengecewakan. Tim punya keinginan kuat mempersembahkan tiga poin untuk suporter.

Baca Juga

"Semoga kedepan kami bisa memperbaiki permainan dan itu kita serahkan pada pelatih untuk evaluasinya," tutur Ibrahim Sanjaya.

Kekalahan ini membuat PSS melorot ke peringkat ke-14, tergeser Dewa United yang melesat ke peringkat sebelas.

Baca Juga

PSS Sleman baru mengoleksi 28 poin dari 25 pertandingan. Sementara Dewa United unggul satu poin atau sudah mengumpulkan 29 poin dari 25 pertandingan.

Setelah ini, pada pekan ke-26 Liga 1 2022/2023, Persis Solo akan menjadi lawan PSS Sleman, Selasa (21/2/23). Sementara Dewa United akan bersua Bali United di Tangerang pada Rabu (22/2/23).

Baca Juga
PSS SlemanLiga IndonesiaLiga 1Seto NurdiyantoroDewa United FC

Berita Terkini