x

Ikuti Jejak Pratama Arhan, Inikah Klub Baru Zahra Muzdalifah di Liga Jepang?

Rabu, 22 Februari 2023 15:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Aksi penyerang Timnas Putri Indonesia, Zahra Muzdalifah. Baru-baru ini ia mengunggah foto sedang berlatib bersama klub sepak bola Jepang, Cerezo Ladies.

INDOSPORT.COM - Pesepak bola wanita Indonesia, Zahra Muzdalifah, dikabarkan resmi mengikuti jejak Pratama Arhan. Dia disebut-sebut bergabung ke klub sepak bola Jepang, Cerezo Ladies.

Jika Pratama Arhan adalah pesepak bola muda Indonesia yang dianggap sukses saat bisa menembus klub Jepang, Zahra Muzdalifah kemungkinan adalah pemain wanita pertama.

Pratama Arhan saat ini tercatat sebagai penggawa Tokyo Verdy, klub J.League 2 atau kompetisi kasta kedua di Jepang.

Belum pernah ada pesepak bola wanita Indonesia yang bisa menembus tim sepak bola Jepang. Zahra Muzdalifah berpeluang menjadi pelopornya.

Zahra Muzdalifah resmi bergabung dengan tim sepak bola wanita, Cerezo Ladies. Hal ini terkuak dari unggahan foto Instagram Story @zahmuz12.

Baca Juga
Zahra Muzdalifah saat berlatih bersama klub Cerezo Ladies di Jepang / Instagram @zahmuz12

Dalam potret tersebut, tampak Zahra Muzdalifah mengenakan jaket parasut berwarna pink, dan celana training biru dongker, lalu berpose bersama timnya.

Baca Juga

"Day 1 Cerezo Ladies," tulis pesepak bola wanita berusia 21 tahun tersebut, sembari menunjukkan jam latihan, pukul 21.12 malam.

Ada pula potret ketika Zahra Muzdalifah latihan di tengah cuaca dingin di Jepang, dengan suhu mencapai 2 derajat celcius. Namun, belum diketahui apakah dia sudah resmi bergabung atau sebatas trial di Cerezo Ladies.

"Demi Allah dingin banget," ungkap Zahra Muzdalifah, yang sebelumnya juga pernah bermain di klub sepak bola Eropa.

Baca Juga

1. Tinggalkan Inggris dan Merapat ke Jepang

Zahra Muzdalifah saat menjalani debut di tim Inggris, South Shields Women FC. Foto: Instastory @zahmuz12

Zahra Muzdalifah merupakan ikon sepak bola wanita. Ia kerap dipanggil membela timnas Indonesia putri dan menjadi andalan di Persija Jakarta Putri hingga tim PON DKI.

Tahun lalu, Zahra Muzdalifah atau yang akrab disapa Zahmuz, telah mengumumkan bahwa ia meraih kontrak di klub luar negeri, tepatnya di klub South Shield FC, Inggris.

Setelah resmi bergabung di skuat South Shields, Zahra Muzdalifah pun langsung mencetak gol ke gawang Sunderland.

Hal ini menandakan kehadiran Zahra Muzdalifah di klub sepak bola Inggris itu bukan untuk mendongkrak follower klub, tetapi ia memiliki kontribusi besar di tim.

Namun, jelang akhir tahun 2022, Zahra Muzdalifah memutuskan pulang ke Tanah Air.

Baca Juga

Beberapa hari yang lalu, Zahra Muzdalifah mengunggah tiket perjalanan ke Jepang. Banyak yang mengira jika Zahra hanya sekadar berlibur saja di Negeri Sakura.

Namun, Zahra keceplosan membocorkan bahwa ia memiliki jadwal latihan selama di Jepang. Ternyata, ia memang bergabung dengan klub sepak bola Cerezo Ladies.

Baca Juga

"Besok jam segini elu baru selesai latihan," kata seorang wanita yang diketahui adalah Laksmiari Saraswati, sosok yang pernah menjadi Psikolog Timnas Indonesia U-16.

"Iya, gue latihan malam terus lagi," balas Zahra Muzdalifah saat jalan-jalan malam.

"Sumpah cuy, gue di sini tadinya sudah sembuh dari pilek, sekarang jadi pilek lagi. Dingin banget, ini lebih dingin daripada UK," sebut pesepak bola jebolan tim ASIOP itu.

"Gue benci banget winter, kenapa, karena setiap winter gue selalu lapar dan ngantuk," tukas sang pesepak bola, Zahra Muzdalifah.

Baca Juga
JepangSepakbola WanitaBola InternasionalBakat Muda IndonesiaLiga JepangZahra MuzdalifahPerjuangan Bakat Muda Indonesia di Luar NegeriPratama ArhanPratama Arhan AliefSouth Shield Woman FC

Berita Terkini