x

Borneo FC Resmi Tunjuk Pelatih Baru Pieter Huistra, Eks Penguasa Uzbekistan

Selasa, 21 Februari 2023 12:01 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Borneo FC resmi tunjuk pelatih baru di pertengahan musim Liga 1 2022-2023 dan ia adalah Pieter Huistra, yang dijuluki sebagai 'penguasa Uzbekistan'.

INDOSPORT.COM - Borneo FC resmi tunjuk pelatih baru di pertengahan musim Liga 1 2022-2023. Ia adalah Pieter Huistra, yang dijuluki sebagai 'penguasa Uzbekistan'.

Pieter Huistra resmi ditunjuk sebagai pelatih anyar Borneo FC di Liga 1, menggantikan Andre Gaspar. Hal itu disampaikan melalui laman resmi mereka pada Selasa (21/02/23).

"Borneo FC Samarinda mengumumkan pelatih baru untuk menukangi penggawa dalam sisa kompetisi Liga 1 2022-2023," tertulis di pernyataan resmi Borneo FC.

Pieter Huistra bukan wajah baru di Tanah Air. Ia pernah menjabat sebagai direktur teknik PSSI pada tahun 2014-2015 lalu.

Selain itu, Pieter Huistra juga sempat membesut Timnas Indonesia pada 2015. Sayangnya saat itu, sepak bola Indonesia dibekukan oleh FIFA dan sempat mati suri.

Baca Juga

Di kancah dunia, Pieter Huistra pernah membesut sejumlah klub Liga Belanda, seperti FC Groningen, De Graafschap, hingga tim muda Ajax Amsterdam (U-21).

"Tak tanggung-tanggung, klub kebanggaan masyarakat Samarinda ini mendatangkan eks pelatih FC Groningen (Belanda) yakni Pieter Huistra," lanjut pernyataan tersebut.

Baca Juga

Sementara di kawasan Asia, Pieter pernah menangani klub asal Uzbekistan, Pakhtakor Tashkent.

Sekadar informasi, Pakhtakor Tashkent adalah salah satu tim kasta tertinggi di Liga Uzbekistan, sementara liga ini adalah salah satu yang terbaik di kancah Asia.

Tak sekadar menjadi pelatih kacangan, Pieter Huistra justru membawa Pakhtakor menjadi penguasa Uzbekistan, meraih titel juara Uzbekistan Super League edisi 2021.

Baca Juga

1. Alasan Borneo FC Pilih Pieter Huistra

Presiden Borneo FC Nabil Husein Said Amin.

Tak hanya meraih titel juara di Uzbekistan Super League, Pieter Huistra juga sukses merengkuh beberapa belar lainnya saat bersama Pakhtakor Tashkent.

Mulai dari juara Uzbekistan Super Cup 2021, serta titel runner-up Uzbekistan Cup 2021. Namun, kontrak Pieter Huistra justru tidak diperpanjang pada Januari 2022 lalu.

Setahun menganggur, Pieter Huistra akhirnya menerima pinangan Borneo FC, dan kembali bersaing di Liga Indonesia.

Presiden Borneo FC, Nabil Husien Said Amin berharap masuknya Pieter Huistra sebagai pelatih bisa meningkatkan performa tim Pesut Etam di sisa pertandingan Liga 1.

Terlebih, Pieter Huistra bukanlah sosok baru di sepak bola dalam negeri. Bukan tanpa alasan jika ia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia di tahun 2015 lalu.

Baca Juga

Tentu Pieter Huistra sudah memahami karakteristik pemain Indonesia. Pemahaman pelatih asal Belanda itu yang juga membuat manajemen Pesut Etam tertarik padanya.

"Dengan mengucap Bismillah, kita daratkan Pieter Huistra di Kota Tepian (Samarinda) untuk mengangkat performa tim," ucap Nabil Husein Said Amin dalam rilisnya.

Baca Juga

"(Pieter) cukup paham dengan sepak bola Indonesia. Semoga dia sukses bersama klub ini. Sekali lagi selamat bergabung," tegas presiden klub Borneo FC tersebut.

Baca Juga
Borneo FCUzbekistanPieter HuistraPelatihLiga IndonesiaNabil Husein AminLiga 1Berita Liga 1Liga 1 2022-2023

Berita Terkini